Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Baking soda merupakan bahan alami yang biasa digunakan untuk membuat kue. Sehingga baking soda juga biasa disebut dengan soda kue. Siapa sangka baking soda yang selama ini sebagai bahan pembuat kue ternyata juga bisa sebagai perawatan kulit. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan. Agar anda tidak penasaran dengan isinya untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Berikut Sejuta manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan.
Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Sejuta Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat baking soda untuk kesehatan

1. Obat kumur alami

Baking soda bisa berfungsi sebagai obat kumur yang alami yang bisa mengatasi masalah seperti bau mulut, sariawan, sakit gigi serta membersihkan mulut dari kuman. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 100ml air, aduk hingga rata kemudian dibuat berkumur.

2. Menghilangkan bau badan

Selain bisa menghilangkan bau mulut, baking soda juga sangat efektif untuk mengatasi bau badan. Caranya sangat mudah sekali, yaitu gunakan baking soda sebagai bedak tabur pada ketiak anda. Baking soda bisa bekerja menetralisir keringat serta bau badan yang dikeluarkan.

Baca juga : Cara alami dan cepat mengatasi bau badan menyengat

3. Meredakan gatal

Jika rumah anda kotor karena jarang sekali dibersihkan, maka jangan heran jika rumah anda banyak nyamuknya, karena nyamuk suka dengan tempat-tempat yang berantakan dan kotor, tak heran jika akhirnya anda sering digigit oleh nyamuk. Baking soda dipercaya bisa meredakan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Baking soda dipercaya oleh para ahli bisa mengatasi masalah gangguan pencernaan. Baking soda bisa bekerja menetralkan asam lambung bila sudah masuk ke dalam tubuh. Kemudian baking soda bisa memberikan reaksi meredakan gangguan pencernaan, rasa mulas dan sakit maag.

5. Memperbaiki dan mencegah efek kulit terbakar

Kulit yang terkenan paparan sinar matahari langsung disiang hari bisa membuat kulit kering dan kusam. Bahkan orang yang memiliki kulit sensitif bisa terjadi semacam iritasi. Untuk mencegahnya anda bisa menggunakan baking soda sebagai solusinya. Caranya yaitu campurkan setengah cangkir baking soda dan air hangat ke dalam bathtub kemudian buat berendam, nikmati prosesnya dan rileksasikan tubuh anda.

6. Menyegarkan kaki yang lelah

Kaki yang lelah akibat seharian beraktifitas bisa disegarkan kembali menggunakan ramuan baking soda. Rasa lelah dan pegal pun bisa hilang dengan baking soda. Caranya yaitu dengan mencampurkan baking soda dan air hangat secukupnya, kemudian rendamkan kaki anda pada air tersebut selama beberapa menit sambil kaki dipijat secara perlahan.

Manfaat baking soda untuk kecantikan

1. Membersihkan kulit wajah

 Baking soda juga bisa berfungsi sebagai pembersih wajah dari kotoran-kotoran yang menempel. Caranya yaitu campurkan sedikit baking soda dengan air hangat secukupnya kemudian oleskan pada wajah sambil wajah dipijat secara perlahan.

2. Mengatasi wajah berminyak

Baking soda juga bisa mengatasi masalah wajah berminya. Caranya yaitu campuran baking soda dan gandum mentah dengan dibentuk adonan seperti pasta. Oleskan adonan tersebut pada wajah serta sambil dipijat-pijat secara perlahan.

3. Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah

Baking soda juga bisa membuat kulit menjadi putih dan cerah. Hal ini karena baking soda mampu mengangkat sel kulit yang mati, bisa menghilangkan flek hitam serta mengatasi kulit kusam. Caranya yaitu baking soda dengan air sabun kemudian oleskan pada kulit wajah serta leher secara merata sambil dipijat secara perlahan.

4. Menghaluskan kulit

Baking soda juga bisa berkhasiat untuk membuat kulit menjadi halus. Penyebab kulit kasar dan kulit kusam bisa teratasi dengan menggunakan baking soda karena baking soda bisa bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah.

5. Mengobati jerawat dan menghilangkan jerawat

Jerawat memang bukan suatu hal yang membahayakan, namun keberadaan jerawat bisa mengganggu penampilan seseorang. Dalam masalah ini baking soda bisa menjadi solusinya untuk menghilangkannya. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah yang berminyak.

6. Menghilangkan komedo

Komodo merupakan musuh utama kaum muda setelah jerawat. Sama seperti jerawat, komedo juga bisa merusak penampilan seseorang. Baking soda dipercaya bisa mengatasi masalah ini, caranya yaitu sebagaimana mengatasi jerawat. Campurkan baking soda dengan air sampai menjadi pasta, kemudian oleskan pada kulit di sekitar hidung yang menjadi potensi terbesar komedo.

7. Mengangkat sel kulit mati

Baking soda mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya yaitu anda bisa mengambil satu sendok makan baking soda yang telah dicampur dengan susu biasa dan air secukupnya. Kemudian gosokkan pada kulit anda.

8. Membersihkan kuku

Anda bisa membersihkan serta mempercantik kuku hanya dengan menggunakan baking soda. Caranya yaitu campurkan baking soda dan air hingga membentuk soda kemudian anda oleskan dan pijat pada kuku anda lalu bilas dengan air.

9. Mencerahkan ketiak

Kulit ketiak yang gelap terkadang membuat wanita kurang percaya diri. Namun anda tidak perlu khawatir lagi karena masalah itu bisa diatasi dengan menggunakan baking soda. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta kemudian oleskan pada ketiak dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

10. Memutihkan gigi

Cara alami untuk memutihkan gigi bisa menggunakan baking soda. Caranya yaitu hancurkan satu buah strawberry matang dan campurkan dengan setengah sendok teh baking soda. Oleskan campuran tersebut pada gigi dan diamkan selama lima menit, kemudian sikat gigi yang bersih, metode ini tidak boleh dilakukan lebih dari sekali dalam satu minggu karena bisa merusak lapisan enamel gigi.

Manfaat baking soda lainnya

1. Pembersih toilet

Baking soda merupakan bahan alami yang bisa membersihkan kotoran. Caranya cukup taburkan baking soda ke toilet kemudian sikat sampai merata. Dengan demikian kamar mandi anda akan nampak lebih bersih serta efisien karena tidak perlu lagi membeli pembersih toilet.

2. Membersihkan buah dan sayuran

Baking soda juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada buah-buahan dan sayuran. Caranya yaitu isikan air ke dalam mangkok besar atau panci kemudian tambahkan dua sendok makan baking soda, lalu gunakan untuk mencuci buah dan sayuran. Cara seperti ini bisa lebih bersih daripada hanya menggunakan air biasa.

3. Penghilang bau

Masukkan baking soda dalam wadah yang terbuka di dalam kulkas, baking soda bisa menjaga kesegaran makanan serta menghindari kontaminasi oleh bau yang tidaks sedap. Bau kulkas bisa berasal dari daging atau ikan mentah atau makanan yang sudah lama tersimpan.

4. Menghilangkan noda membandel

Noda membandel memang sesuatu yang menjengkelkan. Terutama jika kotoran tersebut terdapat apda pakaian. Untuk mengatasi noda yang membandel ini anda bisa menggunakan baking soda sebagai solusinya. Caranya yaitu cukup campurkan baking soda dengan detergen kemudian masukkan ke dalam mesin cuci untuk mencuci pakaian dengan noda yang membandel.

5. Pembersih perhiasan

Baking soda juga bisa bermanfaat sebagai pembersih perhiasan seperti emas, perak dan mutiara. Perhiasan yang kusam bisa menjadi berkilau kembali dengan mencucinya menggunakan baking soda. Gosok perhiasan anda menggunakan baking soda dan diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Pembersih perabot rumah tangga dan kaca

Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan perabit rumah tangga anda ataupun kaca-kaca di rumah anda. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air, siapkan lap dan serbet kemudian gunakan untuk membersihkan kaca ataupun perabot rumah tangga.

Efek samping dari pemakaian baking soda

Baking soda memang banyak menjadi alternatif seseorang untuk perawatan kulit wajah. Baking soda bisa membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran yang menempel, mengangkat sel kulit mati serta mengatasi jerawat, namun pemakaian baking soda yang berlebihan bisa merusak kulit serta membuat kulit menjadi kusam dan keriput. Sebaiknya penggunaan baking soda ini secara jarang-jarang saja dan jangan sampai melakukan pemakaian selama 4 hari berturut-turut.