Cara Alami dan Cepat Atasi Ketombe

rina

Cara alami dan cepat atasi ketombe - Ketombe adalah salah satu masalah rambut dan kulit kepala yang sangat mengganggu kenyamanan serta penampilan seseorang. Sebab, dengan adanya ketombe ini, kulit kepala menjadi gatal dan ketombenya pun terkadang berjatuhan di pakaian yang dikenakan.

Ketombe biasanya disebabkan karena kurangnya perawatan pada rambut. Tidak pernah melakukan dan juga sering memaparkan rambut secara langsung pada sinar matahari dan radikal bebas. Inilah yang menyebabkan rambut menjadi rusak dan kulit kepala tidak sehat yang akhirnya muncul ketombe. Bukan hanya itu, perawatan yang salah pun bisa menyebabkan munculnya ketombe. Untuk itu anda harus melakukan perawatan secara rutin dan dengan produk yang cocok serta cara yang benar.

Untuk mengatasi ketombe, sebenarnya ada banyak cara yang bahkan cepat dan mudah. Namun sebelum melakukan perawatan, ada baiknya anda mengetahui apa saja penyebab datangnya ketombe. Berikut ini beberapa penyebab ketombe:
Cara Alami dan Cepat Atasi Ketombe
Cara Alami dan Cepat Atasi Ketombe

Penyebab ketombe

  1. Memakai sisir sembarangan atau sisir bekas orang lain yang tidak pernah menjaga kebersihan rambutnya.
  2. Iklim cuaca panas (Terpapar sinar matahari secara langsung).
  3. Mengikat rambut yang masih dalam keadaan basah.
  4. Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok.
  5. Masih tersisa shampo pada kulit kepala yang tidak dibasuh dengan bersih.
  6. Stres atau banyak pikiran.
  7. Kulit yang sensitif atau alergi.
  8. Terlalu sering keramas menggunakan shampo anti ketombe. (keramas cukup 2 kali seminggu).

Cara alami dan cepat atasi ketombe

Rambut yang berketombe juga menandakan kalau kulit kepala anda kekurangan nutrisi dan vitamin. Hal ini menyebabkan rambut menjadi kering dan berketombe. Anda bisa mendapatkan nutrisi dan vitamin untuk rambut dari bahan-bahan alami. Anda bisa melakukan perawatan dengan lebih cepat menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi ketombe:

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sangat baik untuk dijadikan bahan perawatan kulit kepala. Kandungan vitamin C didalamnya dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Cukup membelah jeruk nipis dan gosokkan pada kulit kepala. Bila ada luka biasanya akan terasa perih, namun ini tidak menjadi masalah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah dipercaya dapat merawat rambut dan mempercantik rambut. Bahkan telah banyak produk kecantikan rambut yang berbahan dasar lidah buaya. Anda bisa memanfaatkannya secara langsung, yaitu dengan mengupas dan mengambil gelnya. Gosokkan gel lidah buaya pada kulit kepala merata. Kulit kepala dan rambut akan ternutrisi dengan baik.

3. Minyak almond

Minyak almond memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Minyak almond ini dapat membantu mengatasi ketombe pada kulit kepala. Anda bisa menggunakan minyak almond ini setelah keramas. Oleskan pada kulit kepala anda merata. Tutup dengan handuk kering dan tunggu 30 menit. Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun agar lebih maksimal.

4. Garam

Garam memiliki kandungan alami yang sangat baik untuk mengatasi masalah ketombe. Garam bisa berfungsi sebagai exfoliator alami atau pembersih alami untuk rambut. Anda cukup mencampurkan garam dengan air dan usapkan pada kulit kepala anda. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

5. Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang biasanya digunakan sebagai campuran masakan atau makanan agar terasa lebih sedap. Meskipun cuka memiliki bau yang lumayan menyengat, tapi cuka sangat efektif mengatasi ketombe. Zat asam yang terkandung didalamnya dapat mengangkat sel kulit mati di kepala. Anda cukup oleskan cuka setelah keramas. Tunggu selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.

6. Baking soda

Biasnya baking soda digunakan untuk membuat adonan roti dan sebagainya. Namun sebenarnya baking soda bisa anda manfaatkan untuk mengatasi ketombe. Tapi ingat, jangan berlebihan agar tidak terjadi iritasi. Campurkan baking soda dengan air hangat lalu oleskan pada kulit kepala merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Minyak zaitun

Sama halnya minyak almond. Minyak zaitun juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi ketombe. Khasiat yang terdapat pada minyak zaitun ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Anda cukup mengoleskannya secara langsung pada kulit kepala anda secara merata setelah keramas. Sertakan pijatan lembut. Tunggu 30 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin.

8. Daun pandan

Daun pandan biasanya dipakai untuk menyedapkan aroma setiap masakan. Namun anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan ketombe. Kandungan mineral alami pada daun pandan ini sangat berkhasiat untuk menutrisi rambut. Cuci bersih 5-8 lembar daun pandan. Remas-remas hingga hancur. Seduhlah dengan air hangat. Oleskan seduhan air pandan tersebut pada kulit kepala anda. Pijat perlahan dan bilas dengan air bersih.

9. Kangkung

Kangkung memang terasa sangat nikmat jika dijadikan masakan sepert tumis. Namun kangkung juga bisa memberikan kenyamanan jika digunakan untuk perawatan rambut. Kandungan alami pada kangkung dapat mengatasi ketombe. Rebuslah kangkung secukupnya. Setelah mendidih lalu saringlah dan ambil airnya. Bilaskan air tersebut pada kulit kepala anda. Tunggu 30 menit dan bilas hingga bersih.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami dan Cepat Atasi Ketombe. Ketombe merupakan masalah rambut yang kerap membuat kita menjadi tidak percaya diri, sehingga harus segera kita atasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.