Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Daun pepaya memiliki ciri khas rasa yang pahit, namun dibalik rasa yang pahit tersebut daun pepaya banyak terkandung khasiatnya. Baik khasiat dalam bidang kesehatan ataupun kecantikan. Manfaat daun pepaya dalam kesehatan kesehatan seperti bisa menyehatkan sistem pencernaan, mengobati masuk angin, mencegah diabetes dan lain sebagainya, sedangkan dalam bidang kecantikan bisa berkhasiat untuk mengatasi jerawat, mengurangi ketombe dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. 
Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

A. Kandungan nutrisi daun pepaya

Daun pepaya banyak mengandung berbagai macam zat, diantaranya yaitu:
Vitamin A 18250 SI
Vitamin B1 0,15 mg
Vitamin C 140 mg
Kalori 78 mg
Protein 7 gram
Lemak 2 gram
Hidrat arang 11 gram
Kalsium 350 gram
Fosfor 63 mg
Zat besi 0,8 gram
Air 7,5 gram
Selain itu daun pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin lainnya.

B. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan

1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Jus daun pepaya mengandung papain yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti cacing, parasit, bakteri, serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing pada usus, sehingga cacing pada usus tidak bisa menempel.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat lain dari jus daun pepaya yaitu bisa melawan virus seperti virus flu. Daun pepaya juga bisa melakukan regenerasi trombosit serta sel darah putih. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung kekebalan tubuh.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan enzim papaen yang terdapat dalam daun pepaya bisa membantu dalam pencernaan protein serta bisa berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Rebusan dari daun pepaya dipercaya bisa mulas serta merangsang nafsu makan.

4. Obat penambah nafsu makan

Untuk mengatasi kurang nafsu makan dengan menggunakan daun pepaya yaitu dengan menyiapkan daun pepaya yang segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian disaring lalu diminum airnya. Cara seperti ini sangat baik untuk digunakan untuk anak yang kurang memiliki nafsu makan.

5. Mengurangi nyeri haid

Wanita zaman dahulu sering menggunakan daun pepaya untuk mengurangi rasa nyeri akibat haid. Jus yang terbuat dari daun pepaya bisa efektif untuk mengurangi rasa nyeri haid, lebih baik lagi jika ditambahkan asam jawa dan sedikit garam.

6. Mencegah demam berdarah

Daun pepaya juga memiliki khasiat bisa mencegah demam berdarah, caranya yaitu dengan meminum rutin air rebusan daun pepaya. Untuk hasil yang lebih baik anda juga bisa menambahkannya sedikit madu biar ada rasa manisnya.

7. Anti malaria

Menurut para peneliti, daun pepaya memiliki sifat anti malaria. Jus daun pepaya juga sering digunakan di belahan dunia sebagai profilaksis untuk mencegah menyebarnya bibit malaria di daerah endemis tertentu.

8. Mengobati masuk angin

Daun pepaya juga dipercaya bisa berkhasiat untuk mengobati masuk angin. Cara pemanfaatannya sebagai obat masuk angin yaitu dengan meminum air rebusan daun pepaya yang telah dicampur dengan jinten, sereh, jahe serta gula jawa. Jangan lupa disaring terlebih dahulu, minumlah selagi hangat.

9. Mencegah dan mengobati diabetes

Daun pepaya juga bisa berkhasiat untuk mengobati diabetes. Daun pepaya mengandung senyawa yang bisa mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya bisa stabil. Namun anda juga bisa harus mengontrol makanan yang anda konsumsi.

10. Memperkuat tulang dan gigi

Konsumsi sayur daun pepaya secara rutin bisa memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam daun pepaya dipercaya bisa membuat tulang lebih kuat serta gigi menjadi sehat.

11. Mengatasi tekanan darah tinggi

Khasiat daun pepaya selanjutnya yaitu bisa mengontrol tekanan darah tinggi. Caranya yaitu rebus lima lembar daun pepaya bersama dengan setengah liter air kemudian air rebusan tersebut tambahkan sedikit madu murni atau gula merah, minumlah selagi hangat.

12. Sifat anti kanker

Menurut para peneliti jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap timur, seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru serta kanker prankreas. daun pepaya yang terasa pahit memang banyak mengandung zat anti kanker sebagaimana ditemui pada manfaat daun binahong.

13. Obat batu ginjal

Sebagai obat batu ginjal sediakan beberapa lembar daun pepaya segar kemudian cuci dengan air bersih, rebus dengan air secukupnya. Lalu minum air hasil rebusan tersebut, selang 30 menit kemudian minumlah air kelapa muda. Namun cara tersebut tidak dianjurkan bagi yang menderita tekanan darah tinggi.

14. Menghilangkan jerawat di wajah

Cara pengobatannya yaitu dengan menumbuk daun pepaya tua yang sebelumnya telah dijemur. Campurkan dengan air hangat kemudian oleskan pada daerah wajah yang berjerawat. Diamkan selama sekitar 30 menit kemudian cuci dengan air bersih.

15. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam yang timbul akibat bekas jerawat, sel kulit mati ataupun bekas luka bisa diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Caranya yaitu tumbuk halus daun pepaya atau blender kemudian tempelkan pada wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

16. Mengurangi ketombe

Ketombe selain bisa mengganggu penampilan juga bisa membuat kulit kepala menjadi gatal, untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan daun pepaya. Kandungan senyawa karpain yang ada dalam daun pepaya bisa menghilangkan kotoran serta minyak yang menumpuk pada kulit sehingga ketombe tidak datang lagi.

Baca juga : Cara alami mengatasi ketombe dengan cepat

17. Menjadi kondisioner

Daun pepaya bisa bermanfaat sebagai kondisioner yang sangat bagus buat menjaga kesehatan rambut kepala. Hal ini juga bisa membuat rambut menjadi lembut dan bebas dari jerawat. Lebih baik lagi jika ditambahkan bahan-bahan alami lainnya.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Daun pepaya memang rasanya pahit, namun daun pepaya kerap digunakan sebagai obat tradisional. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.