Daftar Makanan Sehat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Unknown

Daftar Makanan Sehat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi atau yang disebut juga dengan istilah hipertensi merupakan keadaan dimana seseorang memiliki tekanan darah lebih tinggi dari batas normal. Darah tinggi adalah penyakit yang muncul secara diam-diam dan sulit disadari atau diketahui si penderita tanpa mengukur tekanan darah. Meskipun demikian, tekanan darah tinggi atau hipertensi akan menunjukan gejala-gejala tertentu yang dapat menjadi pedanda bagi si penderita.

Tenakan darah tinggi atau hipertensi salah satu penyakit serius dan sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi akan mempengaruhi kesehatan jantung dan bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Hal yang paling parah dari tekanan darah tinggi yaitu kelumpuhan serta kematian mendadak. Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui penyakit tekanan darah tinggi. Jika anda merasakan gejalan-gejala tekanan darah tinggi, baiknya anda segera periksa ke dokter untuk segara mendapatkan penanganan. Berikut gejala penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Daftar Makanan Sehat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Daftar Makanan Sehat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Gejala tekanan darah tinggi

  • Mudah lelah
  • Sering merasa pusing atau sakit kepala
  • Denyut jantung yang tidak teratur
  • Nyeri pada dada
  • Gangguan pengelihatan

Daftar makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Jika anda merasakan gejala yang telah disebutkan diatas, baiknya anda segera periksa kesehatan anda ke dokter, dan jika memang anda menderita tekanan darah tinggi, anda tak perlu panik. Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat kita atasi dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Ada beberapa makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut daftar makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

1. Jeruk

Makanan pertama yang paing ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi yaitu jeruk. Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik sekali untuk kesehatan tubuh. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung serat, potasium, dan rendah sodium. Potasium pada buah jeruk serta sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung maupun dijadikan sebagai jus jeruk.

2. Mentimun

Tak kalah ampuhnya dengan jeruk, Mentimun juga kerap menjadi solusi terbaik bagi para penderita tekanan darah tinggi. Mentimun juga sangat rendah sodium. Anda dapat mengkonsumsi mentimun secara langsung untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca juga : Manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan

3. Semangka

Semangka merupakan buah segar dengan kandungan air yang sangat melimpah. Semangka juga menjadi salah satu buah ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Semangka  mengandung L-Citrulline yang dapat mengontrol tekanan darah, sehingga masalah tekanan darah tinggi dapat diatasi.

4. Pisang

Buah pisang juga dapat menjadi obat penyakit tekanan darah tinggi. Buah pisang kaya akan kandungan potasium dan kalium. Kandungan potasium dan kalium tersebut yang akan mengontrol tekanan darah. Selain itu pisang juga mengandung mineral yang dapat menyeimbangkan efek garam serta baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

5. Tomat

Tomat mengandung Lycopene yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menurut penilitian mengkonsumsi Lycopene sebanyak 25 mg dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat atau LDL hingga 10%.

6. Kiwi

Buah selanjutnya yaitu buah kiwi. Buah kiwi juga mampu membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Buah kiwi kaya akan kandungan serat, dan kalsium. Kiwi juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi, anda bisa mengkonsumsi kiwi sebagai solusinya.

7. Blewah

Blewah juga buah yang sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan blewah mengandung potasium yang sangat tinggi. Kandungan potasium yang tinggi sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Nah, anda dapat mengatasi tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi blewah.

8. Mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Mengkudu dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi mengkudu untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang anda derita. Selain itu, mengkudu juga akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

9. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin C, E, kalsium serta serat. Kandungan vitamin dan nutrisi pada buah alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

10. Buncis 

Buncis adalah salah satu sayuran hijau yang cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Buncis mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

11. Bayam

Selain buncis, kita juga dapat mengkonsumsi sayuran hijau lainnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu bayam. Bayam kaya akan kandungan serat dan kalium yang baik sekali dalam menurunkan tekanan darah tinggi. 

12. Kentang

Kentang mengandung magnesium dan potasium yang  cukup tinggi. Dengan demikian, kentang juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu saja, kentang juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan yang dilarang

Selain makanan yang dianjurkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, Kita juga wajib menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi semakin parah, Berikut beberapa makanan yang baiknya anda hindari.
  • Daging merah
  • Jung food
  • Makanan manis
  • Makanan asin
  • Makanan berlemak
  • Rokok
  • Alkohol
  • Gorengan

Demikianlah informasi tentang Daftar Makanan Sehat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.