Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik Secara Alami

Penyebab dan cara mengatasi kulit bersisik secara alami - Kulit yang bersisik memang terasa sangat tidak nyaman. Sebab dengan kulit yang bersisik, kulit terasa kasar, penampilan kurang maksimal, dan akhirnya rasa percaya diri menjadi berkurang.

Berbicara tentang kulit yang bersisik, biasanya hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti radikal bebas, polusi udara, sinar UV, dan lain sebagainya. Apalagi kalau ditambah tidak pernah melakukan perawatan, tentu akan lebih mudah kulit anda bersisik. Oleh sebab itu sangat perlu bagi anda untuk rutin melakukan perawatan kulit agar selalu lembab, lembut, halus, dan terbebas dari kering dan bersisik.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah kulit bersisik jika sudah terlanjur mengalaminya? Untuk mengatasi kulit bersisik dan kering, anda bisa menggunakan banyak cara yang alami. Selain lebih efektif juga lebih aman. Namun sebelum anda mengatasinya, ketahuilahberikut ini beberapa penyebab terjadinya kulit bersisik:
Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik Secara Alami
Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik Secara Alami

Penyebab kulit bersisik

1. Kurang perawatan

Kurangnya perawatan pada kulit bisa menjadi penyebab terjadinya kulit bersisik. Ini disebabkan karena tidak ada keseimbangan antara polusi udara yang merusak kulit dengan perawatan yang membersihkan kulit. Akhirnya kulit menjadi tidak sehat dan bersisik. Dan perawatan yang tidak cocok juga bisa menyebabkan rusaknya kulit. Contohnya sabun yang tidak tepat atau tidak cocok.

2. Terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah memang sangat dianjurkan, dan itu sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit wajah. Namun harus ingat, jangan berlebihan dalam mencuci wajah. Sebab mencuci wajah berlebihan dapat membuat wajah anda menjadi rusak, dan bahkan menyebabkan kulit anda menjadi lebih kering dan bersisik. Cucilah sewajarnya dan jangan berlebihan.

3. Pergantian kulit

Jika anda mengalami kulit bersisik, jangan panik dulu. Mungkin saja itu dikarenakan faktor pergantian kulit. Pergantian atau regenerasi kulit juga bisa menjadi faktor penyebab kulit anda bersisik dan kering. Regenerasi kulit ini membuat kulit terlihat bersisik karena lapisan kulit tampak mengering dan terkelupas.

4. Cuaca panas dan dingin

Mungkin cuaca yang panas sudah menjadi hal yang wajar kalau bisa membuat kulit anda menjadi kering. Namun setidaknya anda juga menggunakan pelembab agar tidak kering dan bersisik saat musim panas. Tapi tahukah anda pada saat musim dingin juga bisa membuat kulit anda kering bahkan bersisik? Hembusan angin dingin membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

5. Pola makan yang salah

Pola makan yang tidak teratur atau salah juga bisa menyebabkan kulit anda menjadi rusak, kering, dan bersisik. Pola makanan yang salah tidak akan bisa mencukupi asupan nutrisi dalam tubuh, sehingga nutrisi yang dibutuhkan kulit menjadi kurang. Alhasil kulit menjadi terlihat tidak sehat dan kering bahkan bersisik.

6. Kurang nutrisi

Sama halnya dengan pola makan yang tidak teratur, hal tersebut membuat kulit kurang nutrisi. Namun nutrisi yang dimaksud ini bukan hanya dari makanan, tapi juga dari lainnya juga, seperti minuman, sinar matahari dipagi hari, dan lain sebagainya. Kulit yang kekurangan nutrisi akan berubah menjadi kering dan bersisik, sebab itu anda harus selalu penuhi nutrisi kulit setiap hari.

7. Genetik atau keturunan

Faktor genetik atau keturunan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kulit kering dan bersisik. Jika anda memiliki kulit yang kering dan bersisik, coba lihat pada orang tua anda atau kakek dan nenek anda. Jika keluarga anda memiliki riwayat keturunan kulit bersisik, maka itu suatu hal yang wajar jika terjadi pada anda. Namun anda tetap bisa mengatasinya dengan berbagai cara.

8. Tidak menggunakan tabir surya

Tabir surya sangatlah penting bagi kulit untuk menjaga kelembaban kulit dan kesehatan kulit. Khususnya ketika anda akan keluar ruangan. Sengatan sinar UV dapat membakar dan merusak kulit anda, dengan menggunakan tabir surya, kulit anda akan terlindungi dari sengatan sinar UV. Selalu gunakan tabir surya untuk menjaga kulit anda agar tetap lembab, lembut, dan sehat.

9. Indikasi adanya penyakit

Jika anda telah melakukan berbagai perawatan kulit namun tetap saja tidak mengatasinya, mungkin saja ada suatu indikasi adanya penyakit pada kulit anda. Seperti penyakit psoriaris, eksem, dan beberapa jenis penyakit lainnya. Jenis penyakit tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik. Segera konsultasi dokter jika anda menemukan hal yang tidak wajar pada kulit anda.

Cara alami mengatasi kulit bersisik

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab terjadinya kulit bersisik. Sekarang saatnya anda mengatasi masalah tersebut. Anda bisa mengatasi masalah kulit anda yang bersisik dengan menggunakan cara alami berikut ini:

1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun telah dipercaya akan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah untuk kecantikan kulit. Jika anda memiliki kulit yang kering dan bersisik, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasinya secara alami. Mengoleskan minyak zaitun secara rutin akan menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Regenerasi kulit akan menjadi lebih baik.

2. Pisang

Pisang bukan hanya dapat meningkatkan kekuatan otak saja, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan kulit anda. Dengan perawatan menggunakan pisang ini mampu membuat kulit menjadi lebih lembab dan halus. Cukup oleskan pasta buah pisang pada kulit anda merata. Tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Kulit akan terbebas dari kekeringan dan terbebas dari kulit bersisik.

3. Peeling

Anda juga bisa melakukan peeling atau scrubbing dengan scrub dari bahan-bahan alami, seperti buah atau sayuran. Dengan melakukan scrubing ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Sehingga kulit menjadi lebih sehat dan terbebas dari kulit kering. Kulit juga akan terlihat lebih terawat.

4. Konsumsi air putih cukup

Air putih atau air mineral sangatlah penting bagi tubuh kita maupun kulit kita. Minumlah air putih dengan cukup agar terbebas dari dehidrasi. Jika kulit anda dehidrasi akan kekurangan cairan dan membuat kulit menjadi kering. Minumlah dengan cukup, minimal 8 gelas dalam sehari. Kulit akan terhidrasi, lebih lembab, dan lebih terawat.

5. Diet seimbang

Lakukanlah diet seimbang setiap harinya. Dengan diet seimbang ini akan dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan kulit juga terhindar dari kekeringan. Diet seimbang juga tidak membuat anda terlalu banyak mengkonsumsi gula yang berpotensi membuat dehidrasi dan kering karena kolagen alami tak terbentuk. Dengan diet alami juga bisa membuat anda menutrisi kulit dengan baik dan alami.

6. Makanan yang mengandung kolagen

Makanan yang mengandung kolagen dapat membantu melembabkan kulit dari dalam tubuh anda. Anda bisa mendapatkan makanan berkolagen dari ikan salmon, buah-buahan, dan sayur. Anda juga bisa menggunakan lotion dan essens yang mengandung kolagen untuk diusapkan pada kulit anda secara merata.

7. Mengangkat sel kulit mati

Kulit yang kering dan bersisik biasanya akan terasa kasar bila disentuh. Hal ini disebabkan karena sel kulit mati yang tidak terangkat. Anda bisa membersihkan dan mengangkat sel kulit mati dengan menggosok kulit dengan scrub secara perlahan menggunakan spons. Lakukan secara rutin hingga tak terlihat lagi kulit bersisik.


Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik Secara Alami. Semoga  informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.