Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang

Manfaat dan cara membuat masker bengkoang - Bengkoang adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Baik itu manfaat untuk kesehatan maupun manfaat untuk kecantikan. Sejak zaman dulu, bengkuang telah dipercaya dijadikan sebagai bahan alami perawatan kulit. Bahkan sudah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan bengkuang sebagai bahan utamanya.

Bengkuang memiliki kandungan vitamin C, flavonoid, dan saponin yang dapat membantu mengatasi masalah kulit rusak. Bengkuang juga memiliki kandungan banyak air yang dapat mencegah dehidrasi kulit kita. Maka dari itu bengkuang sangat cocok untuk kita jadikan sebagai bahan utama perawatan kulit. Baik itu kulit wajah maupun kulit tubuh.

Selain itu semua, ada juga manfaat lain dari bengkuang. Bengkuang yang anda jadikan sebagai masker kulit wajah akan dapat memberikan manfaat sempurna untuk kulit wajah. Berikut ini beberapa manfaat dari masker bengkuang:
Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang
Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang

1. Menyegarkan kulit wajah

Kulit wajah akan terasa lebih segar setelah anda melakukan perawatan menggunakan masker bengkuang. Bengkuang memiliki efek mendinginkan. Seringkali orang menyebut bengkuang sebagai bedak dingin bagi kulit wajah. Sehingga kulit akan terasa lebih segar dan lebih rileks.

2. Memutihkan kulit wajah

Anda juga bisa membuat wajah anda menjadi lebih putih dengan perasawatan menggunakan masker bengkuang. Kandungan didalamnya mampu mencerahkan dan memutihkan kulit wajah anda. Banyak bukti yang mudah anda temui. Yaitu semakin banyaknya produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai bahan dasar pembuatannya.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah dengan cepat

3. Melembabkan kulit

Kelembaban kulit yang lebih sempurna bisa anda dapatkan dari masker bengkuang. Sifat antiinflamasi yang terdapat pada bengkuang mampu mendinginkan kulit yang kering sehingga mampu menjadi lebih lembab dan tampak lebih segar. Lakukanlah perawatan rutin menggunakan bengkuang agar mendapatkan kulit wajah yang lembab.

Baca juga : Cara alami melembabkan kulit  wajah yang kering

4. Mengatasi kulit kusam, kering, dan berminyak

Kulit wajah yang kusam memang terasa sangat tidak nyaman. Baik itu kusam. kering, ataupun minyak berlebih, akan sangat mengganggu penampilan. Saat tampil pun menjadi tidak percaya diri. Namun anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker bengkuang. Kandungan dalam bengkuang mampu mengontrol keluarnya minyak dari dalam kulit wajah. Sehinga tidak kekurangan maupun berlebihan. 

5. Mengatasi kerutan dan tanda penuaan lainnya

Kerutan adalah salah satu tanda penuaan. Tentu anda tidak ingin kan mengalami penuaan dini? Anda bisa mengatasi dan mencegah tanda penuaan dengan perawatan menggunakan masker bengkuang. Kandungan dalam bengkuang mampu membuat kulit anda menjadi lebih halus dan terbebas dari penuaan dini.

6. Mengencangkan kulit wajah

Kulit wajah yang kendur juga merupakan tanda penuaan dini. Anda bisa mengatasi masalah kulit yang kendur dengan memanfaatkan bengkuang. Buatlah bengkuang sebagai masker untuk perawatan wajah. Kandungan didalamnya dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan terlihat awet muda. Anda pun akan terbebas dari penuaan dini.

Baca juga : Cara alami mengencangkan kulit wajah

7. Menghaluskan kulit

Sama halnya poin lima. Dengan melakukan perawatan secara rutin menggunakan masker bengkuang, anda akan mendapatkan kulit wajah yang bersih, cantik, lembut, bebas dari kerutan, lebih kencang, dan terlihat lebih halus. Lakukan perawatan secara rutin.

8. Mengatasi jerawat dan bekasnya

Masker bengkuang juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah anda. Kandungan didalamnya mampu menghaluskan, mencerahkan dan menjaga kulit wajah dari serangan jerawat.

9. Mengatasi komedo

Sama halnya dengan jerawat. Kulit wajah yang berkomedo tentu tidak nyaman. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker bengkuang. Kandungan didalamnya mampu membantu anda dalam mengatasi komedo. Lakukan perawatan menggunakan masker ini secara rutin.
Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi komedo secara cepat

10. Membersihkan dan mengecilkan pori-pori kulit

pori-pori yang besar tentu menjadi penyebab terjadinya berbagai macam masalah kulit, seperti komedo, jerawat, dan masalah lainnya. Untuk mengecilkan pori-pori, anda bisa melakukan perawatan secara rutin dengan menggunakan masker bengkuang.

Baca juga : Cara alami mengecilkan pori-pori kulit

11. Mengangkat sel kulit mati

Masker bengkuang juga memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah sel kulit mati. Masker bengkuang ini mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah anda dan menggantinya kembali dengan yang lebih baru. Lakukanlah perawatan secara rutin.

12. Mengatasi bintik hitam di wajah

Bintik hitam di wajah memang sangat mengganggu penampilan. Penampilan yang seperti itu dapat mengurangi rasa percaya diri. Namun anda bisa menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah anda dengan mudah hanya menggunakan masker bengkuang. Lakukanlah perawatan rutin menggunakan masker bengkuang agar bintik hitam pada kulit bisa hilang.

Cara membuat masker bengkuang

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat dari masker bengkuang. Sekarang anda bisa mencoba membuat maskernya sendiri di rumah. Cara membuatnya tidaklah sulit. Cukup mudah. Anda bisa mencobanya dengan menyimak caranya berikut ini:
  • Haluskan bengkuang dengan cara diparut atau diblender.
  • Lalu oleskan  pada kulit wajah anda secara merata. 
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Untuk lebih maksimal bisa mencampurkan bahan lain seperti madu, susu, mentimun, dan lain sebagainya.
Namun jika anda ingin mencerahkan kulit wajah anda, sebaiknya anda gunakan saripati bengkuang. Saripati bengkoang ini sangat ampuh untuk membuat kulit menjadi lebih putih, bersih, dan cantik alami. Cara membuatnya sebagai berikut:
  • Haluskan bengkuang dengan cara diblender atau diparut.
  • Ambil airnya lalu masukkan kedalam gelas.
  • Diamkan kurang lebih 1 jam hingga mengendap.
  • Ambil endapannya lalu jadikan sebagai masker wajah.
  • Oleskan pada wajah anda secara merata. 
  • Diamkan kurang lebih 30 menit hingga kering.
  • Kemudian bilas dengan air bersih. 
Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Cara Membuat Masker Bengkoang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.