Gejala, Penyebab dan Cara Alami untuk Mengobati Sariawan

rina

Penyebab sariawan dan cara alami untuk mengobatinya - Sariawan adalah salah satu penyakit mulut yang mengganggu kenyamanan dan kenikmatan saat makan ataupun minum. Ya, mau makan makanan apapun, meski makanan yang dimakan itu enak, nikmat, atau lezat, kita tetap tidak bernafsu makan. Nafsu makan kita menjadi berkurang karena sariawan tersebut.

Berbicara tantang sariawan. Biasanya sariawan ini memiliki gejala dengan rasa perih, bentuknya bulat berwarna putih. Biasanya sariawan disebabkan karena tergigit oleh gigi kita sendiri saat makan, atau karena penyebab lainnya. Untuk mengatasi masalah sariawan ini sebenarnya tidaklah sulit. Anda tidak perlu membeli obat yang dijual bebas. Anda bisa memanfaatkan cara alami menggunakan bahan alami.

Sariawan memang sangat mengganggu kenyamanan makan maupun minum, apalagi yang memiliki rasa asam, pasti langsung terasa perih. Nah, oleh sebab itu anda harus mengobatinya. Namun sebelum itu, ketahuilah beberapa gejala dan penyebab sariawan berikut ini:
Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya
Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya

Gejala-gejala sariawan

  • Terdapat luka berwarna putih yang biasa muncul pada bagian lidah atau dinding mulut.
  • Terasa seperti terbakar pada lidah.
  • Rasa sakit saat menelan makanan atau minuman.
  • Rasa tidak nyaman dalam mulut.

Penyebab sariawan

  • Kebersihan mulut tidak terjaga dengan baik.
  • Penggunaan obat-obat tertentu, seperti antibiotik atau kortikosteroid.
  • Kekebalan tubuh yang menurun.
  • Penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai prosedur.
  • Tergigitnya lidah, pipi, atau bibir.
  • Pemakaian kawat gigi atau peralatan serta asesoris gigi yang tajam.
  • Penyakit gigi atau infeksi mulut.
  • Nginang atau mengunyah tmbakau.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas.
  • Alergi terhadap makanan atau minuman tertentu serta obat-obatan tertentu.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti kemoterapi, antibiotik, obat untuk rheumatoid arthritis, atau obat epilepsi.
  • Penyakit autoimun yang mempengaruhi lapisan mukosa mulut, seperti penyakit lupus, corhn, atau penyakit behcet.
  • Paparan sinar radiasi saat pengobatan kanker.

 Cara alami mengobati kanker

1. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya baik untuk mengobati sakit perut saja, tapi juga dapat mengobati sariawan. Anda cukup menumbuk atau menghaluskan daun jambu biji, lalu tempelkan pada bagian yang terkena sariawan. Atau anda bisa langsung mengunyah daun jambu biji yang sudah bersih. Setelah selesai lalu berkumurlah.

2. Konsumsi jeruk

Jeruk sangat kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mengatasi masalah sariawan. Ketika mengkonsumsi jeruk, memang pada awalnya terasa perih, namun jeruk memiliki kandungan yang efektif menyembuhkan sariawan. Anda cukup mengkonsumsi jeruk secara rutin jika anda mengalami sariawan.

3. Berkumur dengan air garam

Sama seperti halnya gigi anda sedang sakit, berkumur dengan air garam juga bisa menyembuhkan sariawan yang anda alami. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat yang dicampur dengan garam secukupnya. Lalu aduk hingga tercampur, gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

4. Ramuan pisang dan madu

Kombinasi antara pisang dengan madu memang sangat cocok untuk mengatasi sariawan. Selain rasanya yang lezat, campuran kedua bahan tersebut bisa menyembuhkan sariawan yang anda alami. Cukup haluskan buah pisang, campurkan madu secukupnya, lalu oleskan pada bagian yang terdapat sariawan. Hal ini akan dapat mencegah terjadinya peradangan.

5. Air kelapa

Air kelapa, selain memiliki rasa yang menyegarkan juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu sangat efektif mengobati sariawan. Minumlah air kelapa dan juga gunakan untuk berkumur. Selain menghidrasi tubuh juga dapat menyembuhkan sariawan anda.

6. Yogurt

Yogurt dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri pada mulut dan tubuh. Sehingga dapat juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Anda cukup mengkonsumsi yogurt secara rutin agar sariawan bisa cepat sembuh. Mengkonsumsi yogurt secara rutin juga dapat membantu mencegah sariawan datang kembali.

7. Bawang putih dan pepaya

Anda juga bisa mengobati sariawan anda dengan memanfaatkan campuran bahan alami yaitu bawang putih dengan pepaya. Yang perlu anda lakukan adalah dengan menempelkan bahan-bahannya pada bagian yang terkena sariawan.

8. Minyak kelapa dan madu

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membantu menghilangkan bakteri penyebab sariawan. Anda hanya cukup mengoleskan air kelapa yang dicampur dengan madu pada bagian yang terkena sariawan. Lakukanlah setiap anda menjelang tidur.

9. Kunyit

Kunyit adalah salah rempah-rempah yang memiliki khasiat istimewa bagi kesehatan tubuh. Telah banyak yang memanfaatkan kunyit sebagai bahan obat tradisional. Selain untuk obat pencernaan dan lambung, anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk menyembuhkan sariawan.

10. Istirahat cukup dan hindari stres

Selain melakukan pengobatan secara langsung, anda juga harus melakukan pengobatan secara tidak langsung, yaitu dengan menjaga kesehatan anda dengan baik, dengan cara istirahat yang cukup, menjaga pola hidup sehat dengan baik, dan juga hindari stres. Hal ini akan dapat membantu anda lebih cepat menyembuhkan sariawan.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.