Penyebab Dan Cara Alami Melembabkan Bibir Kering

citra indah

Penyebab Dan Cara Alami Melembabkan Bibir Kering - Memiliki bibir yang lembut dan merah merona merupakan dambaan setiap wanita. Setiap orang juga pasti pernah mengalami masalah pada bibir, seperti bibir kering maupun pevah-pecah. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa penyebab dan cara alami melembabkan bibir kering. Anda pasti penasaran bukan bagaimana isinya? Untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat.
Penyebab Dan Cara Alami Melembabkan Bibir Kering
Penyebab Dan Cara Alami Melembabkan Bibir Kering

Penyebab bibir kering dan hitam

1. Lipstik

Lipstik memang bisa membuat bibir menjadi merah secara langsung, namun jika ketergantungan memakai lipstik kurang baik buat bibir, jika penggunaannya terlalu lama bisa membuat bibir menjadi hitam.

2. Merokok

Merokok selain bisa menyebabkan berbagai macam penyakit juga bisa merusak kecantikan bibir, karena kebiasaan merokok bisa membuat bibir menjadi kering dan hitam. Hal tersebut bisa kita liat pada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok.

Baca juga : Bahaya rokok bagi kesehatan

3. Kebiasaan menggigit bibir

Buat anda yang memiliki kebiasaan menggigit atau menjilat bibir sebaiknya anda hentikan mulai dari sekarang, karena hal tersebut bisa membuat bibir menjadi kering dan hitam, hal tersebut juga terkadang bisa membuat pendarahan pada bibir.

4. Sinar matahari

Sinar matahari pada siang hari kurang baik buat kulit dan juga bibir, sinar matahari bisa menyebabkan bibir kering dan hitam. Untuk mencegahnya anda bisa menggunakan lipsbalm ketika keluar rumah di siang hari.

5. Dehidrasi

Sudah jelas jika terjadi dehidrasi pasti akan membuat bibir menjadi kering. Hal tersebut jika dibiarkan terjadi malah bisa membuat bibir pecah-pecah. Maka dari itu penuhilah kebutuhan air untuk menghindari kerusakan pada bibir.

6. Kafein

Kebiasaan meminum kopi juga bisa membuat bibir menjadi kering. Hal ini karena dalam kopi terkandung kafein. Tidak hanya kopi, hal ini berlaku juga pada minuman lainnya seperti teh yang mengandung kafein.

Baca juga : Efek buruk kafein bagi kesehatan dan kecantikan

7. Kurangi vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pigmentasi baik pada kulit maupun bibir, Hal ini bisa menyebabkan kulit dan bibir menjadi kering dan hitam. Penuhilah kebutuhan vitamin C agar kulit dan bibir menjadi segar.

B. Cara alami melembabkan bibir kering

1. Memanfaatkan madu

Sejak dahulu madu dikenal memiliki banyak khasiat, mulai dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Madu banyak mengandung nutrisi yang sangat baik buat tubuh. Anda juga bisa mengoleskan madun pada bibir layaknya lipsbalm agar bibir menjadi keliatan segar.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

2. Mentimun

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam mentimun bisa mengembalikan kelembaban bibir secara alami. Caranya yaitu cukup dengan memijat bagian bibir secara perlahan dengan menggunakan irisan mentimun.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker mentimun

3. Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C yang sangat baik buat tubuh, untuk mengatasi bibir yang kering dan memperkuat daya tahan tubuh anda cukup mengkonsumsi jeruk secara langsung atau bisa juga dengan dibuat jus.

4. Gula

Gula bisa membantu mengelupas sel-sel kulit yang mati dari bibir yang pecah-pecah. Caranya yaitu campur dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu. Lalu oleskan campuran tersebut pada bibir dan biarkan selama sekitar 5 menit.

5. Buah bit

Buah bit buah yang banyak mengandung vitamin dan memiliki buah yang berwarna merah, vitamin dan warna merahnya tersebut yang bisa membuat bibir menjadi kemerah-merahan dan tidak kering. Caranya yaitu haluskan buah bit dengan blender, kemudian bubuhkan buat bit tersebut pada bibir dan biarkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat ampuh sekali untuk menghaluskan bibir, caranya yaitu cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir dan diamkan selama sekitar 15 menit, langkah tersebut bisa mengatasi bibir pecah-pecah.

7. Lidah buaya

Selain bisa bermanfaat buat rambut, lidah buaya juga bisa berguna untuk penyembuhan kulit dan mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah, selain itu lidah buaya juga bisa membuat bibir menjadi lebab.


Demikianlah informasi tentang Penyebab Dan Cara Alami Melembabkan Bibir Kering. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasi.