Manfaat dan Cara Membuat Masker Mentimun untuk Kecantikan Kulit wajah

Manfaat dan cara membuat masker mentimun untuk kecantikan kulit wajah - Mentimun adalah salah satu buah yang biasa digunakan untuk penyegar atau lalapan setiap makanan atau hidangan. Kandungan air didalamnya dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi setiap orang yang memakannya.

Berbicara tentang mentimun. Mentimun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan mentimun ini telah dipercaya mampu membersihkan kulit wajah dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, kulit kering, kusam, keriput, berminyak, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan mentimun untuk kecantikan? Anda bisa mengolahnya sebagai masker dan aplikasikan pada kulit wajah. Namun sebelumnya, ketahuilah beberapa manfaat masker mentimun berikut ini:
Manfaat dan Cara Membuat Masker Mentimun untuk Kecantikan Kulit wajah
Manfaat dan Cara Membuat Masker Mentimun untuk Kecantikan Kulit wajah

1. Mengurangi lingkaran hitam pada mata

Mentimun memiliki kandungan alami yang mampu menghilangkan lingkaran hitam pada mata anda secara perlahan. Yang perlu anda lakukan adalah perawatan secara rutin. Dengan perawatan secara rutin akan dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam pada mata.

2. Mengurangi bengkak pada kantung mata

Jika kantung mata anda bengkak, silahkan manfaatkan mentimun sebagai bahan utama untuk menyembuhkannya. Mentimun mengandung asam askorbat yang dapat mengurangi retensi air hingga bisa mengurangi pembengkakan pada mata. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Baca juga : Penyebab mata bengkak dan cara mengatasinya

3. Meremajakan kulit

Kandungan antioksidan dan silika pada mentimun ini memiliki khasiat baik untuk meremajakan kulit serta membuat kulit terasa lebih halus dan lembut. Kandungan air yang melimpah pada mentimun ini dapat membuat kulit lebih lembab sempurna. Lakukan perawatan menggunakan mentimun rutin.

4. Mengurangi bintik hitam

Bintik hitam pada kulit wajah memang terasa sangat mengganggu. Bintik hitam biasanya disebabkan karena jerawat yang sudah mati atau sel kulit matai. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan mentimun. Gaunakan masker mentimun untuk mengurangi bintik hitam pada kulit wajah anda.

5. Mengencangkan pori-pori yang terbuka

Pori-pori yang selalu terbuka lebar memang menjadi sumber dari permasalahan kulit. Mulai dari pori-pori tersumbat, komedo, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Anda bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kembali dengan perawatan menggunakan mentimun. Lakukan perawatan menggunakan mentimun ini secara rutin.

6. Menyamarkan kerutan pada kulit wajah

Kerutan pada kulit wajah bisa anda atasi dengan memanfaatkan masker mentimun. Kandungan pada masker mentimun dapat membuat wajah menjadi lebih halus dan bebas kerutan. Yang perlu anda lakukan adalah selalu rutin merawat kulit wajah menggunakan masker mentimun.

7. Untuk perawatan sunburn/ terbakar matahari

Kulit yang terbakar oleh matahari memang terlihat seperti belang. Ini akan mengganggu penampilan. Lakukan perawatan menggunakan masker mentimun untuk menghilangkan bekas kulit yang terbakar. Timun bisa mengobati kulit anda lebih cepat dari biasanya.

8. Menghilangkan jerawat

Anda juga bisa mengatasi masalah jerawat dengan perawatan rutin menggunakan masker mentimun. Tidak perlu menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Cukup masker mentimun yang anda gunakan untuk perawatan secara rutin. Jerawat akan hilang perlahan tanpa meninggalkan bekas.

Cara membuat masker mentimun

Untuk membuat masker mentimun sangatlah mudah. Tidak perlu repot-repot menyiapkan banyak bahan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Cuci bersih 1-2 mentimun yang sudah matang
  2. Haluskan buh mentimun dengan mengunakan blender
  3. Lalu saring jus mentimun tersebut. Ambil airnya dan buang ampasnya
  4. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan aduk hingga tercampur rata
  5. Tambahkan sediki putih telur lalu aduk hingga menjadi pasta
  6. Masker sudah siap untuk digunakan.

Cara menggunakan masker mentimun

Setelah anda membuat masker mentimun dari awal hingga jadi, sekarang saatnya anda mengaplikasikannya pada kulit wajah anda. Menggunakan masker mentimun ini tidak sulit, silahkan simak caranya:
  1. Cucilah wajah anda dengan air hangat hingga bersih sebelum mengaplikasikan masker mentimun. 
  2. Lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Utamakan pada bagian sekitar mata untuk dioleskan lebih banyak bagi yang memiliki kantong mata tebal.
  3. Setelah itu biarkan hingga kandungan nutrisinya meresap pada pori-pori kulit wajah anda. Tunggu hingga 15-20 menit.
  4. Setelah masker tersebut kering, bilaslah menggunakan air hangat dan bilas lagi dengan mengunakan air dingin agar pori-pori kembali menutup.
  5. Yang terakhir, lap wajah anda dengan menggunakan handuk yang halus. Jangan menggunakan handuk yang kasar atau juga jangan menggosoknya meski menggunakan handuk halus. Lap dengan cara ditepuk-tepuk perlahan agar air meresap pada handuk.
Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Cara Membuat Masker Mentimun untuk Kecantikan Kulit wajah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.