Penyebab Bau Mulut dan Cara Cepat Mengatasinya

rina

Penyebab bau mulut dan cara cepat mengatasinya - Salah satu fungsi mulut adalah untuk berbicara kepada lawan bicara kita. Kita berbicara dan nantinya akan didengar dan direpon oleh lawan bicara kita. Pembicaraan atau obrolan itu akan terasa nyaman apabila masing-masing memiliki bau mulut yang sedap. Tapi bagaimana jika bau mulut kita ternyata tidak sedap?

Jika bau mulut tidak sedap atau menyengat, tentu hal ini akan menghilangkan kenyamanan dalam obrolan. Dan bahkan lawan bicara anda akan secepat mungkin ingin mengakhiri obrolan. Tentu anda tidak ingin kan hal ini terjadi? Oleh sebab itu kita perlu untuk menjaga bau mulut agar tetap sedap. Salah satunya adalah selalu rutin menggosok gigi setiap harinya. Bukan hanya itu saja, tapi juga mengkonsumsi makanan yang tidak berpotensi menyebabkan bau mulut tak sedap. Lalu bagaimana cara mengatasi bau mulut jika sudah terlanjur?

Untuk mengatasi bau mulut, ada banyak hal yang bisa anda lakukan, pada dasarnya anda harus sesegera mungkin memperbaiki kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan bau mulut. Namun sebelum mengatasinya, anda bisa menyimak apa saja yang menjadi faktor penyebab bau mulut berikut ini.
Penyebab Bau Mulut dan Cara Cepat Mengatasinya
Penyebab Bau Mulut dan Cara Cepat Mengatasinya

Penyebab bau mulut

1. Banyak makan makanan penyebab bau mulut

Dalam mengkonsumsi makanan, kita tidak boleh memilih sembarang makanan. Sebab, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, seperti makanan yang berbahan susu yang dapat menyebabkan bau mulut seperti sulfur dan membuat ingus menjadi kental. Makan makanan yang berkarbohidrat tinggi juga akan berpotensi menarik bakteri karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsilah makanan berserat untuk mengimbangi itu semua.

2. Tubuh kurang asupan air

Asupan air sangatlah penting bagi tubuh kita. Jika tubuh kekurangan air, tentu akan dehidrasi. Bukan hanya itu saja, ketika tubuh kurang asupan air akan dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Hal ini dikarenakan tidak adanya air dalam mulut, sehingga bakteri penyebab bau mulut tidak bisa dibersihkan dengan baik. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari.

3. Infeksi sinus atau amandel

Infeksi sinus atau amandel ini memang bisa menyebabkan aroma busuk pada bau mulut anda. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan antibiotik. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada amandel ataupun radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium dibagian tenggorokan, selanjutnya akan menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut anda saat berbicara.

4. Kadar asam lambung tinggi

Kadar asam lambung yang tinggi dapat menjadi pemicu seseorang mudah bersendawa. Bukan hanya sekedar bersendawa, tapi juga dibarengi keluarnya aroma tidak sedap pada mulut. Aroma yang dikeluarkan ini mirip dengan aroma cuka. Pada kondisi yang lebih buruk, asam lambung juga bisa mencapai sinus dan bagian dalam telinga.

5. Penyakit serius atau parah

Mungkin pada kasus poin 5 ini jarang ditemui. Namun ada juga beberapa orang yang mengalaminya. Mungkin saja bau mulut yang dikeluarkan itu disebabkan oleh penyakit serius atau penyakit yang sangat parah. Kasus ini juga bisa ditemui pada penderita kanker di bagian hidung, tenggorokan, telinga, dan leher. Aroma tidak sedap ini ditimbulkan oleh kanker itu sendiri.

Cara cepat mengatasi bau mulut

1. Rutin menggosok gigi

Cara yang pertama untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap adalah dengan rutin menggosok gigi anda setiap harinya. Dengan gosok gigi secara rutin ini akan dapat membantu menjaga bau mulut anda tetap segar. Dan juga pilihlah aroma pasta gigi yang cocok untuk anda. Serta sikatlah gigi anda dengan benar agar tidak menyebabkan luka pada gusi.

2. Gunakan obat kumur antibakteri

Jika anda memiliki bau mulut yang tidak sedap, gunakanlah obat kumur antibakteri. Sekarang sudah banyak yang menjual produk kumur antibakteri. Bahkan anda bisa mendapatkan dengan mudah di toko terdekat. Berkumurlah secara rutin untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

3. Perbanyak minum air putih

Minumlah air putih lebih sering lagi setiap harinya. Paling tidak minum air putih sehari sebanyak 8 gelas. Hal ini selain menghidrasi tubuh anda juga dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Perbanyaklah konsumsi air putih jika bau mulut tak kunjung hilang.

4. Kayu manis

Cinnamon atau yang biasa disebut dengan kayu manis ini mengandung aldehida cinnamic, yaitu minyak esensial yang dapat menghilangkan bau mulut serta mengurangi jumlah bakteri pada mulut. Anda bisa mendidihkan satu sendok teh bubuk kayu manis, tambahkan daun kapulaga. Saring airnya dan gunakan untuk berkumur secara rutin.

5. Cengkeh

Cengkeh telah dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengobati masalah sakit gigi. Namun selain itu, ternyata cengkeh juga dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup kunyahlah beberapa biji cengkeh hingga halus. Selain itu, anda juga bisa membuat teh cengkeh agar terasa lebih nyaman.

6. Jus lemon

Jus lemon juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah bau mulut. Kandungan vitamin C didalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut. Kandungan asam pada lemon ini dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Cukup minum jus lemon secara rutin dan juga gunakan untuk berkumur.

7. Baking soda

Biasanya baking soda digunakan sebagai bahan campuran adonan roti, namun baking soda juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau mulut. Baking soda dapat menjaga keseimbangan kadar asam yang menyebabkan bau mulut. Anda cukup mencampurkan air dengan baking soda secukupnya. Gunakan untuk berkumur.

8. Konsumsi buah

Anda juga perlu mengkonsumsi buah. Buah-buahan sangat efektif melawan bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Konsumsilah buah yang kaya akan vitamin C. Sebab, vitamin C juga dapat membantu membasmi bakteri penyebab bau mulut.

9. Mengunyah beras

Selain itu, anda juga perlu mengkonsumsi beras dengan cara dikunyah. Anda hanya perlu mengambil segenggam beras lalu kunyahlah beras tersebut . Jangan ditelan, cukup dikunyah. Jika sudah terasa halus lalu keluarkan dan berkumurlah dengan air bersih.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Bau Mulut dan Cara Cepat Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.