Manfaat Dan Efek Samping Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Efek Samping Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan - Air kelapa merupakan minuman yang sangat diminati di Indonesia. Selain rasanya yang manis dan segar, air kelapa juga banyak mengandung khasiat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh sangat banyak sekali.

Memang tidak diragukan lagi jika air kelapa ini memiliki segudang manfaatnya, manfaat yang paling umum yaitu bisa menvegah dehidrasi. Banyak produk-produk bahan makanan dan minuman yang berbahan dasar air kelapa karena memang diminati dan menyehatkan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat dan efek samping air kelapa muda untuk kesehatan. Agar anda tidak penasaran langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat dan efek samping air kelapa muda untuk kesehatan.
Manfaat Dan Efek Samping Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Kandungan buah kelapa

Vitamin C
Asam Pantotenat
Asam nikotinat
Biotin
Riboflavin
Asam folat

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan

1. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa bisa mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare. Mengkonsumsi air kelapa setelah berolah raga sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Orang yang bekerja keras sangat baik untuk mengkonsumsi air kelapa secara rutin untuk mengisi cairan tubuh yang hilang.

2. Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan air kelapa muda. Air kelapa bisa membantu mempermudah penyerapan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air ini banyak mengandung nutrisi dan vitamin seperti niasin, riboflavin, thiamin, folat dan dan pirdoksin. Air kelapa memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus.

4. Baik untuk pencernaan

Air kelapa mengandung enzim bioaktif seperti asam folat, katalase, fosfatase dan lain sebagainya. Enzim tersebut bisa membantu mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air kelapa juga mengandung vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Air kelapa sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami yang tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa menunda rasa lapar anda lebih lama.

6.  Mengurangi tekanan darah tinggi

Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda bisa berkhasiat sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi.

7. Kesehatan kardiovaskular

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Air kelapa sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena air kelapa memiliki kandungan kalium dan asam laurat.

8. Mengatasi penyakit batu ginjal

Air kelapa juga bisa membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin serta bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

9. Baik untuk ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman yang sehat untuk ibu hamil karena bisa meredakan "morning sickness" dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, potassium dan kalsium. Air kelapa juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan selama kehamilan.

10. Penting untuk kesehatan kulit

Air kelapa bisa menjadi solusi anda dalam masalah kesehatan kulit. Air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang bisa anda usapkan pada wajah dan biarkan semalaman. Air kelapa sangat baik buat kulit dan bisa diterapkan pada tangan dan kuku.

11. Kontrol diabetes

Air kelapa juga bisa membantu dalam mengontrol diabetes. Air kelapa jika dikonsumsi secara rutin memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir secara lancar.

B. Perhatikan kemungkinan efek samping

Banyak orang yang menyarankan pada wanita hamil agar memperbanyak mengkonsumsi air kelapa muda karena dianggap bisa memberikan manfaat. Tetapi hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Wanita yang hamil dan menyusui sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi air kelapa. Jika ragu bisa dikonsultasikan dahulu dengan dokter.

C. Tips konsumsi air kelapa

Walaupun banyak study yang mengatakan jika air kelapa banyak mengandung natrium seperti minum-minuman olah raga komersial, tentu konsumsinya harus tetap dibatasi dan sewajarnya. Berikut ini adalah tips dalam mengkonsumsi air kelapa agar manfaatnya bisa maksimal.

* konsumsi air kelapa 1 -2 gelas air kelapa dipagi hari / siang hari untuk dewasa.
* Jangan diberikan buat bayi / balita, ikuti saran dokter jika ingin diberikan pada bayi dengan dosis yang tepat.
* Jangan dikonsumsi malam hari menjelang tidur karena cairan ini mudah diserap tubuh dikhawatirkan bisa mengakibatkan timbunan glukosa.
* Air kelapa juga memiliki kandungan kalori, jadi jangan meminum air kelapa setiap hari secara berlebihan.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Dan Efek Samping Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan. Air kelapa muda memang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat, namun dalam kondisi tertentu air kelapa muda juga dapat sangat berbahaya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.