Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan

citra indah

Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan - Bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaatnya karena di dalam bawang putih banyak terkandung vitamin C, kalsium, anti virus, anti bakteri, anti oksidan dan lain sebagainya. Namun dibalik manfaat juga ada beberapa efek samping. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang dan lebar langsung saja anda simak bebetapa keterangan dari kami, semoga bisa bemanfaat dan menambah wawasan anda.

Kandungan nutrisi bawang putih

Di bawah ini adalah nutrisi yang diperoleh dari bawang putih per 136 gram bawang putih
* Vitamin C, memenuhi 70% kebutuhan harian
* Kalsium, memenuhi 25% kebutuhan harian
* Besi, memenuhi 14% kebutuhan harian
* Karbohidrat (45 gram), memenuhi 15% kebutuhan harian
* Serat ( 3 gram ), memenuhi 11% kebutuhan harian

Nutrisi yang terdapat dalam bawang putih tersebut sangat bermanfaat buat tubuh manusia. Uniknya bawang putih tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin bisa berbahaya buat tubuh jika terlalu besar seperti kalori dan lemak jenuh.
Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Sumber antivirus/ anti bakteri/ antioksidan yang ampuh

Khasiat yang paling terkenal dari bawang putih yaitu mengandung antioksidan yang bisa bermanfaat untuk tubuh, bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai antivirus dan juga antik bakteri yang bisa mencegah perkembangan bakteri serta virus.

2. Bawang putih herbal anti kanker

Dalam sebuah penelitian mengatakan jika ternyata bawang putih bisa berkhasiat untuk mengatasi penyakit yang berbabahaya seperti kanker, bawang putih tersebut sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya.

3. Meningkatkan metabolisme zat besi

Menurut para ahli, bawang putih bisa meningkatkan protin ferroportin sehingga akan meningkatkan peredaran zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

4. Obat infeksi

Dalam bawang putih terkandung nutrisi seperti antivirus, anti bakteri dan anti parasit yang bisa bermanfaat buat penyembuhan berbagai infeksi.

5. Obat pilek dan batuk

Gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek bisa diatasi menggunakan bawang putih, hal ini karena kandungan vitamin C, antivirus dan anti bakteri yang terdapat dalam bawang putih. Bawang putih juga bisa berkhasiat untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pernapasan.

6. Obat sakit gigi

Sakit gigi memang sangat menyiksa sekali, namun siapa sangka ternyata bawang putih bisa mengatasi masalah sakit gigi. Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri, nah bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi.

7. Mencegah demensia dan penyakit alzheimer

Bawang putih terbukti bisa meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, secara siginifikan bisa mengatasi setres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi. Manfaat gabungan dari pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan bisa membantu mencegah penyakit otak umum seperti demensia dan alzheimer.

8. Bawang putih dapat memangkas berat badan

Dalam sebuah study menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat dalam bawang putih bisa membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh, hal tersebut bisa menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentunya baik untuk mencegah kenaikan berat badan.

9. Ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Diantara manfaat bawang putih yang sudah teruji yaitu bisa efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan efek bawang putih ini bisa menurunkan tekanan darah pada orang yang normal.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

10. Ampuh memangkas kolesterol jahat ( LDL )

Diantara khasiat bawang putih lainnya yaitu bisa menurunkan kolesterol jahat dan bisa memangkas LDL ( kolesterol jahat ) dalam tubuh secara signnifikan. Produksi insulin sendiri juga bisa dipacu dengan mengkonsumi bawang putih.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

11. Baik untuk kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika bawang putih bisa ampuh menurunkan tekanan darah tinggi serta mengontrol kolesterol itu tandanya bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung. Seperti kita ketahui bahwa kesehatan jantung bisa terancam karena kolesterol yang tinggi atau tekanan darah yang tinggi.

12. Mengatur kadar gula pada penderita diabetes

Buat penderita diabetes sangat baik jika mengkonsumsi bawang putih. Dengan mengkonsumsi bawang putih bisa meningkatkan sekresi insulin yang membantu mengatur kadar gula dalam darah penderita diabetes.

Baca juga : Cara mudah cegah diabetes sejak dini

13. Mengobati asma

Asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Penyakit asma bisa disembuhkan dengan bawang putih. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bawang putih sangat ampuh untuk menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kontrakasi pada bagian jalan pernapasan.

Efek samping bawang putih

1. Bau mulut lebih menyengat

Bau mulut anda akan menyengat ketika sesuai memakan bawang putih, bau tersebut bisa hilang jika anda segera menggosok gigi anda. Namun jangan kaget jika beberapa saat kemudian keringat anda juga bau menyengat.

2. Bau keringat menyengat

Senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih bisa memberikan aroma bawang pada keringat yang anda hasilkan. Orang yang sesuai makan bawang putih biasanya keringatnya akan bau khas bawang putih.

Baca juga : Cara alami dan cepat mengatasi bau badan menyengat

3. Merusak saluran pencernaan

Bawang putih mentah yang dikonsumsi begitu saja bisa merusak sistem pencernaan anda, diantara efek samping yang mungkin bisa terjadi yaitu bisa terjadi iritasi pada lambung anda.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung

4. Memicu diare

Gangguan pencernaan lainnya yang dihasilkan dari bawang putih yaitu bisa membuat terjadinya diare atau mencret. Bahkan parahnya sampai bisa terjadi muntaber.

5. Memacu reaksi alergi

Bawang putih juga bisa memacu reaksi alergi. Paling parah yaitu terjadi gangguan pernapasan. Biasanya buat orang yang benar-benar alergi dengan bawah putih yaitu akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

6. Memicu rasa panas di mulut

Sebaiknya hindari memakan bawang putih dalam keadaan mentah, hal tersebut karena rasa panas bisa menjalar pada mulut anda, sebab senyawa allicin yang baru saja keluar bisa memicu efek panas yang terbakar dalam mulut.

Demikianlah informasi tentang  Manfaat Dan Efek Samping Bawang Putih Untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.