Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Cepat

Cara alami mencerahkan kulit wajah dengan cepat - Kulit wajah yang cerah tentu menjadi idaman bagi setiap orang, baik itu pria maupun wanita. Khususnya bagi para wanita yang lebih memperhatikan tentang penampilan. Dengan kulit wajah yang cerah akan lebih menambah percaya diri saat keluar ruangan.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah alami tentu perlu dilakukan perawatan yang baik, rutin, dan sesuai dengan keadaan kulit. Mulai dari perawatan ke salon, hingga menggunakan produk perawatan kecantikan kulit. Namun disini anda tidak perlu menggunakan produk mahal ataupun datang ke salon yang perlu biaya mahal. Anda hanya perlu menyiapkan bahan alami untuk perawatan secara alami.

Perawatan menggunakan bahan alami ini tentu akan menghasilkan kecantikan dan kecerahan kulit yang alami pula. Jadi, anda tidak perlu biaya mahal untuk perawatan. Namun sebelumnya, anda perlu mengetahui terlebih dulu tentang penyebab kulit yang gelap. Berikut ini beberapa penyebab kulit menjadi gelap:
Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Cepat
Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Cepat

 Penyebab kulit gelap

1. Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi keadaan kulit pada wajah. Kebiasaan buruk seperti merokok, makan dan minum sembarangan serta tidak teratur, serta tidak menggunakan perlindungan saat berada di bawah terik matahari. Itu semua merupakan salah satu penyebab kulit wajah menjadi hitam. Apalagi kalau hidupnya jarang berolahraga.

2. Faktor genetika

Faktor genetika atau keturunan juga merupakan penyebab menghitamnya kulit. Jika anda memiliki kulit hitam, lihatlah pada keluarga anda, apakah anda berketurunan pada keluarga yang berkulit hitam? Jika demikian, maka wajar jika anda memiliki kulit hitam. Namun bukan berarti anda tidak bisa merubahnya. Kulit anda tetap bisa menjadi lebih cerah dengan beberapa perawatan. Cerah bersinar bukan berarti selamanya harus putih.

3. Umur

Bagi yang memiliki umur dibawah 11 tahunan perlu bersabar. Faktor umur erat kaitannya dengan produksi kolagen pada kulit. Senyawa ini akan banyak diproduksi ketika seseorang memasuki masa puber. Inilah alasan kenapa banyak anak reamaja dan dewasa yang lebih mudah memiliki kulit putih. Jadi perlu sedikit kesabaran.

Cara mencerahkan kulit wajah

Setelah anda tahu beberapa penyebab kulit wajah yang hitam pada umumnya, kemudian anda perlu tahu bagaimana cara mencerahkan kulit dan mengembalikan kecerahan alami kulit. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa anda coba:

1. Masker bengkoang

Sudah dipercaya sejak zaman dahulu kalau bengkoang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan didalamnya mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Sehingga pertumbuhan sel-sel kulit yang baru akan terangsang. Gunakanlah masker bengkoang 2 kali dalam seminggu. Dengan melakukan perawatan menggunakan masker bengkoang rutin akan mendapatkan hasil maksimal.

2. Menggunakan masker putih telur

Telur sangat kaya akan kandungan proteinnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, putih telur juga sangat baik untuk perawatan kecantikan pada kulit. Untuk memanfaatkan telur sebagai masker, anda cukup memisahkan putih dari kuning telur. Lalu gunakan putih telur sebagai masker dan oleskan secara merata pada kulit wajah. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin tiap malam agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

3. Susu

Susu juga bisa anda manfaatkan untuk mencerahkan dan memutihkan kulit. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga, tapi juga untuk kecantikan kulit wajah. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah atau lulur. Susu dapat menutrisi kulit dan mengangka sel kulit mati. Oleskan susu pada kulit wajah secara merata. Tunggu selama 20 menit hingga meresap. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang dapat anda manfaatkan sebagai bahan perawatan kulit wajah. Kandungan didalamnya mampu mencerahkan wajah anda. Tomat mampu mengatasi masalah jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengatasi flek hitam, dan mengatasi masalah kulit wajah lainnya. Haluskan tomat dan aplikasikan pada wajah anda secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

5. Masker tepung beras

Mungkin agak terdengar asing ditelinga kebanyakan orang tentang masker tepung beras. Ketahuilah bawa tepung beras bukan hanya bermanfaat sebagai pangan saja. Tapi juga sebagai bahan perawatan. Anda bisa memanfaatkan tepung beras sebagai masker kecantikan kulit wajah. Tepung beras mengandung zat sari pati yang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Sehingga wajah akan tampak lebih berseri-seri.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker beras

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun memang memiliki banyak khasiat baik untuk kecantikan. Bahkan minyak zaitun ini dapat membuat kulit menjadi lebih lembab, kenyal, dan bebas dari jerawat. Kandungan didalamnya juga dapat membantu mencerahkan wajah. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata. Tunggu hingga 10 menit lalu bersihkan dengan air.

Baca juga : Manfaat masker minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah

7. Madu

Madu juga bisa anda manfaatkan untuk perawatan wajah. Kandungan didalamnya mampu membuat kulit wajah tampak lebih lemab, kenyal, cerah, cantik, dan sehat. Madu juga mampu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. Anda cukup mengoleskan madu pada kulit wajah merata. Tunggu hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar mendapat hasil maksimal.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

8. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai masker kulit wajah. Cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit wajah anda secara merata. Sertakan pijatan pelan. Tunggu 20 menit hingga kandungannya meresap. Setelah itu bilas dengan air bersih.

9. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Bahkan telah banyak produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya. Kandungan didalamnya dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Cara penggunaannya, cukup haluskan pepaya kemudian oleskan pada kulit wajah anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker pepaya

10. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk kesehatan rambut saja, tapi juga sangat baik untuk kecantikan kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk perawatan kulit wajah. Kandungan nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan E sangat baik untuk kecantikan kulit. Anda cukup ambil gel lidah buaya lalu oleskan pada kulit secara merata. Tunggu5-10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah

11. Kentang

Kentang dikenal dengan sayuran yang digunakan sebagai campuran masakan. Dan kentang juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kripik. Tapi tahukah anda kalau ternyata kentang mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Kandungan didalamnya mampu membuat kulit anda tampak lebih cerah dan lebih cantik. Cukup haluskan kentang lalu aplikasikan pada kulit. Tunggu 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker kentang 

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Cepat. Semoga infomasi diatas bermanfaat. Terimakasih.