Bahaya Rokok bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya rokok bagi kesehatan yang wajib anda ketahui - Rokok, suatu nama yang tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Bahkan sampai sekarang ini produsen pembuat rokok sudah meningkat tajam. Seakan tidak mau kalah dengan jumlah konsumen rokok yang selalu meningkat. Memang seperti itulah perputarannya.

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Seperti yang telah tertara pada bungkus rokok di semua merk. Diantaranya, merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, gangguan paru-paru, gagal janin, hingga merokok dapat membunuh. Yang menjadi tanda tanya besar, mengapa jumlah perokok semakin meningkat meski sudah terpasang peringatan jelas? Apakah peringatan yang tertara itu hanya dianggap variasi wadahnya saja agar terlihat lebih bagus? Tentu saja tidak. Lalu mengapa para perokok tidak mempedulikan peringatan tersebut?

Mungkin hal itu masih menjadi pertanyaan besar yang belum terjawabkan. Memang merokok dapat menenangkan pikiran, namun dibalik itu ada banyak bahaya yang mengintai. Berikut ini beberapa bahaya rokok bagi kesehatan yang sangat perlu anda ketahui:
Bahaya Rokok bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui
Bahaya Rokok bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

1. Penyakit asma

Salah satu penyakit yang mengancam mereka para perokok adalah penyakit asma. Ya, kandungan zat-zat berbahaya yang terdapat dalam rokok akan mendorong penyakit asma menjadi lebih parah. Oleh sebab itu bagi anda khususnya yang memiliki riwayat penyakit asma, hindarilah kebiasaan merokok.

2. Gigi kuning

Rokok juga dapat membuat gigi anda menjadi kuning. Kandungan zat kimia didalamnya dapat akan menempel pada gigi dan dan mempengaruhi warna asli dari gigi dan membuat gigi menjadi kuning serta semakin menghitam.

3. Merusak gigi dan tulang

Bukan hanya merubah warna gigi saja, tapi juga merusak gigi dan membuat gigi menjadi lebih sensitif. Kebiasaan merokok akan dapat membuat gigi menjadi sensitif dan tulang menjadi lebih mudah keropos. Inilah sebab mengapa kita harus mengurangi kebiasaan merokok dari sedikit hingga meninggalkannya. Sebab merokok dapat mempengaruhi kesehatan meski itu dalam jangka panjang.

4. Penyakit mulut

Memang merokok dapat menyebabkan bau mulut menjadi sangat tidak sedap. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mulut. Bahkan hingga sampai penyakit kanker mulut. Seperti yang pernah terdapat pada gambar beberapa jenis bungkus rokok. Itulah salah satu penyakit yang mengancam para perokok.

5. Kebutaan

Bukan hanya pada mulut saja. Para perokok juga terancam kebutaan jika terus melakukan kebiasaan merokok maupun berdekatan dengan asap rokok. Zat kimia yang terdapat dalam rokok maupun pada asapnya dapat menyebabkan degenerasi makula yang dapat mengganggu penglihatan. Bahkan berdasarkan penelitian menyebutkan, para perokok bisa mengalami resiko kebutaan di usia tua sebanyak 4 kali dari normalnya.

6. Menyebabkan diabetes

Tidak banyak yang tahu kalau merokok dapat menyebabkan penyakit diabetes. Berbagai kandungan zat kimia yang ada didalamnya dapat membuat para perokok juga terancam penyakit diabetes. Bahkan mereka yang sebelumnya tidak memiliki riwayat diabetes pun bisa terserang diabetes hanya karena kebiasaan merokok.

7. Radang sendi

Anda pernah mengalami radang sendi? Radang sendi atau dalam dunia medis disebut dengan rheumatoid arthritis ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Saat merokok, sistem kekebalan tubuh akan berkurang dan terjadi peradangan sendi.

8. Menyumbat aliran darah

Rokok memiliki kandungan nikotin dan zat kimia lainnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat kimia tersebutlah yang juga dapat menyumbat aliran darah para perokok, baik perokok aktif maupun pasif. Jika zat-zat dari rokok masuk ke tubuh, kerusakan pada pembuluh darah akan mengakibatkan pembuluh darah menjadi tebal dan lebih sempit, akhirnya menyumbat aliran darah.

9. Tekanan darah meningkat

Bukan hanya aliran darah yang tersumbat, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan tekanan darah dalam tubuh anda meningkat cepat. Hal ini tidak lepas dari poin nomor 8 yang menjelaskan penyumbatan aliran darah. Penyumbatan tersebut mengakibatkan jantung terdorong memompa darah lebih cepat dan lebih keras dan akhirnya tekanan darah pun menjadi meningkat. Hal ini akan diperparah jika masih saja mengkonsumsi makanan penyebab darah tinggi.

10. Penyakit jantung

Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan pergeseran pembuluh darah. Sebab, zat pada rokok akan membuat lemak menumpuk pada arteri, lemak dan plak tersebut akan menghambat aliran darah dan menyebabkan pergerseran serta penyempitan pembuluh darah. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

11. Penyakit stroke

Selain penyakit jantung, penyakit stroke juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Bahkan berdasarkan penelitian yang ada menjelaskan bahwa merokok dapat mendatangkan resiko terkena penyakit stroke 4x lebih besar dari biasanya. Stroke ini akan terjadi ketika ketika aliran darah di otak mengalami pembekuan yang disebabkan oleh zat-zat yang terkandung dalam rokok. Jika dibiarkan maka akan berakibat stroke hingga kematian.

12. Kanker paru-paru

Rokok juga dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Seperti yang telah tertara pada bungkus rokok yang menjelaskan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru, salah satunya adalah kanker paru-paru. Jika dibandingkan, antara perokok wanita dengan perokok pria, resiko terkena kanker paru-paru lebih besar perokok wanita. Wanita memiliki 25,7 kali lebih tinggi dibandingkan pria yang hanya 25 kali.

13. Sulit mendapat keturunan

Di poin nomor 13 ini banyak yang belum mengetahui. Aktivitas atau kebiasaan merokok pada wanita sebenarnya dapat menyebabkan sulit mendapatkan keturunan. Mulai dari bayi yang lahir cacat, bayi meninggal dalam kandungan, hingga tidak bisa sama kali. Bukan hanya perokok aktif, tapi juga para perokok pasif bisa berpotensi terkena gangguan seperti ini.

Berikut ini beberapa dampak kelahiran bayi akibat kebiasaan merokok atau menghirup asap rokok:
  • Bayi lahir premature
  • Kematian bayi saat kandungan
  • Bayi dengan berat badan minim
  • Kematian mendadak pada bayi baru lahir
  • Kehamilan terjadi di luar kandungan atau kehamilan ektopik
  • Terjadinya celah orafisial pada bayi yang baru lahir
Demikianlah informasi tentang Bahaya Rokok bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.