Daftar Makanan Sehat untuk Melancarkan Peredaran Darah

Daftar makanan sehat untuk melancarkan peredaran darah - Dalam dunia kesehatan di kehidupan sehari-hari, menjaga pola makan yang baik dan asupan nutrisi yang cukup sangatlah penting. Hal ini ditujukan untuk menunjang fungsi organ tubuh.Untuk memenuhi nutrisi tubuh anda, tentu sangat diperlukan peranan darah. Darah memiliki peran penting mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu kelancaran peredaran darah harus tetap dijaga.

Berbicara tentang peranan darah, sebenarnya tidak hanya mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh saja, tapi juga mengangkut eksigen yang disalurkan ke seluruh tubuh. Agar metabolisme dan organ tubuh bisa berjalan dengan lancar, tentunya anda harus menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya dengan menjaga keseimbangan pola makan. Sebab, pola makan yang seimbang dengan gizi yang cukup dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Sehingga lebih kecil resiko terserang penyakit jantung dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika peredaran darah tiba-tiba tidak lancar atau mengalami gangguan? Yaitu tentunya harus segera diatasi. Untuk melancarkan kembali peredaran darah sebenarnya ada banyak cara, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini daftar makanan sehat untuk melancarkan peredaran darah:
Daftar Makanan Sehat untuk Melancarkan Peredaran Darah
Daftar Makanan Sehat untuk Melancarkan Peredaran Darah

1. Buah jeruk

Jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya baik untuk kesehatan kulit saja, tapi juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah, menguatkan dinding kapiler, mencegah plak pada arteri, dan sebagainya. Konsumsilah secara rutin agar darah anda tidak terjadi penggumpalan dan bisa beredar lancar.

2. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin K yang dapat membantu pembentukan tulang dan menjaga kalsium agar tidak merusak arteri. Mengkonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu mencegah penggumpalan darah serta dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Paprika dan cabe

Berdasarkan keyakinan banyak orang, rasa pedas pada cabe dapat membantu melancarkan aliran darah. Mengkonsumsi paprika dan cabe secara cukup dapat melancarkan peredaran darah serta mencegah agregasi trombosit. Sehingga tidak perlu takut peredaran darah anda akan terganggu. Selain itu, kandungan capsaicin pada paprika dan cabe juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati.

Baca juga : Manfaat dan bahaya cabai untuk kesehatan

4. Buah alpukat

Buah alpukat sangat kaya akan kandungan seratnya yang baik untuk pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 dalam buah alpukat juga dapat membantu melancarkan aliran sirkulasi darah dalam tubuh. Konsumsilah buah alpukat secara rutin.

5. Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman obat tradisional yang sangat diminati oleh banyak orang. Jahe sudah dipercaya mampu mengobati banyak penyakit secara alami dan efektif. Bahkan jahe juga bisa anda manfaatkan untuk melancarkan peredaran darah. Sirkulasi darah anda akan lebih lancar setelah mengkonsumsi wedang jahe.

Baca juga : Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan

6. Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit juga telah dipercaya olah banyak orang sebagai rempah-rempah yang bisa dijadikan obat tradisional. Kunyit memiliki kandungan yang dapat menurunkan peradangan penyebab arteriosclerosis atau pengerasan pembuluh darah. Dan juga dapat mengurangi lemak berlebih dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan

7. Bayam

Kandungan potassium pada bayam juga bisa anda manfaatkan untuk melancarkan sirkulasi darah anda. Tekanan darah anda akan menjadi lebih menurun setelah mengkonsumsi bayam secara rutin. Sebab selain melancarkan peredaran darah, bayam juga menambah setamina.

8. Minyak zaitun

Salah satu minyak yang dapat membantu anda dalam melancarkan peredaran darah adalah minyak zaitun. Minyak zaitun ini telah dipercaya banyak orang akan khasiatnya. Selain membuat kulit menjadi lebih cerah dan cantik, minyak zaitun juga bisa mengatasi masalah peredaran darah yang terhambat.

Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

9. Kacang-kacangan

Berbagai macam jenis kacang-kacangan  mengandung vitamin E dan serat yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu menurunakn  kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu juga dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

10. Ikan tuna

Ikan tuna mengandung asam omega 3 yang sangat baik untuk tubuh. Asam omega 3 ini akan membantu mencegah penyakit jantung, mengurangi depresi, dan mencegah penyakit lainnya. Ikan tuna ini juga dapat anda manfaatkan untuk memperlancar peredaran darah anda.

11. Lemak ikan salmon

Lemak iklan salmon biasanya banyak dipilih untuk digunakan sebagai obat tradisional. Yaitu dapat mencegah terhambatnya peredaran darah. Dengan mengkonsumsi lemak ikan salmon secara rutin akan membantu melancarkan peredaran tubuh anda. Pastikan anda tidak berlebihan.

12. Cokelat hitam

Biasanya cokelat dikenal sebagai makanan pembawa lemak atau makanan yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih cepat gemuk. Inilah pemikiran sebagian orang. Namun sebenarnya cokelat hitam ini mengandung flavonoid dan theobromine yang dapat membantu melancarkan peredaran darah.

13. Gandum utuh

Gandum memiliki kandungan serat alami yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Biasanya gandum utuh bisa ditemukan di biji-bijian seperti beras merah, roti gandum, dan lain sebagainya. Konsumsilah secara rutin gandum utuh tersebut. Dengan konsumsi gandum utuh secara rutin dapat mengatasi masalah tidak lancarnya peredaran darah.

14. Kayu manis

Kayu manis mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh, dan juga dapat membantu memperlancar aliran darah. Anda cukup mengkonsumsinya dengan cara sesuka hati anda. Dengan mengkonsumsi rutin akan membantu melancarkan peredaran darah anda.

15. Keju

Keju juga bisa anda pilih untuk menurunkan tekanan darah anda. Bahkan berdasarkan penelitian di Harvard menjelaskan bahwa orang yang makan 3 porsi keju rendah lemak dalam sehari, tekanan darah sistorlik yang rendah dibandingkan orang lain yang tidak makan keju.

16. Bawang putih

Bawang putih biasanya digunakan untuk mengobati gigi yang sakit atau gusi yang bengkak. Namun kali ini anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk melancarkan peredaran darah anda. Konsumsilah bawang putih baik secara langsung maupun diolah dengan cara lainnya

Baca juga : Manfaat dan efek samping bawang putih untuk kesehatan

Demikianlah informasi tentang Daftar Makanan Sehat untuk Melancarkan Peredaran Darah. Konsumsilah makanan-makanan diatas untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.