Sejuta Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

rina

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan - Jambu biji adalah salah satu buah yang memang sejak dulu sudah dipercaya akan manfaat dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan juga kecantikan. Jambu biji dipercaya mampu menaikkan trombosit darah dan juga mengatasi masalah mencret.

Berbicara tentang jambu biji, memang buahnya terasa enak dan juga bermanfaat. Tapi tahukah anda, bukan hanya buahnya saja yang bisa anda konsumsi atau anda manfaatkan. Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk mengatasi masalah kesehatan maupun kecantikan. Daun jambu biji mengandung zat alami yang dapat mengobati penyakit tertentu. Kandungan antioksidan, antiseptik, dan antiinflamasi pada daun jambu biji ini mampu menjaga kesehatan dan merawat kecantikan kulit.

Mungkin anda masih penasaran apa saja sih manfaat dari daun jambu biji. Ada banyak manfaat daun jambu biji untuk kesehatan maupun kecantikan yang belum diketahui oleh banyak orang. Berikut ini manfaat daun jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan:

Sejuta Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sejuta Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Obat diare dan disentri

Daun biji bisa anda manfaatkan untuk mengobati masalah diare maupun disentri. Cukup siapkan 30 gram daun jambu biji dan segenggam tepung beras. Rebuslah dengan air 1-2 gelas. Setelah mendidih dan dingin, minumlah 2 kali sehari. Atau anda bisa mengunyahnya secara langsung sebanyak 2-3 daun jambu biji. Lakukan 2 kali sehari.

Baca juga : Cara alami cepat dan aman atasi diare

2. Memperbaiki pencernaan

Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji sebagai obat pencernaan. Cukup gunakan teh daun jambu biji sebagai minuman sehari-hari. Anda bisa menjadikan daun jambu biji sebagai teh maupun jus. Cara ini sangat berkhasiat dalam mencegah keracunan makanan.

3. Obat sariawan

Jika anda sariawan, jangan panik. Anda bisa mengatasi masalah sariawan dengan menggunakan daun jambu biji. Siapkan segenggam daun jambu biji segar dan satu jari kulit batang pohon jambu biji, lalu rebus semua bahan dengan seliter air. Saring airnya lalu minumlah 2 kali dalam sehari.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengobati sariawan 

4. Obat beser

Beser atau sering buang air kecil memang sangat mengganggu. Atasilah dengan menggunakan daun jambu biji. Cucilah 3 pucuk daun jambu biji. Makanlah daun tersebut dengan tambahan sedikit garam dan sedikit merica. Makanlah di siang dan malam hari selama 2 hari.

5. Obat ambeien

Untuk mengatasi masalah ambeien menggunakan daun jambu biji, anda cukup menyiapkan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dan 1 pisang batu. Bersihkan semua bahan, namun pisang tidak perlu dikelupas. Lalu tumbuklah semua bahan. Gaunakanlah airnya perasannya untuk diminum setiap hari secara rutin.

6. Penurun berat badan

Jika anda ingin melancarkan program diet anda, anda bisa memanfaatkan daun jambu biji. Daun jambu biji mampu menurunkan berat badan secara alami. Konsumsilah jus daun jambu biji secara rutin agar berat badan bisa turun secara perlahan.

7. Mengobati alergi

Jika anda memiliki penyakit alergi, baik itu alergi makanan, air, suasana, atau apapun, anda bisa mengatasinya dengan daun jambu biji. Senyawa dalam daun jambu biji mampu mencegah pelepasan histamin yang merupakan penyebab utama alergi.

8. Mengobati luka

Luka pendarahan yang anda alami juga bisa anda obati dengan menggunakan daun biji. Sifat anti inflamasi  dan juga kandungan astringent pada daun jambu biji mampu menghentikan pendarahan. Tumbuklah 3 pucuk daun jambu biji hingga halus. Lalu tempelkan pada luka tubuh anda.

9. Mengobati masalah mulut

Jika anda memiliki masalah pada mulut, obatilah dengan menggunakan daun jambu biji. Seperti sakit gigi, gusi bengkak, tenggorokan, dan lainnya, anda bisa mengaasi dengan ramuan daun jambu biji. Gilinglah daun jambu biji hingga seperti pasta. Lalu tempelkan pada yang sakit bagian mulut.

10. Mengatasi perut kembung

Perut kembung, baik itu pada anak-anak maupun dewasa bisa anda atasi dengan daun jambu biji. Siapkan 3 lembar daun jambu biji, setengah jari kulit batang pulosari, dan 5 butir adas. Rebuslah semua bahan dengan 3 gelas air. Tunggu hingga airnya tinggal segelas. Saring air dan minumlah.

11. Obat demam berdarah

Jika anda terserang demam berdarah, anda bisa mengobati dengan daun jambu biji. 5 Lembar daun biji yang anda rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, lalu minumlah 4 jam sekali hingga sembuh. Lakukan secara rutin agar demam berdarah tidak menjadi parah.

12. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh anda bisa anda turunkan dengan memanfaatkan dau jambu biji. Cucilah 7 lembar daun jambu biji muda, 2 genggam daun ceremai, dan 10 lembar daun sirih. Rebuslah semua bahan dengan air 3 gelas. Setelah mendidih, minumlah air rebusan tersebut 1/2 gelas di pagi hari dan 1/2 gelas di malam hari. Lakukanlah secara rutin. 

13. Mencegah kanker prostat

Masalah kanker prostat memang penyakit yang ditakuti oleh semua orang. Untuk mencegahnya agar anda tidak terserang kanker tersebut. Konsumsilah jus daun jambu biji secara rutin. Buatlah jus daun jambu biji secukupnya dan minumlah secara teratur.

14. Mengatasi jerawat dan bintik hitam

Jerawat pada kulit wajah anda sangatlah mengganggu penampilan dan kenyamanan. Bukan hanya jerawat, tapi juga komedo dan bintik hitam dan masalah kulit lainnya. Anda bisa mengatasinya dengan daun jambu biji. Tumbuklah daun jambu biji hingga halus dan tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat dan terdapat bintik.

15. Anti penuaan

Selain mengatasi jerawat dan bintik hitam, daun jambu biji juga bisa mengatasi masalah penuaan dini. Perawatan menggunakan daun jambu biji bisa membantu menjaga kulit wajah anda tetap awet muda dan terhidar dari penuaan dini. Kandungan antioksidan pada daun jambu biji dapat melindaungi kulit dari radikal bebas.

16. Meredakan gatal

Kulit yang gatal-gatal juga bisa anda atasi dengan menggunakan daun biji. Obat alami ini memiliki kandungan alami yang dapat meredakan gatal dan mengatasi benjolan akibat gatal. Cukup haluskan daun jambu biji dan tempelkan pada kulit yang gatal.

17. Mengobati rambut rontok

Anda juga bisa mengatasi masalah rambut rontok dengan daun jambu biji. Jadi, tidak hanya lidah buaya yang bisa mengatasi rambut rontok. Untuk menggunakan daun biji sebagai bahan perawtaan rambut, cukup rebus segenggam daun jambu biji dalam satu liter air selama 20 menit. Setelah mendidih dan dingin, terapkan pada kulit kepala anda merata. Sertakan pijatan perlahan.

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.