12 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

Manfaat air garam untuk kecantikan - Wanita mana sih yang tidak ingin tampil cantik menawan dengan wajah yang juga cantik bersinar? Tentu semua wanita menginginkan hal ini. Dengan penampilan yang seperti itu, maka orang lain akan menganggap ada suatu kesempurnaan dalam penampilannya. Hal inilah yang membuat seorang wanita merasa percaya diri dengan penampilannya.

Memang banyak wanita yang ingin tampil cantik dan menawan, tapi banyak juga yang tidak tahu bagaimana cara mengubah diri sendiri menjadi wanita yang cantik. Itulah sebabnya banyak yang salah atau kurang tepat dalam memilih cara yang kemungkinan besar bahkan malah bisa membuat tampilan menjadi lebih berantakan. Apalagi kalau memilih cara perawatan yang salah dan menggunakan produk yang tidak cocok dengan kulit, maka hal itu bisa membuat kulit menjadi sensitif hingga rusak.

Sebenarnya untuk mengubah diri anda menjadi lebih cantik, anda bisa memanfaatkan air garam. Garam yang dicampur dengan air hangat ini bisa anda manfaatkan untuk memaksimalkan kecantikan anda dengan lebih baik dan lebih alami. Mungkin anda akan bertanya-tanya, air garam bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dalam hal apa saja? Nah, berikut ini beberapa manfaat air garam untuk kecantikan:

12 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan
Manfaat Air Garam untuk Kecantikan

1. Scrub alami untuk facial

Garam memiliki tekstur yang sedikit kasar, sama halnya scrub pada umumnya yang juga memiliki tekstur sedikit kasar. Anda bisa memanfaatkan garam sebagai scrub alami untuk meluruhkan sel kulit mati pada wajah anda. Untuk menggunakan air garam sebagai scrub, dianjurkan untuk mencampurkan minyak wajah atau facial oil dengan garam dapur. Lalu oleskan pada wajah anda dengan sedikit pijatan gerakan memutar. Setelah beberapa menit, bilas dengan air bersih.

2. Detoks kulit

Anda juga bisa memanfaatkan air garam sebagai detoks kulit anda. Garam dapat mematikan bakteri yang biasa menyumbat pori-pori kulit. Tuangkan secangkir garam ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Dengan mandi air garam selama 30 menit akan dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, pembengkakan pun akan menjadi lebih berkurang.

3. Menghaluskan kulit

Air garam bisa anda manfaatkan untuk menghaluskan kulit anda yang kasar. Anda bisa mencampurkan garam dengan minyak zaitun lalu terapkan pada wajah anda sebagai scrub untuk menyamarkan kerutan. Mungkin akan terasa sedikit perih, namun ini tidak menjadi masalah, sebab efek garam yang sedang melawan infeksi di kulit. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial seperti vanila, lavender, atau cinnamon agar terasa lebih nyaman di kulit anda.

4. Membersihkan dan mencerahkan kulit

Selain menghaluskan kulit anda, air garam juga dapat membantu membersihkan dan mencerahkan kulit anda. Sifat dari air garam yang dapat membunuh dan membersihkan bakteri, kuman, serta kotoran. Sehingga sangat cocok untuk anda gunakan sebagai pembersih dan pencerah wajah alami. Cukup bersihkan wajah anda menggunakan air garam secara rutin dan teratur.

5. Mengatasi masalah kulit kering

Kulit yang kering dan bersisik memang terasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan air garam. Untuk perawatan kulit yang kering menggunakan air garam, anda cukup mandi atau sekedar membasuh kulit dengan air garam. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

6. Mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah

Minyak yang berlebihan ini merupakan penyebab umum munculnya berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Anda bisa mengatasi minyak berlebih ini dengan memanfaatkan air garam. Garam mengandung potasium maupun belerang yang dapat mengatasi masalah kulit yang berminyak  secara alami. Anda cukup menguapi kulit wajah anda air garam hangat setiap harinya, yaitu sebelum tidur. 

7. Mengatasi jerawat

Seperti yang telah disingung pada poin 6, bahwa air garam dapat membantu mengagatasi minyak yang berlebih pada kulit, dimana minyak berlebih dapat menyebabkan munculnya jerawat. Seperti yang telah diungkapkan pemilik salon Facials by Bonnie, air garam dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Tuangkan seperempat sdt garam ke dalam segelas air hangat. Lalu celupkan kapas ke dalam air garam hangat tersebut. Dan tempelkan pada kulit yang berjerawat selama 1 menit.

8. Menghilangkan komedo

Bukan hanya jerawat saja, air garam juga dapat membantu mengatasi masalah komedo. Komedo itu sendiri adalah salah satu bentuk penumpukan kotoran pada pori-pori bagian wajah. Sebenarnya untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan air garam. Sesuai dengan sifat air garam yang dapat membersihkan dan membunuh kuman, bakteri, serta kotoran-kotoran yang menempel pada wajah anda.

9. Mengobati mata bengkak

Jika anda mengalami masalah mata yang bengkak, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan air garam sebagai obat alaminya. Pembengkakan pada kelopak mata ini bisa anda atasi dengan menggunakan air garam. Cukup campurkan air hangat dengan garam dan terapkan pada mata anda yang bengkak. Oleskan secara perlahan.

10. Mengatasi bibir retak

Selain mata bengkak, anda juga dapat memanfaatkan air garam untuk mengatasi bibir retak. Bibir yang kering dan retak memang terasa tidak nyaman. Anda bisa mengambil 3 sdt garam dan campurkan dengan sdt vaseline. Setelah diaduk rata, lalu oleskan pada bibir anda secara merata. Cara ini dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati dan kulit kering. Lalu lap dengan lap basah dan gunakan pelembab bibir.

11. Memutihkan gigi

Untuk memutihkan gigi anda, sebenarnya tidak hanya dengan pasta gigi saja, anda juga dapat memutihkan gigi anda dengan menggunakan air garam. Cara ini lebih alami dan efektif. Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi yang mahal, cukup gunakan air garam sebagai media berkumur dan juga bisa mengolah garam menjadi bentuk pasta, lalu gunakan pasta dan air garam tersebut sebagai pengganti pasta gigi.

12. Menyegarkan bau mulut

Memang garam memiliki bau yang khas. Dan bau khas dari garam ini dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Cukup membuat obat kumur dengan mencampurkan garam, baking soda, dan air. Gunakan untuk berkumur secara rutin. Cara ini dapat membantu mematikan bakteri yang ada di mulut anda secara alami.


Demikianlah informasi tentang Manfaat Air Garam untuk Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.