Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Mentimun merupakan salah satu sayuran yang mudah kita dapatkan dan harganya pun sangat terjangkau. Siapa sangka mentimun yang biasanya dimakan begitu saja ternyata memiliki bermacam-macam khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Pada tulisan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat mentimun baik dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Agar anda tidak penasaran dengan isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kandungan mentimun

Mentimun rendah kolesterol dan lemak jenuh, mentimun mengandung vitamin A, magnesium, dan fosfor. Sementara itu mentimun juga kaya akan kandungan kalium, karbohidrat, folat, seng, vitamin C serta vitamin K. Semua nutrisi tersebut sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dan bahkan bisa menyembuhkan penyakit.

Manfaat mentimun untuk kesehatan

1. Melindungi jantung

Mentimun kaya akan antioksidan yang bisa menangkal serangan radikal bebas serta melindungi jantung agar tetap sehat. Selain itu kandungan antioksidan dalam mentimun juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Mencegah dehidrasi

Kandungan air dalam mentimun sangat banyak sekali, yaitu sekitar 95%, sehingga sangat baik sekali untuk mencegah dehidrasi. Mentimun sangat cocok dikonsumsi pada musim panas disaat banyak memerlukan cairan.

3. Penghilang racun

kandungan air dalam mentimun juga bisa menghilangkan efek racun di dalam tubuh. Air yang terkandung dalam mentimun bisa mendorong racun untuk keluar melalui urine.

4. Mencegah peradangan

Dengan mengkonsumsi mentimun anda bisa lebih terhindar dari sakit peradangan. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun dikombinasikan dengan bahan lainnya.

5. Mengontrol tekanan darah tinggi

Bagi anda yang mungkin sedang mengalami tekanan darah tinggi anda mungkin bisa mencobanya dengan mengkonsumsi mentimun. Mentimun tersebut bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat jus mentimun.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

6. Menurunkan kadar kolesterol

Mengkomsumsi mentimun secara rutin dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Di dalam mentimun terdapat senyawa sterol yang bisa berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

7. Menurunkan kadar gula dalam darah

Mengkonsumsi mentimun sangat baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintes hormon insulin dalam tubuh.

8. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat dalam mentimun bisa berkhasiat untuk memperlancar sistem pencernaan. Maka dari itu mentimun sangat baik dikonsumsi secara rutin.

9. Menurunkan berat badan

Mentimun juga dipercaya ampuh dalam menurunkan berat badan. Mentimun kaya akan kandungan airnya sehingga bisa memberikan efek kenyang.

10. Penangkal kanker yang baik

Mentimun merupakan sayuran yang bisa menjadi penangkal kanker yang sangat baik, hal ini karena mentimun mengandung lignin yang berfungsi untuk mencegah berbagai jenis kanker.

11. Membantu mengobati rematik dan asam urat

Mentimun mangandung vitamin A, vitamin B, kalsium, folat dan magnesium yang jika dicampurkan dengan jus wortel bisa meredakan rasa nyeri asam urat dan mengobati rematik.

12. Menyehatkan ginjal

Mentimun juga dipercaya bisa menyehatkan organ ginjal dan kantung kemih. Kandungan air dalam mentimun bisa membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine.

13. Mengatasi diabetes

Mentimun mengandung hormon yang mengandung hormon yang berperan nyata memproduksi insulin pada sel-sel organ prankeas yang anda miliki.

14. Mengatasi masalah bau mulut

Ketika anda memiliki masalah dengan bau mulut, anda bisa mengatasinya dengan mengunyah mentimun, karena mentimun banyak mengandung air yang bisa membersihkan rongga mulut serta bisa menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi bau mulut

15. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Mengunyah mentimun bisa merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi air liur lebih banyak lagi, karena mentimun bisa mengurangi zat asam pada rongga mulut serta membunuh bakteri yang bersarang di mulut.

Manfaat mentimun untuk kecantikan

1. Mentimun bisa meremajakan kulit

Mentimun bisa digunakan sebagai masker yang berkhasiat untuk meremajakan kulit, dari pada membeli produk-produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia maka anda bisa mencobanya dengan mentimun yang lebih alami dan aman.

2. Mentimun bisa mengurangi bintik hitam

Mentimun bisa digunakan sebagai tonik yang berkhasiat untuk mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit, caranya yaitu parut mentimun kemudian oleskan pada kulit anda, kemudian diamkan sampai sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Mentimun bisa mengurangi lingkaran hitam pada mata

Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang bisa berkhasiat untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata, selain itu bisa bisa berkhasiat untuk menghaluskan kulit.

4. Mentimun bisa mengurangi bengkak pada mata

Kandungan asam askorbat yang terdapat dalam mentimun bisa berkhasiat untuk mengurangi retensi air sampai bisa mengurangi bengkak pada mata.

5. Mentimun berkhasiat untuk perawatan sunburn

Jika anda berada di bawah terik matahari dengan jangka waktu yang lama hingga kulit anda terbakar maka anda bisa mencobanya dengan menggunakan mentimun sebagai obatnya. Mentimun memiliki efek dingin yang merupakan langkah alami dan lembut untuk meremajakan kulit.

6. Mentimun berkhasiat mengencangkan pori-pori yang terbuka

Anda bisa memanfaatkan mentimun dengan campuran perasan air lemon, putih telur dan sari lidah buaya untuk menyamarkan pori-pori yang besar agar semakin mengecil.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.