Sejuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sejuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Madu merupakan salah satu bahan alami yang di dalamnya banyak mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, baik itu dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Anda pasti penasaran dengan isinya bukan? Untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Sejuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sejuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sejuta manfaat madu untuk kesehatan

1. Kesehatan kulit

Madu memiliki kandungan sifat anti bakteri dan anti jamur, itu sebabkan madu bisa berkhasiat mengobati dan mencegah timbulnya jerawat. Selain meminum campuran madu dan air hangat juga bisa membuat kulit menjadi cerah.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Diantara manfaat madu yaitu bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap batuk dan dingin, minuman yang berasal dari madu juga bisa membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan kekuatan tubuh dalam melawan penyakit.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Campuran air hangat dan madu dipercaya bisa menguatkan metabolisme tubuh, sistem pencernaan juga akan semakin lancar, selera makan anda juga akan menjadi lebih baik serta bisa meningkatkan kekuatan tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit.

4. Mencegah dehidrasi

Campuran antara air hangat dan madu juga bisa menambah cairan pada tubuh anda. Sehingga anda akan tetap terhidrasi serta energik sepanjang hari.

5. Baik untuk pencernaan

Madu memiliki enzim yang bisa membantu anda mencerna makanan. Jika anda memiliki masalah pada sistem pencernaan maka sebaiknya anda meminum antara campuran madu dan air hangat setelah makanan inti.

6. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah

Meskipun memiliki rasa yang lebih manis dari gula, namun madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap dalam aliran darah secara bertahap. Madu juga merupakan alternatif dalam pemanis yang paling aman dibandingkan dengan gula ataupun gula sintensis. Dalam beberapa penelitian mengatakan jika sebenarnya madu bisa menurunkan glukosa darah.

7. Meringankan penyakit pernapasan

Madu sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit pernapasan. Para peneliti menemukan bahwa madu bisa mengatasi bronkitis kronis, asma, alergi, sinusitis dan rinitis. Madu sangat efektif untuk mengobati pilek, infeksi pernapasan dan flue.

8. Mengobati batuk

Beberapa peneliti mengatakan jika rasa manis yang terdapat dalam madu bisa bisa memicu munculnya produksi lendir dan air liur. Kondisi semacam itu bisa membantu mengatasi batuk kering berdahak secara alami.

9. Mempercepat penyembuhan luka

Jika anda kebetulan sedang terluka, anda bisa mengoleskannya madu pada bagian yang sakit tersebut. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi infeksi, mengurangi rasa sakit, mengurangi nanah, serta bau yang tidak sedap pada kaki.

10. Mengobati asam urat

Asam urat biasa menyerang mereka yang sudah usia lanjut. Tingginya kadar purin dalam tubuh dipercaya bisa menjadi pemicu asam urat. Agar purin tidak diubah menjadi asam urat berlebih, maka konsumsilah madu secara rutin 3 sampai 4 sendok dalam sehari..

11. Mencegah penyakit kanker dan jantung

Dua penyakit berbahaya yang palng mematikan tersebut dipercaya bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi madu. Madu mengandung flavonoid dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker.

12. Meningkatkan daya ingat

Menurut beberapa peneliti dari Reuters, dari 102 wanita yang menopause diharuskan untuk mengkonsumsi 20 gram madu dalam sehari. Jika hal tersebut bisa rutin dilakukan, niscaya daya ingat anda akan menjadi lebih kuat.

13. Menurunkan berat badan

Kombinasi antara air hangat dengan madu bisa membakar lemak, karenanya minumlah segelas ramuan tersebut setiap pagi agar anda bisa menurunkan timbunan lemak ekstra yang ada di dalam tubuh.

Manfaat madu untuk kecantikan

1. Madu dengan perpaduan herbal lainnya dipercaya bisa mengatasi masalah jerawat
2. Madu digunakan bersama herbal lain untuk mengatasi komedo
3. Menghilangkan flek hitam
4. Menghilangkan bekas jerawat
5. Mencerahkan kulit wajah
6. Memberikan kulit wajah yang lebih halus
7. Mencegah timbulnya jerawat
8. Bisa digunakan sebagai masker wajah
9. Membuat kulit wajah tampak bersinar dan berseri-seri
11. Bisa menghilangkan iritasi kulit dan alergi
12. Mencegah timbulnya jerawat
13. Mencegah penuaan dini
14. Mencegah kulit keriput
15. Mencegah kulit kehitaman saat tua

Manfaat untuk rambut

1. Madu bisa membuat rambut menjadi lebih lurus
2. Madu bisa membasmi "buah rambut"
3. Madu bisa menghilangkan rambut bercabang
4. Madu bisa membuat rambut menjadi lebih kuat
5. Madu bisa menghitamkan rambut

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.