Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

rina

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan - Belimbing wuluh adalah salah satu buah yang memiliki rasa asam melekat namun menyegarkan. Banyak orang yang memanfaatkan belimbing wuluh ini sebagai bahan campuran rujak atau makanan lainnya.

Belimbing wuluh termasuk jenis varietas berbeda dari buah belimbing biasa. Oleh sebab itu belimbing wuluh tidak besar seperti belimbing pada umumnya. Besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa. Belimbing wuluh ini juga sudah banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan untuk menghasilkan rasa masam alami. Belimbing wuluh juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari belimbing wuluh ini. Bahkan banyak orang yang tidak mengetahui akan manfaat dari belimbing yang asam ini. Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan:
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan

1. Efek mengobati sakit gigi

Belimbing wuluh memiliki efek dapat meredakan sakit gigi. Jadi, anda tidak perlu membeli obat yang dijual bebas di toko. Anda hanya perlu mengobatinya secara alami dengan belimbing wuluh. Cukup tumbuk belimbing wuluh dan letakkanlah pada bagian gigi yang berlubang.

2. Mengatasi sariawan

Memang terdengar sangat ekstrim jika hal ini dilakukan. Sebab, belimbing wuluh memiliki rasa asam yang melekat. Jadi akan sedikit menyiksa bagi penderita sariawan. Tapi jangan khawatir, banyak yang percaya kalau belimbing wuluh efektif menghilangkan sariawan dengan cepat.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengobati sariawan 

3. Mengobati batuk

Jika anda mengalami gejala batuk, baik itu batuk berdahak atau tidak, anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Siapkan 3 butih belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah air satu cangkir. Rebuslah hingga mendidih, Lalu saring airnya dan minumlah di pagi dan malam hari saat perut masih kosong.

4. Mengobati panas dalam

Belimbing wuluh juga bisa membantu meredakan panas dalam pada tubuh anda. Baik itu sariawan maupun bibir pecah-pecah. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam belimbing wuluh sangat membantu mengobati panas dalam.

5. Mengobati pegal linu

Pegal linu memang sangat merepotkan. Mau beraktivitas terasa tidak nyaman. Namun anda bisa mengatasinya dengan mudah menggunakan belimbing wuluh. Yang anda manfaatkan bukan buahnya tapi daunnya. Cukup ambil daun belimbing wuluh satu genggam yang masih muda, 10 biji cengkeh, 15 biji lada. Gilinglah semua bahan dan tambahkan cuka secukupnya. Lurmurkan pada yangs akit.

6. Mengobati panu

Memang panu bukan penyakit yang mematikan, tapi panu bisa mengurangi rasa percaya diri kita saat bersama orang lain. Anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Cukup giling belimbing wuluh secukupnya dan tambahkan kapur sirih sebesar biji asam jawa, aduk hingga rata, lalu gosokkan pada kulit yang terkena panu secara perlahan.

7. Mengobati rematik

Masalah rematik juga bisa anda atasi dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Obat tradisional ini sangat efektif mengatasi masalah rematik. Ambil 100gram daun belimbing wuluh muda, 10 biji cengkeh, dan 15 biji merica. Giling semua bahan hingga halus, tambahkan cuka secukupnya. Oleskan pada pinggang yang sakit.

8. Mengatasi diabetes

Diabetes bisa menyebabkan berbagai macam penyakit bahakan hingga penyakit jantung. Anda bisa menyembuhkan diabetes secara perlahan dengan memanfaatkan belimbing wuluh. 6 buah belimbing wuluh dilumatkan dan direbus dengan segelas air. Saring dan ambil air rebusannya. Zat asam tersebut mampu menghilangkan serta menekan diabetes pada tubuh anda.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Hal ini karena tekanan darah yang meningkat drastis menyebabkan kinerja organ tubuh seperti jantung menjadi terganggu. Cukup siapkan 10 belimbing wuluh, 1 jari rimbang kunyit, seperempat genggam daun meniran, 3 jari labu air, 3 jari gula enau. Cuci belimbing wuluh dan potong secukupnya. Rebuslah dengan 3 gelas air bersih. Saring airnya dan minum sebanyak 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan

1. Mengatasi jerawat

Belimbing wuluh bukan hanya baik untuk kesehatan saja, tapi juga bisa anda manfaatkan untuk perawatan kulit wajah seperti mengatasi jerawat. Zat asam pada belimbing wuluh memang memberikan efek sakit atau perih pada kulit berjerawat. Namun tenang, itu hanya sementara, sifat antioksidan pada belimbing wuluh ini dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegahnya kembali.

2. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori kulit yang besar memang menjadi sumber bagi masalah kulit. Sebab, pori-pori yang besar bisa memudahkan kotoran untuk masuk dan menyumbat. Untuk mengatasinya dan mengecilkan pori-pori, anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh. Cukup tumbuk 5 belimbing wuluh dan campur dengan garam secukupnya. Oleskan pada wajah anda merata. Tunggu 10 menit dan bersihkan.

3. Masker wajah

Anda juga bisa menjadikan belimbing wuluh sebagai bahan utama masker wajah anda. Dengan menggunakan masker belimbing wuluh, wajah akan terlihat lebih cerah, bening, dan berseri. Anda cukup mengambil 10 belimbing wuluh lalu diblender. Tambahkan air hangat dan oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air. Lakukan sebelum tidur.

4. Merawat kuku

Untuk merawat kuku-kuku anda agar tetap terlihat cantik dan sehat, anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh. Anda cukup menghancurkan belimbing wuluh dengan kuku kita, caranya seperti ditusuk-tusuk tapi menggunakan kuku kita, seperti mencakar. Dengan begitu, kotoran dalam kuku akan keluar dan bersih.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.