Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Ampuh Mengatasinya

citra indah

Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya - Gigi yang kuning merupakan salah satu masalah yang serius yang bisa mengganggu penampilan seseorang serta mengurangi rasa percaya diri. Gigi yang kuning terlalu lama biasanya akan lebih sulit untuk dihilangkannya, sikat gigi saja belum tentu bisa mengatasi masalah gigi yang kuning. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya. Agar anda tidak penasaran dengan isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat. Berikut Penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya.

Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Ampuh Mengatasinya
Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab gigi kuning

1. Kebersihan gigi dan mulut

Kebersihan gigi dan mulut yang buruk bisa membuat gigi menjadi kuning, kebersihan gigi dan mulut yang buruk bisa menjadi biang keladi dan sejumlah masalah pada gigi dan mulut, termasuk menyebabkan gigi menjadi kuning.

2. Merokok

Merokok bisa menjadi penyebab utama gigi berwarna kuning, karena dalam rokok banyak terkandung bahan kimia tar yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning kecoklatan. Agar kesehatan gigi anda terjaga maka hindarilah merokok.

Baca juga : Bahaya rokok bagi kesehatan

3. Kebiasaan makan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa menjadi penyebab utama gigi menjadi kuning jika tidak segera dibersihkan. Minuman seperti teh, kopi dan soda bisa memberi efek mewarnai gigi. Merokok serta mengunyah tembakau juga bisa menyebabkan warna kuning pada gigi karena adanya akumulasi nikotin.

3. Minuman berenergi

Minuman ini bisa menggantikan energi yang telah hilang setelah beraktifitas, namun minuman ini bersifat korotif daripada air mineral biasa. Kandungan kimia yang terdapat dalam minuman berenergi bisa membuat gigi mengalami kerusakan serta meninggalkan noda kuning.

4. Kopi

Kopi juga bisa menjadi biang masalah pada gigi. Walaupun kopi banyak memiliki manfaat namun kopi kurang baik buat kesehatan gigi. Kebiasaan minum kopi biasa membuat gigi menjadi kuning atau bahkan menghitam, anda bisa melihatnya pada orang yang memiliki kebiasaan meminum kopi.

Baca juga : Manfaat dan efek samping kopi bagi kesehatan

5. Teh herbal

Teh herbal banyak memiliki khasiat buat kesehatan tubuh. Namun jika terlalu sering mengkonsumsi teh herbal bisa membuat gigi menjadi cepat menguning. Maka dari sebaiknya jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi teh herbal.

6. Alkohol

Alkohol sangat tidak baik buat kesehatan karena alkohol bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang serius, seperti kanker, diabetes, stroke, obesitas, serta serangan jantung. Selain bisa merusak jantung alkohol juga bisa membuat gigi menjadi kuning atau bahkan menghitam.

Baca juga : Bahaya alkohol bagi kesehatan tubuh

7. Faktor penuaan

Diantara faktor penuaan alami yaitu mulai menguningnya gigi, namun sebaiknya anda juga perlu menjaga kehati-hatian dalam menjaga kebersihan gigi agar gigi tetap sehat dan tidak cepat menguning.

8. Penyakit diabetes

Tidak bisa dipungkiri jika penyakit ini juga bisa berpengaruh pada gigi, yaitu gigi akan menjadi kuning, rapuh serta mudah keropos. Sayangnya banyak para penderita yang kurang menyadari jika diabetes juga bisa berpengaruh pada kesehatan gigi.

Baca juga : Penyebab diabetes diusia dini dan cara mencegahnya

9. Obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu seperti antibiotik tetrasiklin juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi, jika hal tersebut terjadi pada anda maka anda harus berkonsultasi pada dokter.

Cara mengatasi gigi kuning

1. Garam dan jeruk nipis

Cara pertama untuk mengatasi masalah gigi kuning yaitu dengan menggunakan perpaduan antara garam dan jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta, kemudian anda gunakan sebagai pasta gigi.

2. Baking soda

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah gigi kuning yaitu dengan menggunakan baking soda. Baking soda juga bisa mengatasi kerang atau plak pada gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa mencampurkan baking soda dengan perasan air jeruk nipis, kemudian anda gunakan sikat gigi untuk menggosok gigi dan diamkan selama sekitar 5 menit.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kecantikan 

3. Arang kayu

Arang kayu yang biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk membakar sate ternyata juga bisa berkhasiat untuk mengatasi gigi yang kuning, caranya sangat mudah sekali, yaitu cukup anda gosokkan arang kayu pada gigi anda, namun anda perlu berhati-hati agar tidak sampai melukai gusi anda.

4. Siwak arab

Siwak arab sejak dahulu sudah dikenal bisa berkhasiat untuk membersihkan gigi, selain itu juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Cara ini juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah gigi kuning, cobalah anda buktikan agar bisa mengetahui hasilnya.

5. Cengkeh dan daun sirih

Cengkeh dan daun sirih sudah dikenal sejak dahulu bisa menguatkan gigi dan membersihkan gigi, namun cara seperti ini sudah jarang sekali dipakai. Meskipun demikian cengkeh dan daun sirih sangat ampuh untuk mengatasi masalah gigi kuning. Anda bisa menggunakannya dengan cara menggosokkan pada gigi atau dengan cara "nginang".

6. Kulit jeruk

Kulit jeruk merupakan cara tradisional yang ampuh untuk mengatasi gigi kuning. Caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk bagian dalam pada gigi berkali-kali sesuai dengan keinginan anda. Namun jika anda memiliki gigi yang sensitif maka tidak disarankan untuk memakai cara ini.

7. Biji buah pinang

Anda juga bisa memanfaatkan biji buah pinang untuk mengatasi masalah gigi kuning. Caranya yaitu bakar biji pinang kemudian tumbuk sampai halus. Gosokkan pada gigi dengan bantuan sabut pinang. Lakukan langkah tersebut dengan teratur 2 kali dalam seminggu.

8. Kulit pisang

Sebagaimana kulit jeruk, kulit pisang juga sama memiliki khasiat bisa mengatasi masalah gigi kuning. Pertama-tama bersihkan gigi dulu dengan cara menggosok gigi kemudian gosokkan kulit pisang pada bagian dalam dengan teratur.

9. Daun salam

Daun salam merupakan bahan alami yang dipercaya bisa memutihkan gigi, caranya yaitu mudah sekali dengan cara menghaluskan daun salam, kemudian anda campurkan kulit jeruk kering yang sudah dihaluskan, gunakan sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Ampuh Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.