Penyebab dan cara mengatasi komedo secara alami

Unknown

Penyebab dan cara mengatasi komedo secara alami - Munculnya komedo pada kulit wajah memang sangat menganggu. Ya, mau keluar rumah pun menjadi tidak percaya diri. Sebab penampilan sudah berubah semenjak kedatangan komedo pada kulit wajah.

Berbicara tentang komedo. Tahu mengapa bisa muncul komedo pada kulit wajah anda? Ada banyak penyebab yang membuat komedo bisa muncul pada kulit wajah. Pada umumnya adalah kurangnya menjaga kebersihan, baik itu kebersihan dari dalam maupun dari luar, yaitu kebersihan kulit dan kebersihan lingkungan sekitar. Sebab, lingkungan sekitar juga bisa menjadi penyebab munculnya komedo. Lingkungan yang tidak terawat, sehingga banyak bermunculan polusi udara. Ini yang menyebabkan komedo datang.


Lalu bagaimana cara mengatasi komedo yang terdapat pada kulit wajah? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkannya. Tidak perlu menggunakan obat-obatan yang mengandung banyak bahan kimia. Anda cukup menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah anda dapatkan disekitar rumah. Namun sebelum anda melakukan pembersihan atau pengobatan, ketahui terlebih dahulu berikut ini beberapa penyab datangnya komedo.
Penyebab dan cara mengatasi komedo secara alami
Penyebab dan cara mengatasi komedo secara alami

Penyebab Komedo

Seperti yang telah dijelaskan diatas, komedo bisa disebabka oleh banyak faktor. Yang paling umum adalah kurangnya menjaga kebersihan kulit dan lingkungan sekitar. Nah, ada juga penyebab lain yang perlu anda ketahui. Agar anda tahu lebih detail lagi, berikut ini bebeberapa penyebab datangnya komedo:

1. Produksi minyak berlebihan

Kulit wajah yang terlalu berminyak dapat menjadi pemicu timbulnya komedo. Kulit yang mudah berminyak akan membuat kotoran lebih mudah untuk menempel. Kototran yang menempel akan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan munculah komedo serta jerawat.

2. Penggunaan make up

Make up memang baik untuk sekedar menambah kecantikan wajah. Namun jangan sampai menggunakan make up berlebihan. Jika berlebihan, maka akan dapat memicu tumbuhnya komedo dan jerawat. Saat anda menggunakan make up berlebihan, kulit anda akan sulit untuk bernapas. Dan juga ketika anda menggunakan make up berlebihan, sering kali sisa make up tersebut jika tidak dibersihkan dengan teliti akan masuk dan menyumbat pori-pori.

3. Gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab munculnya komedo. Masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan lainnya akan sangat mudah muncul pada kulit jikalau pola hidup tidak tertata dengan benar. Yang dimaksud gaya hidup yang tidak sehat atau buruk adalah seperti merokok, minum alkohol, sering begadang, dan lain sebagainya.

4. Stres

Inilah yang mungkin sering dialami oleh sebagaian besar orang. Jika anda selalu memendam masalah dan enggan untuk menyelesaikannya, maka akan menimbulkan stres. Bukan hanya itu, stres yang datang akan dapat menjadi pemicu munculnya jerawat pada kulit wajah anda. Cobalah untuk melakukan berbagai hal untuk mengurangi tingkat stres pada diri anda.

5. Makanan

Datangnya komedo juga bisa disebabkan karena faktor makanan. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menjadi penyebab munculnya komedo dan jerawat. Terutama makanan junk food dan makanan berlemak lainnya merupakan faktor besar yang mempengaruhi kesehatan kulit. Bukan hanya komedo biasa, bahkan akan muncul jerawat batu yang susah dihilangkan.

Cara Mengatasi Komedo secara Alami

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab datangnya komedo, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah bagaimana caranya anda membersihkan atau mengobati komedo tersebut. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengobati komedo dengan cepat dan alami:

1. Air panas

Anda siapkan dulu air panas yang telah dituangkan pada wadah. Lalu campurkan satu sendok makan garam. Kemudian uapi wajah anda dengan air panas yang telah dicampur garam tersebut. Letakkan muka anda diatas air tersebut selama kurang lebih 10 menit.

Baca juga : Manfaat uap air untuk kecantikan kulit wajah

2. Jus lemon

Anda juga bisa memanfaatkan lemon untuk mengatasi komedo. Yaitu dengan menjadikan lemon sebagai jus. Selain rasanya yang enak, juga bisa mengatasi masalah komedo. Kandungan vitamin didalamnya mampu mengobati komedo dan jerawat secara alami. Selain diminum, anda juga bisa membuat ramuan dengan mencampurkan sedikit madu pada setengah buah lemon. Lalu gosokkan pada kulit wajah yang terdapat komedo. Lakukan secara rutin.

Baca juga : Manfaat lemon untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

3. Baking soda

Baking soda telah dipercaya mampu membantu mengatasi masalah komedo yang membandel. Puing-puing kotoran pada wajah akan hilang, termasuk pada bagian yang sensitif seperti hidung dan dagu. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan 2 sdt baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada area kulit yang berkomedo dan berjerawat. Atau bisa secara merata.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kecantikan 

4. Putih telur

Dengan menggunakan putih telur, dipercaya mampu mengatasi masalah komedo dengan cepat. Bahkan bisa mengobati komedo dalam waktu sehari. Kandungan protein dan asam amino didalamnya mampu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga produksi minyak menjadi lebih berkurang. Terdapat juga kandungan asam folat yang dapat menghaluskan kulit. Anda cukup menjadikan putih telur sebagai masker wajah. Setelah mengering, lalu bilas dengan air bersih hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker putih telur untuk kecantikan kulit wajah

5. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya baik untuk pertumbuhan rambut, tapi juga sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Dengan memanfaatkan lidah buaya, anda bisa mengatasi komedo dengan cepat dan alami. Anda cukup menggunakan daging lidah buaya yang langsung dioleskan pada kulit wajah anda yang terdapat komedo. Jangan lupa sertakan pijatan halus dan pelan pada kulit. Setelah 30 menit didiamkan, lalu bilas dengan air bersih yang sedikit hangat.

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah

6. Tomat

Tomat dalah buah yang dapat memberikan manfaat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kulit. Kandungan vitamin C pada tomat mampu memberikan kesegaran pada kulit, serya kandungan vitamin E pada tomat juga dapat mengangkat sel kulit mati serta memperkecil pori-pori. Sehingga pertumbuhan jerawat akan lebih berkurang. Anda bisa menghaluskan tomat lalu campurkan sedikit minyak zaitun. Kemudian oleskan pada wajah  secara merata, terutama pada area yang berkomedo dan berjerawat. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

7. Es batu

Anda juga bisa memanfaatkan es batu. Selain menyegarkan tubuh, esbatu juga bisa membantu anda untuk mengatasi masalah komedo. Es batu dapat membantu memperkecil pori-pori kulit. Sehingga pertumbuhan jerawat akan lebih kecil. Anda cukup menempelkan es batu pada area kulit yang berjerawat selama kurang lebih 10 menit.

Baca juga : Manfaat luar biasa es batu untuk kecantikan

8. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan tubuh, terutama pada kulit wajah. Selain dapat menghaluskan dan melembabkan, madu juga dapat menghilangkan komedo serta jerawat pada kulit. Anda bisa menggunakan madu secara langsung untuk dioleskan pada kulit wajah. Atau anda bisa mencampurkan dengan putih telur agar lebih sempurna. Gunakan campuran tersebut sebagai masker, setelah beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

9. Pore pack

Pore pack adalah produk plaster komedo yang dapat dengan mudah anda dapatkan. Anda bisa membelinya di berbagai minimarket. Cara ini cukup simpel dan tidak ribet. Anda cukup menempelkan pada hidup anda. Tunggu beberapa saat, lalu lepaskan pore pack. Putih-putih yang terangkat adalah komedo yang ada pada kulit hidung anda.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo Secara Alami. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.