Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah yang Besar

rina

Cara alami mengecilkan pori-pori kulit wajah yang besar - Pori-pori kulit wajah yang besar merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai macam masalah kulit. Seperti masalah jerawat, komedo, noda hitam, keriput, dan lain sebagainya. Itu sebabnya mengapa kita harus segera mengatasi pori-pori yang besar.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan pori-pori kulit menjadi besar. Salah satunya adalah faktor alam dan lingkungan yaitu terkena sinar matahari secara langsung dan berlebihan, polusi udara, radikal bebas, dan masih banyak lagi. Sering kali banyak orang yang mengabaikan akan hal ini. Sehingga tidak sedikit pula yang mengalami pori-pori membesar.

Untuk mengatasi pori-pori yang besar, ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Tentunya cara alami yang lebih aman dan efektif. Namun sebelum anda mengecilkan pori-pori, perlu anda ketahui lebih jelas lagi mengenai penyebab pori-pori membesar.
Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah yang Besar
Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah yang Besar

Penyebab pori-pori kulit besar

1. Genetika

Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu penyebab pori-pori anda membesar. Jika anda memiliki pori-pori yang besar, coba lihat pada orang tua anda. Apakah keluarga anda memiliki riwayat pori-pori kulit yang besar? Jika iya, maka pori besar milik anda itu bisa jadi karena faktor genetik. Anda tetap bisa mengatasinya dengan perawatan rutin.

2. Kotoran

Kotoran yang berterbangan seperti polusi udara juga dapat menyebabkan pori-pori menjadi besar. Bukan hanya kotoran polusi udara saja, tapi juga kotoran sisa make up yang tidak dibersihkan secara teliti. Ini bisa menyebabkan pori-pori anda menjadi besar. Semakin lama kotoran tersebut akan semakin menumpuk  dan bisa menyebabkan penyumbatan.

3. Produksi minyak berlebihan

Produksi minyak berlebihan pada kulit wajah memang terasa tidak nyaman. Selain itu, minyak yang berlebihan juga bisa menyebabkan pori-pori membesar. Jika kulit anda memiliki produksi minyak yang berlebihan, bisa jadi itu merupakan penyebab pori-pori anda menjadi besar.

4. Pertumbuhan bakteri pada kulit

Bakteri yang tumbuh pada kulit anda bisa disebabkan karena kotoran yang terlalu lama menempati kulit. Bakteri dan kuman yang singgah akan membuat pori-pori menjadi lebih besar. Hal ini bisa menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.

5. Sinar matahari siang

Sinar matahari di siang hari memang harus dihindari. Sinar inilah yang jika menyengat kulit anda secara langsung dan berlangsung lama, akan bisa menyebabkan pori-pori anda menjadi lebih besar. Hal ini juga bisa membuat kulit anda menjadi terbakar dan rusak.

6. Produk kecantikan

Produk kecantikan memang bisa membuat kulit anda menjadi lebih cantik, bersih, dan bersinar. Tapi jika produk itu tidak cocok pada kulit anda, maka bisa menyebabkan kulit anda menjadi rusak. Dan masalah yang bisa saja anda hadapai adalah pori-pori membesar.

Cara mengecilkan pori-pori yang besar

1. Madu

Untuk mengatasi masalah pori-pori yang besar, anda bisa menggunakan madu. Madu mampu membuat kulit anda menjadi lebih lembab, berseri, dan sel kulit mati terangkat. Bahkan madu juga dapat mengecilkan pori-pori anda. Anda cukup mengoleskan madu pada kulit wajah anda secara merata. Kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menambahkan jeruk lemon pada madu yang dioleskan.

2. Es batu

Es batu adalah salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori. Cara ini merupakan cara paling sederhana. Anda cukup menempelkan dan mengoleskan es batu pada kulit wajah anda merata. Tunggu selama 15-30 menit lalu bersihkan dengan air bersih dan kemudian bersihkan dengan handuk halus.

3. Putih telur

Telur kaya akan kandungan proteinnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan didalamnya tersebut dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit seperti pori-pori yang besar. Anda cukup menjadikan putih telur sebagai masker yang anda oleskan pada kulit secara merata. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa memanfaatkan tomat sebagai masker kulit wajah. Cukup haluskan tomat dengan blender lalu oleskan pada kulit wajah anda merata. Secara perlahan pori-pori wajah anda akan mengecil. Lakukan cara ini secara rutin.

5. Lemon

Lemon juga kaya akan vitamin C yang manfaatnya tidak kalah dengan tomat. Lemon juga bisa anda gunakan sebagai bahan alami perawatan kulit wajah. Kandungan didalamnya mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan pori-pori menjadi kecil. Anda bisa mengoleskan air lemon pada kulit wajah anda setiap malam. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

6. Gula dan minyak zaitun

Minyaj zaitun telah dipercaya mampu mengatasi masalah kulit. Minyak zaitun juga bisa mengecilkan pori-pori kulit secara alami. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun dengan campuran gula pada kulit wajah anda secara merata. Tunggu beberapa saat hingga kandungannya meresap. Setelah itu bilas dengan air bersih. Pori-pori akan mengecil dan kulit akan terasa lebih lembab.

7. Almond

Almond memiliki difat restoratif yang dapat meminimalkan pori-pori yang terbuka. Bahkan almond ini dapat menghaluskan dan melembabkan kulit wajah. Ambilah 5-6 biji kacang almond. Hancurkan hingga halus. Tambahkan beberapa tetes jus lemon dan aduk hingga seperti pasta. Lalu oleskan pada wajah anda secara merata. Tunggu 20 menit dan bilas dengan air bersih.

8. Cuka apel

Cuka apel juga bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah secara efektif dan alami. Cuka apel bersifat anti inflamasi dan anti mikroba yang dapat mengencangkan kulit sekaligus menjaga tingkat keasaman pH. Anda cukup mengoleskan cuka apel pada kulit wajah anda merata. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.


Demikianlah informasi tentang  Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah yang Besar. Pori-pori besar selain tak enak dipandang juga menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.