20 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

citra indah

20 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan - Buah mengkudu merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara, buah ini bentuknya lonjong serta terdapat bintik-bintik kecil pada kulitnya, banyak masyarakat yang kurang menyukai buah ini karena baunya yang sangat menyengat. Padahal jika kita kaji lebih dalam lagi buah yang satu ini banyak mengandung khasiatnya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Sejuta manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.
20 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
20 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

1. Memiliki sifat antiinflamasi

Buah mengkudu memiliki kandungan sifat antiinflamasi yang sudah terbukti bisa mencegah terjadinya peradangan, juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

2. Meredakan sakit kepala

Sejak dahulu banyak orang-orang yang menggunakan buah mengkudu untuk meredakan sakit kepala ( analgesik ). Kandungan analgesik dalam buah mengkudu sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.

3. Meningkatkan stamina

Minum jus yang mengandung campuran mengkudu, anggur dan blackberry selama 21 hari dapat meningkatkan stamina pelari jarak jauh saat latihan.

4. Mengobati infeksi

Infeksi bisa diakibatkan oleh bermacam bakteri yang ada di dalam tubuh, buah mengkudu mengandung zat anti bakteri yang bisa bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang bisa memperparah infeksi, selain itu yang anti bakteri juga bisa bermanfaat untuk mengontrol bakteri di dalam tubuh.

5. Menyembuhkan batuk

Buah mengkudu juga bisa berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk. Cara membuat resepnya yaitu satu buah mengkudu dan setengah genggam daun poo ( bujanggut ). Campurkan bahan tersebut dan direbus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas kemudian saring lalu diminum dua kali dalam sehari pagi dan sore.

6. Obat sakit perut

Mengkudu juga bisa meringankan sakit perut, gunakan 2-3 helai daun mengkudu, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan garam secukupnya kemudian seduh dengan air panas. Stelah dingin kemudian saring dan diminum.

7. Melancarkan pencernaan

Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Penyakit seperti perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang dan radang lambung dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu. Caranya yaitu konsumsi buah mengkudu sebelum makan porsi besar.

8. Mengobati keracunan makanan

Buah mengkudu juga bisa berkhasiat untuk mengobati keracunan makanan, hal ini karena abuah mengkudu mengandung zat anti bakteri yang bisa menetralisir bakteri yang ada di dalam makanan yang beracun. Makanan beracun sendiri bisa berasal dari makanan yang sudah kadaluarsa atau makanan yang tidak higienis.

9. Mengobati radang tenggorokan

Radang tenggorokan ditandai oleh rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh luka atau infeksi yang ada di dalam tenggorokan, buah mengkudu mengandung zat scolopetin yang dipercaya bisa meringankan peradangan pada tenggorokan.

10. Mengobati sakit gigi

Buah mengkudu bisa menggantikan obat anti biotik untuk mengatasi sakit gigi. Hal ini karena buah mengkudu mengandung zat anti bakteri yang bisa meredakan sakit gigi serta menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.

Baca juga : Cara alami atasi sakit gigi dengan cepat

11. Mengobati luka bakar

Saat kulit terbakar, sel-sel kulit menjadi rusak, oleh sebab itu sel-sel kulit yang rusak harus segera diperbarui, buah mengkudu bisa mengobati luka bakar karena buah mengkudu mengandung zat terpenoid yang bisa memulihkan sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

12. Menurunkan demam

Buah mengkudu juga bisa meringankan sakit demam. Cara pengobatan demam dengan menggunakan buah mengkudu yaitu sebagai berikut :
* ambil satu buah mengkudu
* Campurkan dengan parutan kencur
* rebus kedua bahan tersebut bersama dengan dua gelas air hingga air tersisa satu gelas
* saring
* minum air rebusannya secara teratur

Baca juga : Cara alami turunkan demam tanpa obat

13. Mengatasi kulit bersisik

Buat wanita yang ingin memiliki kulit lembab dan halus, anda bisa menggunakan buah mengkudu sebagai solusinya, caranya yaitu sebagai berikut :
* kupas satu buah mengkudu
* iris besar-besar buah mengkudu
* oleskan buah mengkudu pada kulit yang bersisik
* diamkan selama sekitar 10 menit
* celupkan kain bersih ke dalam air hangat
* bagian yang diolesi buah mengkudu dicelupkan menggunakan kain yang telah dicelupkan air hangat tersebut
* lakukan secara teratur

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi kulit bersisik

14. Mengobati ambien

Kandungan yang ada di dalam buah mengkudu maupun daun mengkudu bisa bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ambien. Cara pengobatannya sangat mudah yaitu cukup mengkonsumsi rebusan buah mengkudu yang dicampurkan dengan daunnya.

15. Mengobati asam urat

Asam urat jangan diremehkan, karena asam urat bisa menimbulkan resiko penyakit kronis lainnya seperti jantung, stroke dan sebagainya. Asam urat biasanya ditandai dengan kram saat malam hari. Kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu dapat berguna untuk mengobati asam urat.

16. Mengobati diabetes

Buah mengkudu mengandung zat proxeronine yang bisa berguna untuk mengobati diabetes, baik itu diabetes basah maupun diabetes kering. Diabetes harus segera diobati, sebab bahaya sekali jika diabetes basah terluka, luka tersebut bisa menginfeksi pada organ yang ada di sekitarnya, sehingga proses amputasi harus dilakukan.

17. Menurunkan kolesterol

Kandungan zat proxeronine dan xeronine yang terdapat dalam buah mengkudu dipercaya oleh para peneliti bisa berkhasiat dalam menurunkan kolesterol jahat yang dada di dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol anda bisa merebus buah mengkudu dan meminum air rebusannya secara teratur.

Baca juga : Cara mudah menurunkan kolesterol yang tinggi

18. Melancarkan peredaran darah dan tekanan darah tinggi

Kandungan zat scopeletin dalam buah mengkudu juga bisa berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Hal ini karena zat scopeletin dapat melebarkan pembuluh darah, pembuluh darah yang lebar bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Baca juga : Penyebab dan cara alami menurunkan tekanan darah tinggi

19. Mengobati radang usus

Radang usus bisa disembuhkan dengan menggunakan buah mengkudu atau pace, zat scopeletin yang ada dalam buah mengkudu bisa berkhasiat untuk meredakan peradangan dan luka yang ada di dalam usus.

20. Mencegah kanker

Para peneliti menyatakan bahwa beberapa kandungan senyawa yang terdapat dalam buah mengkudu bisa berkhasiat dalam mencegah kerusakan DNA sel yang bisa menimbulkan gejala kanker serta sangat baik untuk menjaga sel-sel sehat di dalam tubuh.

Demikianlah informasi tentang 20 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.