Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari - Kulit terbakar akibat sinar matahari merupakan keadaan dimana kulit kering, gelap, kemerahan karena paparan sinar matahari. Kulit terbakar akibar sinar matahari juga tak jarang menyebabkan rasa sakit atau perih pada kulit. Selain itu, keadaan kulit yang demikian tersebut dapat mengakibatkan berbagai masalah pada kulit seperti iritasi, kulit sensitif, keriput, bersisik, mengelupas dan lain sebagainya.

Masalah kulit terbakar akibat sinar matahari memang masalah umum dan sering dialami kebanyakan orang, terutama mereka yang sering beraktivitas diluar ruangan. Namun, selain menyebabkan rasa perih dan tidak nyaman, kulit terbakar akibat sinar matahari juga akan sangat mengganggu penampilan. Ya seperti yang kita ketahui, sinar matahari merupakan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Jadi masalah kulit terbakar akibat sinar matahari harus segera kita atasi.

Untuk mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, kita tetap menyarankan anda agar tetap menggunakan cara alami. Cara alami selain murah juga pastinya jauh lebih aman dan tidak menyebabkan efek samping, karena tidak mengandung bahan kimia. Lalu bagaimana cara mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari. Berikut cara alami mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari.
Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari
Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

1. Air es atau air dingin

Cara alami pertama untuk mengatasi kulit terbakar akibat matahari yaitu dengan menggunakan air es atau air dingin. Sinar matahari yang menyebabkan kulit terasa panas dan perih akan langsung hilang dengan mengompres menggunakan air es atau air dingin. Caranya yaitu dengan mengompreskan air dingin dengan menggunakan kain lembut secara perlahan.

2. Madu

Setelah anda kompres menggunakan air es atau air dingin, langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan agar kulit tidak membekas kemerahan dan tidak iritasi. Nah, dalam hal ini kita dapat menggunakan madu. Seperti yang kita ketahui, madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit, madu biasa digunakan sebagai masker wajah. Dengan menggunakan madu sebagai masker untuk kulit terbakar sinar matahari, maka kulit akan menjadi lembab, kenyal dan terhindar dari masalah kulit kering, selain itu madu juga akan mengatasi berbagai masalah pada kulit. Caranya mudah sekali, bersihkan kulit dengan air dingin hingga bersih, kemudian oleskan madu secara merata dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Kita dapat melakukannya 2-3 dalam seminggu.

3. Lemon

Seperti halnya madu, lemon juga merupakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit. Lemon biasa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Hal ini dikarenakan manfaat lemon yang luar biasa untuk kecantikan kulit, lemon dapat melembabkan kulit kering, menghilangkan bekas luka dna lain sebagainya, Nah, masalah kulit terbakar akibat sinar matahari juga dapat kita atasi dengan menggunakan masker lemon. Caranya mudah sekali, ambil air perasan lemon, kemudian oleskan pada kulit yang terbakar, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih, kita dapat melakukannya setiap hari atau 2-3 kali dalam seminggu, maka kulit terbakar akibat sinar matahari akan teratasi.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat identik sekali dengan kesehatan dan kecantikan rambut. Namun selain untuk rambut lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit adalah untuk mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari. Cara menggunakannya mudah sekali, ambil gel lidah buaya, kemudian oleskan pada kulit yang terbakar, namun sebelumnya bersihkan terlebih dulu kulit yang terbakar, diamkan hingga kering, dan bilas dengan air hingga bersih. Gel lidah buaya akan menutrisi kulit dan membuat kulit menjadi lembab.

5. Masker pepaya

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan masker pepaya. Masker pepaya memiliki banyak kandungan air dan nutrisi yang baik sekali untukkecantikan kulit. Tak heran banyak wanita yang menggunakan pepaya sebagai salah satu masker kecantikan kulit wajah. Nah kita juga dapat menggunakan masker pepaya untuk mengatasi masalah kulit terbakar akibat sinar matahari. Caranya mudah sekali, haluskan papaya yang sudah matang hingga menjadi jus, kemudian oleskan secara merata pada kulit yang terbakar, diamkan hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih.

6. Masker tomat

Masker tomat merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Namun tidak hanya untuk mengatasi masalah jerawat saja, masker tomat juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit lainnya seperti kulit kering, kusam, berminyak keriput hingga mengatasi kulit terbakar, termasuk kulit terbakar akibat sinar matahari. Untuk menggunakannya sama dengan masker lainnya, haluskan tomat hingga menjadi jus, lalu oleskan pada kulit yang terbakar, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

7. Masker mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang memiliki kandungan air sangat tinggi, tak heran jika mentimun kerap dijadikan sebagai masker wajah untuk melembabkan kulit. Nah, kulit kering atau kulit terbakar akibat sinar matahari juga dapat kita atasi dengan menggunakan masker mentimun. Mentimun akan melembabkan kulit kering, sehingga kulit kering terbakar akan teratasi, cara menggunakannya mudah sekali, haluskan mentimun, lalu aplikasikan pada kulit yang sakit secara merata, diamkan hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih.

8. Masker bengkoang

Bengkoang kerap digunakan sebagai masker untuk mencerahkan atau memutihkan kulit. Ya hal ini dikarenkan manfaat buah bengkoang yang luar biasa dalam mencerahkan kulit, bengkoang dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit sehingga kulit menjadi cerah dan cantik alami. Selain itu bengkoang juga dapat membuat kulit menjadi lembab. Kulit terbakar akibat sinar matahari biasanya akan menyebabkan kulit menjadi gelap, karena banyak sel kulit mati yang menumpuk, Nah dengan menggunakan masker bengkoang, maka hal tersebut dapat teratasi dan kulit menjadi bersih, lembab dan cantik alami.

9. Yougurt

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan masker yougurt. Yougurt dapat melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati, masalah kulit terbakar sinar matahari dapat diatasi dengan menggunakan masker yougurt. Cara menggunakannya mudah sekali, bersihkan kulit anda, lalu anda oleskan yougurt secara merata pada kulit yang terluka, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

10. Minyak zaitun

Cara tarakhir yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan bahan alami yang sudah digunakan sebagai perawatan kecantikan sejak ribuan tahun yang lalu. Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut, salah satunya yaitu untuk melembabkan kulit kering atau kulit terbakar akibat sinar matahari. Cara menggunakannya sama, yaitu anda bersihkan kulit anda dan anda oleskan minyak zaitun pada kulit anda secara merata. Diamkan hingga kering, bilas dengan air hingga bersih.


Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari. Kulit kering dan terbakar akibat sinar matahari memang masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Namun hal tersebut menjadi masalah besar bagi mereka yang sangat memperdulikan penampilan atau kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.