Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan - Buah pisang tersusun dalam tandan dan berdaun besar memanjang. Buah pisang umumnya berwarna kuning ketika telang matang, meskipun kadang juga ada yang berwarna merah, hijau atau ungu atau bahkan hampir mendekati hitam.

Buah pisang merupakan bahan pangan yang kaya akan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Ada beberapa jenis pisang di negeri ini, diantaranya yaitu pisang ambon, pisang raja, pisak kepok, pisang lilin, pisang mas, pisang tanduk pisang siam, pisang susu dan lain sebagainya.

Dalam buah pisang banyak terkandung manfaat yang besar untuk kesehatan maupun kecantikan. Diantaranya yaitu bisa melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan pada usus, menjaga kesehatan mata, mengobati jerawat, menghaluskan kulit dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini akan kami uraikan beberapa manfaat yang terkandung dalam buah pisang ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Melancarkan peredaran darah

Kandungan potasium dalam buah pisang bisa memperlancar peredaran darah, terus kandungan kaliumnya juga bisa mengatur tekanan darah. Zat-zat tersebut bisa mencegah resiko terkena stroke yang bisa menimbulkan gejala psakit jantung.

2. Membantu pencernaan pada usus

Buah pisang banyak mengandung serat yang baik untuk mengurangi resiko sembelit. Caranya cukup dengan mengkonsumsi buah pisang, atau bisa juga dicampur dengan segelas susu. Buah pisang juga mengandung vitamin C yang bisa mengurangi resiko penyakit usus seperti gejala kanker usus besar.

3. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat dari buah pisang yaitu bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada buah pisang yang larut dalam lemak bisa melindungi kesehatan mata, dengan memperbanyak asupan vitamin A bisa mengurangi resiko kebutaan.

4. Menormalkan fungsi jantung

Dengan mengkonsumsi rutin buah pisang setiap harinya terutama dipagi hari bisa menambah nutrisi buat tubuh mendukung fungsi jantung. Buah pisang juga kaya akan mineral yang disebut dengan elektrolit kalium. Kita tidak boleh terlalu kekurangan kalium, karena kalau kekurangan kalium yang parah maka irama jantung jadi tidak tertatur dan bisa menyebabkan kematian.

5. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan berat badan maka ada baiknya juga anda rutin mengkonsumsi buah pisang, hal ini sangat baik karena dalam buah pisang mengandung kalori yang relatif kecil.

Baca juga : Cara alami menurunkan berat badan dengan cepat

6. Meningkatkan kesehatan otak

Caranya yaitu dengan mengkonsumsi secara rutin buah pisang ini minimal 3 kali sehari sebagai pencuci mulut setelah makan.

7. Mengatasi diabetes

Buah pisang juga bisa mengatasi diabetes, caranya yaitu dengan mengukus pisang khas Gorontalo bersama dengan parutan kelapa.

8. Menyeimbangkan jumlah cairan

Dalam menunjang semua kinerja tubuh maka tubuh harus mempunyai cairan yang seimbang dan cukup. Kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang bisa berperan dalam menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

9. Mengobati sakit maag

Buah pisang bisa dijadikan solusi obat ketika tubuh terserang maag, hal ini karena buah pisang mengandung zat penangkal asam dalam tubuh yang bisa meredakan sakit maag.

10. Mengatasi anemia

Bagi penderita anemia buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi karena dalam buah pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi. Disamping itu buah pisang juga bisa mengatasi kekurangan sel darah merah.

11. Menyehatkan tulang

 Dengan rutin mengkonsumsi buah pisang maka tulang kita bisa menjadi lebih sehat, hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

12. Menyembuhkan luka bakar

Salah satu bagian dari tanaman pisang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, caranya yaitu ambil abu daun pisang lalu tambahkan sedikit minyak kelapa, kemudian oleskan pada luka bakar tersebut.

13. Melancarkan peredaran darah

Kandungan kalium dan potasium pada buah pisang bisa bermanfaat untuk membantuk melancarkan sirkulasi darah. Kalium juga bisa berfungsi membantu melancarkan denyut jantung, melancarkan oksigen ke otak, mengatur tekanan darah, dan megurangi resiko terkena serangan stroke.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

14. Mengurangi rasa sakit ketika haid

Bagi wanita yang mungkin merasakan sakit ataupun nyeri ketika haid bisa jadi berkurang jika mau rutin mengkonsumsi buah pisang.

15. Mengurangi pembengkakan

Tingginya kadar vitamn B-6 dalam buah pisang bisa mengurangi pembengkakan, memperkuat sistim saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, mengurangi resiko diabetes, serta bisa membantu dalam proses produksi sel darah putih.

16. Mengobati sembelit

Salah satu obat sembelit yang alami dan mudah yaitu dengan cara mengkonsumsi buah pisang, buah ini bisa membantu memperlancar buang air besar.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

17. Memperlancar sistem pencernaan

Salah satu cara untuk memperlancar sistem pencernaan yaitu dengan mengkonsumsi rutin buah pisang, karena dalam buah pisang banyak terkandung berbagai nutrisi.

18. Meningkatkan mood

Buah pisang juga bermanfaat dalam membantu mood menjadi lebih stabil dan meningkatkan suasana hati agar tidak stres.

19. Mengobati jerawat

Caranya yaitu dengan menhancurkan buah pisang yang sudah matang, kemudian oleskan pada wajah yang terkena jerawat, diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air. Ulangi sampai beberapa hari hingga jerawat bisa hilang.

Baca juga : Cara ampuh atasi jerawat dalam semalam

20. Menghaluskan kulit wajah

daging buah pisang bisa menjadi solusi bagi orang yang bermasalah dengan kulit kasar ataupun kering, caranya yaitu sebagaimana ketika mengobati jerawat menggunakan buah pisang, bisa juga dengan menambah sedikit madu lalu dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin maka kulit wajah akan terasa lebih halus.
Demikianlah manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.