Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Unknown

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah - Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang terdapat pada wajah. Bibir sangat berpengaruh pada kecantikan seorang wanita, sehingga merawat kecantikan bibir adalah hal wajib yang harus dilakukan wanita agar selalu nampak cantik dan mempesona. Salah satu tanda bibir yang cantik dan sehat adalah bibir yang lembab dan merah merona.

Sudah bukan rahasia lagi jika semua wanita menginginkan bibir yang lembab dan merah merona. Dengan bibir yang lembab dan merah merona akan membuat wanita terlihat cantik dan mempesona. Namun sayangnya, karena faktor gaya hidup cuaca dan lain sebagainya menyebabkan bibir menjadi rusak, kering dan tak jarang pecah-pecah. Tentu keadaan tersebut selain merusak penampilan juga dapat membuat kita menjadi tidak nyaman.

Nah ladies, sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah, kita cari tahu terlebih dulu penyebab bibir kering dan pecah-pecah agar lebih mudah dalam melakukan pencegahan atau mengatasinya. Berikut penyebab bibir kering dan pecah-pecah.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah
Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah

1. Dehidrasi atau kekurang cairan

Keadaan bibir yang kering dan pecah-pecah salah satunya disebabkan karena bibir mengalami dehidrasi atau kekurang cairan. Untuk itu, kita harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.

2. Alergi

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah berikutnya yaitu dikarenakan alergi. Bibir yang mengalami alergi seperti alergi terhadap makanan, kosmetik dan lain sebagainya dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Dalam hal ini anda baiknya hindari hal yang dapat menyebabkan kulit atau bibir anda mengalami alergi.

3. Faktor cuaca

Faktor cuaca juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Cuaca panas berkepanjangan atau perubahan suhu secara mendadak juga akan menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini juga bisa disebabkan suhu dalam ruanga ber AC.

4. Membasahi bibir dengan lidah

Membasahi  bibir dengan lidah atau menjilad bibir memang akan membuat bibir menjadi lembab. Namun itu hanya sementara saja, justru kebiasaan menjilat bibir akan membuat bibir kering hingga akhirnya pecah-pecah. Untuk itu baiknya hindari kebisaan menjilat bibir.

5. Bernafas dengan mulut

Orang yang sedang menderita sakit flue demam atau lain sebagainya biasanya mengalami hidung tersumbat dan membuatnya kesulitan bernafas, akibatnya mereka akan bernafas menggunakan mulut. Nah, bernafas dengan menggunakan mulut juga akan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Setelah kita mengetahui penyebab bibir kering dan pecah-pecah, kita wajib menghindari hal tersebut agar bibir kita tetap lembab dan cantik mempesona. Namun jika anda sudah terlanjur mengalami bibir kering dan pecah-pecah, anda tak perlu khawatir, masalah bibir kering dan pecah-pecah dapat kita atasi dengan bahan-bahan alami. Berikut cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1. Madu

Cara alami pertama untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan madu. Madu merupaka ciran yang dihasilkan oleh lebah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam dunia kecantikan madu biasa digunakan sebagai masker wajah untuk melembabkan dan mencerahkan kulit wajah, selain itu madu juga dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, keriput dan lain sebagainya. Menggunakan madu sebagai masker wajah secara teratur akan membuat kulit wajah cantik alami dan awet muda. Nah, untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah kita juga dapat menggunakan madu. Madu mampu membuat bibir menjadi lembab. Tidak hanya itu saja, madu juga ampuh untuk membuat bibir merah merona dan menggoda. Banyak wanita yang sudah menggunakan madu sebagai salah satu perawatan kecantikan bibir. Anda bisa mencobanya dengan cara mengoleskan madu pada bibir anda selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan

2. Lemon

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan lemon. Sama halnya dengan madu, lemon juga merupakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai masker wajah untuk melembabkan kulit wajah serta mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon menjadi antioksidan kuat dalam mengatasi berbagai macam radikal bebas yang dapat merusak kecantikan kulit. Dengan menggunakan lemon kita juga dapat melembabkan bibir serta mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Cara menggunakannya, anda oleskan air perasan lemon pada bibir yang kering dan lakukan 2 kali dalam sehari secara rutin.

Baca juga : Manfaat lemon untuk kecantikan kulit wajah dan rambut

3. Minyak kelapa

Kita juga dapat menggunakan minyak kelapa untuk melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa cukup efektif untuk melembabkan bibir, sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah dapat teratasi. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, kita cukup oleskan minyak kelapa pada bibir kita secara merata, maka bibir akan lembab dan masalah bibir kering atau pecah-pecah akan hilang seketika.

Baca juga : Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit

4. Minyak zaitun

Selain minyak kelapa kita juga dapat menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat baik sekali untuk kesehatan kulit, begitu juga dengan kulit bibir. Minyak zaitun biasa digunakan sebagai pelembab kulit alami. Nah, kita juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan bibir kita. Dengan demikian, masalah bibir kering dapat teratasi. Cara menggunakannya sama ketika menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab kulit wajah. Kita cukup oleskan minyak zaitun pada bibir secara merata, anda dapat melakukannya 2 kali dalam sehari.

Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

5. Tomat

Tomat juga dapat menjadi solusi jitu dalam mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Sama halnya dengan lemon, tomat juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Tomat dapat membuat kulit menjadi halus dan lembab. Nah, dengan demikian, kita dapat menggunakan tomat untuk masker bibir. Caranya mudah sekali, haluskan tomat hingga lembut, kemudian oleskan tomat pada bibir secara merata dan diamkan hingga kering, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

6. Air mawar

Cara berikutnya untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah yaitu dengan menggunakan air mawar. Air mawar selain dapat melembabkan bibir juga dapat membuat bibir menjadi merah merona dan cantik alami. Cara menggunakannya yaitu oleskan air mawar pada bibir anda, diamkan biar kering dengan sendirinya.

Baca juga : Manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan

7. Gula

Masalah bibir kering dan pecah-pecah juga dapat kita atasi dengan menggunakan gula. Caranya dengan melakukan scrub, dengan demikian, sel kulit mati pada bibir yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah atau mengelupas dapat terangkat dan bibir menjadi lembab dan halus. Cara menggunakanya yaitu campurkan gula dengan sedikit air lalu gosokan secara perlahan pada bibir selama kurang lebih 5 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat gula untuk kesehatan dan kecantikan

8. Irisan mentimun

Kita juga dapat menggunakan masker mentimun untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun kaya akan kandungan air yang ampuh untuk mengatasi masalah dehidrasi, seperti yang kita ketahui, bibir kering dan pecah-pecah salah satunya disebabkan dehidrasi. Dengan teratasinya masalah dehidrasi pada bibir, maka masalah bibir kering dan pecah-pecah dapat teratasi. Caranya iris tipis mentimun dan tempelkan pada bibir. diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan air.

Baca juga : Manfaat masker mentimun untuk kecantikan dan cara membuatnya

9. Ekstra lidah buaya

Kita juga dapat menggunakan ekstra lidah buaya atau juga gel lidah buaya untuk mengatasi masalah bibir kering. Caranya mudah, oleskan gel lidah buaya pada bibir, diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah

10. Perbanyak minum air putih

Masalah bibir kering dan pecah-pecah dikarenakan tubuh dan kulit kekurangan cairan. Jadi memperbanyak mengkonsumsi air putih bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya.

Baca juga : Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan

Demikianlah informasi tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah selain membuat tak nyaman juga dapat merusak penampilan, sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah harus segera diatasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.