Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat

Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat - Berat badan yang berlebihan memang terasa sangat merepotkan. Mau kemanapun harus membawa bobot yang berat, sehingga terasa berat. Bukan hanya itu, berat badan berlebih juga menggangu penampilan. Penampilan yang tidak maksimal karena perut yang besar membuat kita menjadi tidak percaya diri saat berada di depan banyak orang.

Naiknya berat badan bisa disebabkan oleh banyak hal. Pada dasarnya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Ya, sperti pola makan yang tidak teratur dan sembarangan, hingga tidak pernah olahraga serta malas-malasan. Inilah yang menjadi penyebab kebanyakan orang mengalami kenaikan berat badan dengan cepat. Sebab lemak dan kolesterol dalam tubuh terus menumpuk dan menumpuk.

Lalu bagaimana caranya agar berat badan bisa turun lebih mudah? Ada banyak cara yang sebenarnya bisa anda lakukan. Yang paling penting dalah menerapkan pola hidup yang sehat, makan teratur, dan pilih makanan dengan kandungan gizi cukup. Untuk menurunkan berat badan, anda tidak perlu mengkonsumsi pil atau obat. Anda hanya perlu menggunakan cara alami dengan bahan alami. Lebih efektif, aman, dan cepat. Berikut ini cara menurunkan berat badan seara alami dan cepat:
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat
Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat

1. Jangan tinggalkan sarapan

Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan ternyata memilih jalan yang sebenarnya keliru. Ya, meninggalkan sarapan demi berat badan turun. Justru ini cara yang salah. Meninggalkan sarapan justru akan berdampak buruk pada program diet anda. Meninggalkan sarapan dapat memperlambat proses metabolisme tubuh. Lakukanlah sarapan dengan makanan yang kaya akan gizinya. Seperti serat, protein, dan gizi lainnya.

2. Awali dengan air putih

Cara yang paling aman dan cepat serta efektif menurunkan berat badan adalah sengan memperbanyak minum air putih. Mengawali apapun dengan minum air putih. Seperti ingin makan, minumlah air putih terlebih dahulu, agar anda tidak berkeinginan untuk makan berlebih. Dengan minum air putih akan membantu menghidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme.

Baca juga : Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan

3. Banyak bergerak atau olahraga

Perbanyaklah olahraga anda. Jangan hanya malas-malasan saja. Meskipun anda bekerja di perusahaan, anda juga perlu waktu sendiri untuk olahraga. Misalkan di pagi hari, kalau tidak bisa cukup dihari libur saja, yaitu akhir pekan atau hari libur lainnya. Banyaklah bergerak, dengan banyak bergerak ini akan dapat membantu mengurangi lemak dalam tubh anda.

4. Makan makanan kaya serat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan seratnya sangatlah penting untuk anda lakukan. Sebab serat sangat berpengaruh penting pada proses penurunan berat badan. Anda bisa mendapatkan makanan berserat ini dari buah-buahan atau sayuran. Misalnya, pir, pisang, pepaya, dan jambu biji. Sedangkan sayur, misal brokoli, labu, bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, dan sayur hijau lainnya.

5. Ganti makanan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks

Karbohidrat adalah kandungan yang merupakan sumber dari energi dan gula. Namun jenis karbohidrat sederhana susah untuk diserap oleh tubuh, sehingga cenderung tertimbun dan menjadi lemak. Kalau hal ini selalu terjadi, maka akan dapat membuat berat badan anda naik. Biasanya karbohidrat sederhana ini teradapt pada mise, pasta, nasi, dan lainnya. Anda bisa menggantinya dengan karbohidrat komplek seperti beras merah, oat meal, sereal, dan jenis kacang-kacangan.

6. Diet sehat

Lakukanlah diet sehat selama anda berkeingnan untuk menurunkan berat badan. Jangan sesekali melakukan diet ketat yang hanya menyiksa. Diet yang sehat akan dapat membantu anda menurunkan berat badan dengan mudah, cepat, dan tidak merugikan tubuh anda. Diet sehat ini sangat aman untuk anda lakukan. Anda cukup mengatur makanan sehari-hari anda dan olahraga serta istirahat yang cukup.

7. Hindari makan diatas jam 9 malam

Jika anda merasa lapar di malam hari, maka makanlah sebelum jam sembilan. Jangan sampai lewat dari jam sembilan. Sebab makan di malam hari yang menjelang pertengahan akan dapat membuat tubuh anda sulit untuk memproses makanan dengan sempurna. Sehingga makanan yang anda konsumsi akan menjadi tumpukan lemak dalam tubuh.

8. Hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi

Jika anda ingin segera menurunkan berat badan, maka hindarilah berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan lemak maupun kalori. Mungkin kalau sedikit tidak menjadi masalah, asal tidak sering. Yang pasti jangan berlebihan dan kalau bisa hindarilah makanan berlemak dan berkalori seperti daging, gorengan, junk food, dan makanan berlemak dan berkalori lainnya.

Baca juga : Manfaat dan bahaya daging merah untuk kesehatan

Penyebab kegagalan dalam menurunkan berat badan

Memang yang namanya menurunkan berat badan itu tidak semudah kita berucap. Kita telah berusaha kerasa dan berat badan bisa turun, namun ternyata hal itu malah membuat berat badan kembali naik lebih tinggi, lebih parah dan lebih melar. Tahukah mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena ada beberapa hal terlarang yang masih sering dilakukan.

1. Balas dendam setelah melakukan olahraga

Memang olahraga itu harus dilakukan oleh setiap orang. Terutama bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Namun setelah anda melakukan olahraga dan merasa lelah serta lapar, jangan berniat untuk balas dendam. Ya, jangan balas dendam untuk makan lebih banyak. Sebab ini akan percuma dan membuat rencana anda menjadi gagal. Anda merasa lapar selepas olahraga adalah hal yang wajar karena banyaknya kalori yang keluar dari dalam tubuh. Makanlah sewajarnya saja.

2. Begadang

Begadang adalah salah satu hal yang tidak menyehatkan tubuh. Dengan begadang akan dapat menyebabkan metabolisme dalam tubuh anda menjadi terganggu. Anda akan menjadi lebih mudah lapar dan bahkan akan menyantap makanan apapun yang ada didepannya. Makanan berlemak dan berkalori tinggi pun mungkin akan disantap. Sebab itu kurangilah tidur terlalu malam. Tidurlah pada waktunya dan dengan takaran waktu yang pas.

3. Telat makan

Telat makan merupakan salah satu penyebab gagalnya diet anda. Telat makan akan membuat anda menjadi lapar dan menyebabkan anda berkeinginan untuk balas dendam. Ya, makan lebih banyak karena tadi tidak makan. Telat makan akan membuat anda makan dengan jumlah porsi yang berlebihan. Hindarilah telat makan. Jika anda sudah mulai merasakan tanda-tanda lapar, maka segeralah ambil makanan untuk mengisi perut anda.

Demikianlah informasi tentang Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat. Lakukan cara diatas agar berat badan dapat anda turunkan dengan cepat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.