Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Lidah buaya atau aloe vera merupaakan tumbuhan yang sudah dikenal sejak dahulu bisa menyuburkan rambut, menyembuhkan luka, dan bisa pula untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini banyak ditemukan di kawasan Afrika, Asia dan Eropa, tumbuhan ini umumnya tumbuh di kawasan kering.

Seiring dengan berkembangnya zaman serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tanaman  lidah buaya banyak dimanfaat sebagai bahan baku industri kosmetiak dan farmasi, selain itu juga industri minuman kesehatan dan bahan makanan. Lidah buaya merupakan potensi besar sebagai tanaman obat dan bahan baku industri farmasi.

Dari hasil penelitian para ahli, lidah buaya dipercaya kaya akan kandungan zat-zat seperti asam amino, enzim, vitamin, mineral dan kandungan lainnya. Pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan beberapa manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Lidah buaya sudah dikenal sejak dahulu bisa berfungsi melancarkan pencernaan. Salah satu kunci dari tubuh yang sehat yaitu dengan pencernaan yang sehat, karena kalau pencernaan yang buruk bisa berakibat timbul berbagai macam penyakit.

2. Mengatasi diabetes

Buat anda yang lagi menderita diabetes ada solusi obat alami yang mungkin bisa jadi pilihan buat anda, yaitu dengan menggunakan lidah buaya, caranya yaitu dengan merebus lidah buaya yang telah dibuang durinya dengan 3 gelas air dan menyisakan air tinggal setengahnya. Ramuan ini bisa dikonsumsi 3 kali sehari dengan sekali minum setengah gelas.

Baca juga : Penyebab dan cara mencegah diabetes diusia muda

3. Mengobati luka

Lidah buaya mempunyai banyak fungsi, diantaranya yaitu bisa mengobati luka ringan, seperti luka bakar ringan, luka memar atau lecet dan lainnya. Disamping itu juga bisa mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.

4. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Sebagaimana rumput laut, lidah buaya juga mengandung gelatin yang berfungsi bisa mengeluarkan racun dalam tubuh bersama kotoran. Proses tersebut jelas bisa menguntungkan bagi kita.

5. Mengobati wasir

Siapakan 2 sendok madu bersama setengah batang lidah buaya dan setengah cangkir air matang. Cara pembuatannya yaitu parut lidah buaya kemdian tambahkan setengan cangkir air matang dan madu. Aduk-aduk sampai rata kemudian minum 3 kali sehari.

6. Membantu menurunkan berat badan

Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya maka sistem pencernaan kita bisa lebih bersih, karena setiap pola makan yang bisa menyebabkan kelainan pada sistem pencernaan bisa dinetralisasi oleh jus lidah buaya. Selain bisa memperlancar buang air besar lidah buaya juga bisa mengenyangkan.

7. Melawab peradangan

Kandungan zat-zat yang ada dalam lidah buaya bisa mencegah dan mengurangi peradangan, selain itu lidah buaya juga bisa mengatasi masalah nyeri sendi, bengkak dan kaku.

Manfaat untuk kecantikan

1. Menghilangkan jerawat

Ambil beberapa lidah buaya secukupnya, lalu belah dan ambil lendirnya dari lidah buaya. Oleskan pada wajah yang berjerawat kemudian diamkan sekitar 15 menit lalu basuh dengan air yang hangat. Lakukan cara seperti ini sehari sekali.

Baca juga : Cara ampuh atasi jerawat dalam semalam

2. Menghilangkan flek hitam

Pertama-tama cuci muka dulu menggunakan air bersih, kemudian ambil jelly dari lidah buaya dan bersihkan lendir-lendirnya. Oleskan pada muka dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas muka dengan air bersih dan keringkan. Lakukan langkah ini sehari 2 kali secara rutin.

Baca juga : Cara alami menghilangkan flek hitam pada kulit wajah

3.  Melembabkan kulit wajah

Mulai sekarang anda tidak perlu lagi menggunakan produk-produk bahan kimia dalam melembabkan kulit, karena sesungguhnya banyak tanaman-tanaman yang bermanfaat buat kecantikan yang lebih alami, salah satunya yaitu lidah buaya ini, selain itu lidah buaya juga bisa menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.

Baca juga : Cara alami melembabkan kulit wajah yang kering

4. Penyubur rambut

Ambil lidah buaya yang masih segar secukupnya saja kemudian belah, ambillah bagian dalam lidah buaya yang seperti agar-agar, lalu gosok-gosokkan ke kulit kepala setelah mandi sore, kemudian bungkuslah dengan kain. Pada keesokan harinya rambut langsung dicuci, ulangi langkah ini secara rutin sampai 3 bulan niscaya akan terasa hasilnya.

5. Luka bakar dan tersiram air panas

Cuci bersih lidah buaya lalu ambil bagian dalamnya, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar atau tersiram air panas.

6. Mengatasi bisul

Cara yaitu dengan melumatkan lidah buaya dan menambah sedikit garam.

7. Untuk kesehatan bulu mata

Caranya pertama-tama cuci bulu mata terlebih dahulu kemudian ambil jelly lidah buaya dan oleskan pelan-pelan pada bulu mata anda. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

8. Menyuburkan alis

Manfaat lainnya dari jelly lidah buaya yaitu bisa menyuburkan alis mata, caranya yaitu sebelum tidur oelskan jelly lidah buaya pada bulu mata, lalu ketika bangun tidur cuci dengan air bersih. Lakukan cara ini rutin setiap hari agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

9. Untuk perawatan kulit

Caranya yaitu ambil sepotong lidah buaya lalu ambil jellynya, hancurkan jellynya kemudian oleskan pada kulit pada saat menjelang tidur. Cara tersebut bisa membuat kulit menjadi lebih lembut, tampak bersinar dan bebas jerawat.

10. Pembersih makeup

Caranya yaitu cukup ambil jelly lidah buaya lalu oleskan untuk membersihkan makeup, cara ini cukup baik karena jelly lidah buaya tidak meninggalkan iritasi.

11. Mengatasi ketombe

Lidah buaya sudah dikenal sejak dahulu bisa mengatasi ketombe oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu juga banyak produk-produk sampo yang berbahan dasar lidah buaya ini. Ada beberapa penyebab munculnya ketombe, diantaranya yaitu karena kulit mati, karena munculnya malassezia dan jamur lemak yang dapat hidup pada kulit kepala. Lidah buaya mempunyai sifat anti jamur yang bisa melawan jamur agar tidak tumbuh lagi.

Baca juga : Cara alami mengatasi ketombe dengan cepat

Keterangan

* Hindari menggunakan lidah buaya bagi ibu hamil dan wanita yang sedang mengalami haid, karena lidah buaya bisa meluruhkan haid.
* Hindari konsumsi lidah buaya bagi orang yang mengalami lemah kandungan dan limpa.
* Jika ingin mengkombinasikan dengan tanaman lain maka sebaiknya lidah buaya jangan direbus tap dibuat bubuk atau pil.

Demikianlah informasi tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.