Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Secara Alami Dan Mudah

Unknown

Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Secara Alami Dan Mudah - Kulit kering merupakan keadaan dimana kelenjar minyak tidak mampu memproduksi  minyak yang cukup untuk membantu melembabkan kulit, akibatnya kulit mejadi kering, kasar dan tak jarang mengelupas atau bersisik. Tentu keadaan tersebut sangat mengganggu, selain mengganggu penampilan juga membuat kita merasa tidak nyaman dengan keadaan kulit yang kerkng tersebut.

Masalah kulit kering harus segera diatasi karena selain mengganggu penampilan, masalah kulit kering juga dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti kulit mengelupas, keriput dan penuaan. Ya kulit kering akan membuat kulit menjadi keriput dan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Hal tersebut karena kaadaan kurang cairan atau kurang kelembaban. Untuk itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan kulit untuk mencegah kulit kering.
Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Secara Alami Dan Mudah
Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Secara Alami Dan Mudah

Penyebab kulit kering

Nah ladies, sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi kulit kering, kita kenali dulu penyebab kulit kering. Dengan mengetahui penyebab kulit kering, akan membuat kita lebih mudah dalam mencegah dan mengatasi masalah kulit kering. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kulit menjadi kering. Nah berikut beberapa penyebab kulit kering.

- Keturunan atau genetik
- Sengatan sinar matahari secara lamsung
- Perubahan iklim
- Pengaruh obat-obatan
- Infeksi jamur atau penyakit
- Kekurangan cairan atau sering mengalami dehidrasi
- Kekurangan asupan nutrisi
- Penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai
- Kafein, rokok dan alkohol

Cara alami mengatasi kulit kering

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kulit kering. Namun yang terpenting adalah selalu menjaga kelembaban kulit serta menghindari sengatan sinar matahari secara langsung. Nah berikut cara alami mengatasi masalah kulit kering.

1. Gunakan lotion atau pelembab

Cara terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering yaitu dengan menggunakan lotion atau pelembab kulit. Ya lotion atau pelembab kulit selain akan melembabkan kulit dan mencegah kulit kering juga akan menutrisi kulit sehingga kulit akan selalu terjaga, dan tetap cantik. Anda bisa menggunakan lotion pada pagi dan sore hari atau sebelum melakukan aktivitas. Lotion atau pelembab itu sangat penting bagi anda yang selalu berada diruangan ber AC, ruangan be AC juga merupakan penyebab kulit menjadi kering.

2. Perbanyak minum air putih

Kulit kering desebabkan karena tubuh dan kulit mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, akhirnya akan ada banyak sel yang mati dan menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput. Untuk mengatasi hal ini tentu kita disarankan untuk memperbanyak minum air. Air akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit. Kulit yang lembab akan terjaga dari berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam, berminyak hingga masalah jerawat dan masalah kulit lainnya.

Baca juga : Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan

3. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan air, sehingga baik sekali untuk mengatasi kulit kering serta menjaga kelembaban kulit. Selain itu buah dan sayuran kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik sekali untuk kesehatan kulit serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah untuk mengatasi serta mencagah kulit kering kita disarankan untuk membanyak mengkonsumsi buah dan sayuran.

4. Masker mentimun

Selain mengkonsumsi buah dan sayuran serta menjaga asupan cairan yang cukup, kita juga perlu melakukan perawatan dari luar untuk mencegah serta mengatasi masalah kulit kering. Nah salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering yaitu dengan menggunakan masker wajah. Ada banyak sekali masker waja yang bisa kita gunakan, salah satunya yaitu masker mentimun, Mentimun merupakan sayuran yang kaya akan kandungan air yang baik sekali untuk melembabkan kulit. Cara menggunakannya yaitu anda haluskan mentimun dengan cara dibelender, lalu oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit hingga meresap dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker mentimun

5. Masker bengkoang

Masker bengkoang merupakan masker yang paling ampuh untuk mencerahkan kulit wajah serta mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit wajah kering. Ya selain mencerahkan kulit wajah, bengkoang juga ampuh melembabkan kulit, sehingga masalah kulit kering dapat teratasi. Caranya yaitu dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Haluskan bengkoang dan oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan tersebut 2-3 kali dalam seminggu, maka kulit wajah anda akan lembab dan cerah cantik alami.

Baca juga : Manfaat masker bengkoang dan cara membuatnya

6. Masker tomat

Tomat merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C serta kandungan air yang melimpah. Dalam dunia kecantikan, tomat sering digunakan sebagai masker wajah, hal ini karena tomat memiliki banyak manfaat seperti mencerahkan kulit, melembabkan kulit, mengatasi jerawat dan masih banyak lagi. Nah masalah kulit kering juga dapat diatasi dengan menggunakan masker tomat. Tomat akan menutrisi kulit sehingga kulit akan menjadi lembab dan cantik. Caranya anda haluskan tomat dan oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hinggga bersih.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

7. Madu

Cara berikutnya yaitu dengan madu, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita semua akan manfaat madu untuk kecantikan kulit. Ya madu sangat baik sekali untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit menjadi cantik serta awet muda. Nah masalah kulit kering tentunya dapat kita atasi dengan masker madu. Untuk menggunakannya yaitu kita cukup mengoleskan madu pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak ajaib yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Nah salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan adalah untuk melembabkan kulit wajah serta mengatasi kulit kering. Untuk menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah atau menjadikannya sebagai masker wajah.

Baca juga : Manfaat masker minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah

9. Masker alpukat

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan masker alpukat. Ya alpukat juga memiliki banyak nutrisi baik untuk kecantikan kulit. Nah anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah kulit kering, Caranya anda haluskan alpukat dan oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker alpukat dan cara membuatnya

10. Masker pisang

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan masker pisang. Ya masker pisang juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering. Caranya yaitu haluskan pisang dan oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker pisang dan cara membuatnya

Cara mencegah kulit kering

- Hindari rokok, alkohol dan kafein
- Hindari sengatan sinar matahari secara langsung
- Gunakan tabir surya saat berada diluar ruangan
- Gunakan pelembab saat berada diruangan berAC
- Hindari makanan berlemak

Demikianlah informasi tentang  Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Secara Alami Dan Mudah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.