Sejuta Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Sejuta Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Minyak kelapa menurut para peneliti bisa bermanfaat dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan. Anda pasti penasaran bukan bagaimana isinya? Untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Berikut Sejuta manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan.
Sejuta Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Sejuta Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

 Manfaat untuk kesehatan

1. Sehat untuk jantung

Sebenarnya ada beberapa kesalahfahaman diantara banyak orang jika minyak kelapa tidak baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut terjadi karena minyak kelapa banyak mengandung lemak jenuh. Paada kenyataannya minyak kelapa sangat baik buat jantung. Lemak jenuh dalam minyak kelapa tidak berbahaya seperti yang ditemukan dalam minyak sayur. Minyak kelapa tidak menyebabkan peningkatan kadar LDL dan mengurangi kadar insiden cidera dan kerusakan arteri.

2. Meningkatkan sistem imun

kandungan zat lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat serta asam kaprirat memiliki sifat antijamur, anti virus serta anti bakteri yang bisa meningkatkan sistem imun. Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin, dari berbagai penelitian zat yang dihasilkan ini sangta penting untuk membasmi virus dan bakteri yang bisa menjadi penyebab utama penyakit influenza bahkan HIV.

3. Meningkatkan energi

Minyak kelapa merupakan sumber yang sangat penting yang bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Kandungan kalori yang cukup tinggi menjadikan salah satu sumber nutrisi herbal yang bisa meningkatkan energi secara instan.

4. Membasmi infeksi jamur

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang cukup tinggi yang tentunya sangat penting sebagai fungisida alami bagi tubuh. Zat ini sangat ampuh membasmi jamur dengan memasukkan dirinya dalam membran jamur yang merupakan faktor penentu kehidupan jamur.

5. Mengontrol berat badan

Dalam sebuah study menemukan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi minyak kelapa dengan penurunan berat badan dalam perempuan dalam mengurangi obesitas. Minyak kelapa ternyata sangat mudah sekali dicerna, selain itu minyak kelapa juga bisa membantu resistensi insulin.

6. Mengatasi diabetes

Asam lemak dalam minyak kelapa diduga bisa memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya bisa memperbaiki sensitivitas insulin. Namun masih diperlukan penelitian yang lebih luas dalam pembuktian hal ini.

Baca juga : Cara mudah cegah diabetes sejak dini

7. Menyembuhkan luka

Minyak kelapa juga bisa menyembuhkan luka pada kulit. Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terluka sampai luka tertutup oleh minyak sehingga proses penyembuhan bisa berjalan secara maksimal.

8. Mencegah penyakit hati

Asam lemak juga bisa membantu dalam mencegah penyakit hati, kedua zat ini sangat mudah diproses menjadi energi saat ia mencapai hati. Efek jangka panjang yaitu bisa mengurangi beban kerja hati serta mencegah penumpukan lemak dalam hati.

9. Mencegah batu ginjal

Menurut para peneliti minyak kelapa juga dipercaya bisa membantu mencegah penyakit ginjal dan menghancurkan batu ginjal.

10. Mengobati pankreatitis

Minyak kelapa juga diyakini bisa mengobati penyakit penyakit pankreatitis.

Manfaat untuk kecantikan

1. Pelembab kulit dan bibir

Tekstur minyak kelapa yang kental bisa memberikan efek lembab pada kulit dan bibir. Minyak kelapa akan menjaga kelembaban kulit dan bibir sehingga bisa mencegah kulit anda kering ataupun bibir pecah-pecah.

Baca juga : Cara alami membuat bibir merah merona

2. Mencerahkan kulit

Memiliki kulit yang cerah dan bersinar merupakan dambaan semua orang, untuk mewujudkan hal tersebut anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan minyak kelapa yang murah meriah untuk mencerahkan kulit anda.

3. Mengatasi mata panda

Mata panda atau kantung mata merupakan masalah yang sering dialami oleh orang yang kurang istirahat. Kantung mata selain membuat mata tidak nyaman juga bisa mengganggu penampilan. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak kelapa dengan mengoleskannya pada kulit sekitar mata.

Baca juga : Cara alami mengatasi kantung mata atau mata panda

4. Mengatasi kerutan kulit serta mengatasi penuaan

Kerutan atau tanda penuaan pada kulit merupakan momok yang menakutkan bagi sebagian orang, namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa mencobanya dengan menggunakan masker minyak kelapa untuk menghilangkan kerutan.

5. Mengatasi jerawat serta komedo

Jerawat dan komedo merupakan masalah umum yang sering dialami hampir semua orang. Meskipun bukan masalah kulit yang membahayakan namun keberadaannya tersebut bisa mengganggu penampilan, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak kelapa.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi komedi secara alami

6. Mengatasi ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang sering menjadikan orang kurang percaya diri, namun anda tidak perlu khawatir karena minyak kelapa dipercaya bisa mengatasi ketombe hanya dalam waktu semalam saja, caranya yaitu gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut, kemudian bungkus dengan menggunakan plastik ataupun handuk.

Baca juga : Cara alami mengatasi ketombe dengan cepat

7. Mengilangkan kutu rambut

Minyak kelapa juga merupakan bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan kutu pada rambut. Caranya seperti menghilangkan ketombe yaitu sebagai masker rambut. Anda juga bisa mencampurkan bahan alami lainnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Menyuburkan rambut

Penggunaan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk perawatan rambut bisa menyuburkan rambut, membuat rambut menjadi kuat dan tidak mudah patah. Selain itu juga bisa mengatasi rambut bercabang dan rambut rontok serta bisa menghitamkan rambut.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi rambut rontok


Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.