Cara Alami yang Ampuh Atasi Sakit Gigi dengan Cepat

rina

Cara alami yang ampuh atasi sakit gigi dengan cepat - Sakit gigi memang sangat menyakitkan. Akibatnya, melakukan aktivitas apapun terasa tidak nyaman. Mau ini dan itu pun terasa tidak menyenangkan. Bahkan makanan yang enak sekalipun menjadi tidak enak seketika.

Berbicara tentang sakit gigi, ada banyak penyebabnya. Pada umumnya adalah karena salah dalam menerapkan pola hidup. Ya, tidak menerapkan pola hidup sehat dan jarang melakukan perawatan. Padahal seharusnya setiap hari harus selalu dilakukan perawatan, sikat gigi pun minimal dua kali dalam sehari. Dengan begitu gigi akan terjaga kesehatannya dengan baik. Lalu bagaimana jika gigi kita sudah terlanjur sakit?

Jika gigi anda sudah terlanjur sakit karena jarang melakukan perawatan atau karena yang lainnya. Yang perlu anda lakukan adalah mengobatinya. Tidak perlu dengan banyak obat yang mengandung bahan kimia. Dengan bahan-bahan alami pun sebenarnya sudah bisa menyembuhkan sakit gigi yang anda alami. Berikut ini beberapa cara alami yang ampuh atais sakit gigi dengan cepat:
Cara Alami yang Ampuh Atasi Sakit Gigi dengan Cepat
Cara Alami yang Ampuh Atasi Sakit Gigi dengan Cepat

1. Cengkeh

Kandungan anti inflamasi pada cengkeh mampu membantu mengatasi rasa sakit pada gigi. Bukan hanya itu, kandungan anti oksidan, anti bakteri, dan anestesi pada cengkeh juga dapat membantu mengurangi sakit gigi. Yang perlu anda lakukan cukup meneteskan sedikit minyak cengkeh pada kapas, lalu tempelkan pada gigi anda yang sakit. Anda juga bisa langsung berkumur dengan air yang telah dicampur minyak cengkeh.

Baca juga : Sejuta manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan

2. Bawang putih

Bakteri juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah sakit gigi dan juga gusi yang bengkak. Kandungan antiseptik alami pada bawang putih inisangat efektif membunuh bakteri penyebab gigi sakit atau berlubang. Cukup haluskan satu siung bawang putih yang telah dicuci. Setelah halus lalu tempelkan pada gigi yang sakit, berlubang, atau gusi bengkak.

Baca juga : Manfaat dan efek samping bawang putih untuk kesehatan

3. Garam

Garam memiliki kandungan yang sangat ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Cara penggunaannya pun bervariasi. Anda bisa mengoleskan secara langsung pada gigi anda. Selain itu, anda juga bisa mencampurkannya pada satu gelas air hangat, lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Kandungan pada garam mampu membunuh bakteri penyebab gigi sakit.

4. Jeruk nipis

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Bukan hanya mengobati, tapi juga dapat memberikan bau harum pada mulut. Cukup peras air jeruk nipisnya, lalu gunakan untuk berkumur dan diamkan sejenak pada gigi yang sakit, berlubang atau gusi yang bengkak. Lakukan cara ini dengan rutin.

5. Kunyit

Kunyit sudah sangat terkenal pada pengobatan china. Kurkumin atau pigmen kuning pada kunyit dipercaya mampu mengobati sakit gigi, pencernaan, haid, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, kandungan pada kunyit juga membantu mencegah pembengkakan gusi. Untuk menggunakannya cukup mudah, haluskan kunyit hingga benar-benar harus, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Merica

Merica sangat efektiv untuk menyembuhkan gigi yang sangat sensitif. Anda bisa memanfaatkannya dengan mencampurkan garam dengan jumlah yang sama lalu campurkan dengan beberapa tetes air hingga menjadi pasta. Anda bisa menggunakan pasta ini sebagai pereda sakit gigi. Oleskan pada gigi yang sakit lalu diamkan selama beberapa menit. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

7. Bawang merah

Sama halnya bawang putih, bawang merah juga bisa mengatasi masalah gigi yang sakit. Sifat antimikroba dan antiseptik pada bawang merah ini berfungsi mengontrol sakit gigi. Gunakan satu siung bawang merah yang masih mentah lalu kunyah secara perlahan selama beberapa saat. Jika tidak bisa mengunyah, anda bisa menempelkan potongan bawang merah ini pada gigi yang sakit.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah sakit gigi yang anda rasakan. Anti inflamasi, analgesik, dan juga anti mikroba didalamnya mampu meringankan rasa sakit dan mencegah pembengkakan. Cara menggunakannya pun mudah, rebus 4-5 daun biji. Kemudian tambahkan garam. Gunakan berkumur setelah hangat atau dingin.

9. Tepung lada

Penggunaan tepung lada ini lebih menjaga dan mengurangi rasa sakit. Penggunaannya pun sangat mudah dibandingkan dengan yang lain. Campurkanlah sedikit tepung lada ini pada pasta gigi. Lalu gunakanlah pasta gigi yang telah dicampur tempung untuk sikat gigi anda. Lakukanlah dua kali sehari agar sembuh lebih cepat.

10. Daun kembang sora

Daun kembang sora merupakan tanaman yang hanya mekar di sore hari. Anda bisa memanfaatkan daun kembang ini untuk mengobati rasa sakit pada gigi anda. Cara mengobatinya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun kembang sore. Kemduan gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur.

11. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh memang biasanya digunakan untuk campuran masakan agar lebih sedap. Namun anda juga bisa memanfaatkan belimbing wuluh ini untuk mengatasi gigi yang sakit. Cukup makanlah belimbing wuluh yang sudah dicocol dengan garam. Kunyahlah dengan menggunakan gigi anda yang sakit. Lakukan secara perlahan dan rutin.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami yang Ampuh Atasi Sakit Gigi dengan Cepat. Sakit gigi memang sangat menyiksa sekali, namun dengan bahan alami diatas, masalah sakit gigi bisa kita atasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.