Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manafaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah - Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan keantikan kulit.

Jeruk nipis yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menyegarkan dan menghilangkan bau amis, ternyata juga kita manfaatkan sebagai obat, salah satunya adalah obat batuk. Bukan hanya sebagai obat batuk saja, tapi juga bisa kita manfaatkan untuk perawatan kulit agar lebih sehat dan cantik. Mulai dari kulit wajah, hingga kulit tubuh lainnya.

Berbicara tentang manfaat jeruk nipis, sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Mulai dari menghaluskan, melembutkan, menghilangkan komedo serta jerawat, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah:
Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah
Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Mangatasi jerawat

Jerawat memang sering kali muncul pada kulit wajah. Di waktu yang terduga pun terkadang muncul dalam jumlah banyak. Sehingga kulit wajah terasa tidak nyaman. Banyaknya kotoran yang ada akan menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat. Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Cukup iris jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras dan ambil airnya. Oleskanlah air jeruk nipis pada wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air dingin. Akan sedikit perih, tapi tidak apa-apa.

2. Mencerahkan wajah

Anda juga bisa memanfaatkan buah jeruk nipis ini untuk membuat wajah anda menjadi lebih cerah. Tidak perlu menggunakan kosmetik. Cukup gunakan jeruk nipis yang diambil airnya lalu dicampur dengan sedikit madu. Setelah itu oleskan pada kulit wajah secara merata. Khasiat yang terdapat pada jeruk nipis dan madu mampu diserap dengan baik oleh pori-pori kulit yang akan membuat kulit tampak bersih dan cerah.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah

3. Mengusir kulit kusam

Memiliki wajah kusam memang terasa tidak nyaman. Tapi tenang, anda bisa mengatasi kulit kusam dengan menggunakan jeruk nipis. Anda bisa membuat sebuah masker dari jeruk nipis. Masker tersebut dapat menghilangkan kotoran dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan, dan juga mengatasi kekusaman pada kulit wajah. Anda cukup mengusapkan air jeruk nipis pada wajah anda secara merata. Setelah beberapa saat, bersihkan dengan kapas. Dan bersihkan dengan air.

4. Menghilangkan komedo

Komedo memang terlihat tidak bagus untuk kulit. Membuat kita tidak percaya diri. Tapi anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu gosokkan kedua belahan jeruk nipis pada kulit wajah anda secara perlahan dan merata. Khususnya pada kulit yang terdapat komedo. Kemudian bersihkan dengan air.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi komedo secara cepat

5. Menyegarkan kulit wajah

Jeruk nipis juga mampu membua kulit terasa lebih segar. Komedo dan masalah kulit lainnya akan hilang dan kulit lebih halus dan segar. Anda bisa membuat masker dari jeruk nipis untuk menyegarkan kulit. Dengan menerapkan perawatan ini setiap harinya, kulit wajah akan selalu terasa segar dan nyaman. Pastinya fresh selalu.

6. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati pada kulit wajah memang mengganggu penampilan. Ya, sebab terlihat lebih hitam dari kulit lainnya. Tapi tenang, anda bisa mengatasinya dengan jeruk nipis. Cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit wajah anda. Lakukan secara perlahan disertai dengan pijatan pelan. Setelah itu bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin.

Baca juga : Cara alami mengangkat sel kulit mati 

7. Menghilangkan bekas luka

Apakah anda memiliki bekas luka di kulit wajah? Entah itu bekas luka bakar atau bekas jerawat. Anda bisa menghilangkannya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis mampu mengangkat sel kulit mati termasuk bekas luka. Cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit wajah anda secara merata, khususnya pada kulit yang terdapat bekas luka. Lakukan secara teratur hingga benar-benar hilang.

Baca juga : Cara alami menghilangkan bekas luka dengan cepat dan aman

Cara paling sederhana membuat masker wajah dari jeruk nipis

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, kini anda perlu tahu tentang bagaimana caranya membuat masker dari jeruk nipis. Sebenarnya caranya banyak, namun ada cara yang paling sederhana yang bisa anda coba. Berikut ini cara yang paling sederhana untuk membuat masker wajah dari jeruk nipis:
  • Poting jeruk menjadi dua bagian, lalu peras hingga keluar airnya.
  • Sebelaum dioleskan pada wajah, cuci wajah hingga bersih dengan air yang bersih, lalu keringkan.
  • Setelah itu, oleskan perasan air jeruk nipis pada kulit wajah secara merata. Ingat, hanya airnya saja. Oleskan secara merata ke seluruh kulit wajah.
  • Setelah didiamkan selam 20-30 menit, khasiatnya akan meresap ke dalam kulit wajah.
  • Kemudian basuh muka anda dengan air bersih.
  • Seketika anda akan melihat perubahan wajah anda yang lebih cerah dan lebih bersih setelah melakukan perawatan masker ini
  • Lakukan cara ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Demikianlah informasi tentang Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.