Cara Mudah Cegah Diabetes Sejak Dini

rina

Cara mudah cegah diabetes sejak dini - Diabetes adalah salah satu penyakit serius yang kasusnya akhir-akhir ini meroket. Banyak orang yang didiagnosis menderita penyakit diabetes karena gaya hidup yang tidak sehat serta kurang olahraga. Oleh sebab itu diwajibkan bagi kita menerapkan hidup sehat dan rutin olahraga.

Diabetes merupakan penyakit yang siebabkan karena kelebihan kadar gula darah dalam tubuh. Ini menyebabkan diabetes tak dapat lagi ditangkal. Namun anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah diabetes. Sebelum terlambat terserang penyakit mengerikan ini, ubahlah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang lebih sehat.

Untuk mencegah diabetes, anda bisa mencoba melakukannya sejak dini. Tidak perlu cara yang sulit dan menyulitkan. Cukup dengan cara sederhana dan dari kecil. Namun sebelum anda melakukan pencegahan, ketahuilah berikut ini menurut para ahli mengenai faktor penyebab datangnya diabetes:

Penyebab diabetes

  • Keturunan
  • Aktivitas kurang
  • Diet
  • Sering konsumsi teh manis
  • Stres atau terlalu tegang
  • Kegemukan
  • Suka ngemil
  • Kekurangan tidur
  • Merokok
  • Gaya hidup yang tidak sehat

Cara mencegah diabtes

Cara Mudah Cegah Diabetes Sejak Dini
Cara Mudah Cegah Diabetes Sejak Dini

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari diabetes. Selanjutnya anda perlu melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya diabetes:

1. Kurangi konsumsi gula

Gula adalah salah satu penyebab datangnya penyakit diabetes. Sebab itu anda sangat perlu untuk mengurangi konsumsi gula setiap harinya. Seseorang yang mengkonsumsi berbagai makanan atau minuman  yang sarat akan gula bisa memiliki resiko 2x lebih besar mengalami diabets daripada orang yang jarang minum minuman bergula.

2. Lakukan kegiatan fisik lebih banyak

Perbanyaklah aktivitas fisik sehari-harinya. Tidak harus olahraga yang biasa dilakukan, tapi aktivitas lainnya, misalkan anda berangkan ke kantor dengan berjalan kaki. Atau aktivitas lainnya. Namun akan lebih baik jika anda rutin olahraga setiap harinya, cukup dengan olahraga ringan dan tidak perlu yang berat-berat. Meningkatkan olahraga akan membuat tubuh lebih efisien menggunakan insulin sampai 70 jam.

3. Dapatkan banyak serat dalam makanan

Makanan yang kaya akan kandungan seratnya dapat anda manfaatkan untuk melancarkan pencernaan anda. Pencernaan yang lancar dapat membantu anda mempercepat menurunkan berat badan. Anda bisa memilih berbagai macam makanan berserat seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, serta makanan lainnya. Salah satu makanan yang tinggi serat dan bisa mengendalikan diabetes adalah dedak padi dan bekatul

4. Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian

Konsumsilah makanan berbahan dasar kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membantu memerangi diabetes. Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa kacang-kacangan dan biji-bijan memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menghindarkan kita dari penyakit diabetes.

5. Turunkan berat badan

Sebanyak 80% penderita diabetes mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan. Jika anda mengalami kelebihan berat badan, segeralah lakukan cara agar bisa menurunkannya. Sebab berat badan yang berlebih juga termasuk salah satu penyebab terjadinya diabetes. 

6. Hindari makanan berlemak

Hindarilah berbagai macam makanan berlemak seperti daging merah, fastfood, gorengan, dan makanan lainnya yang mengandung kolesterol tinggi. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi itulah yang dapat memicu datangnya penyakit diabetes. Hindarilah dari sekarang agar terhindar juga dari diabetes.

7. Perbanyaklah minum air mineral atau air putih

Pastikan kandungan cairan dalam tubuh anda tidak mengalami kekurangan. Sebab jika kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi dan dapat memicu datangnya diabetes. Perbanyaklah mengkonsumsi air mineral atau air putih setiap harinya. Dianjurkan bagi setiap orang minimal mengkonsumsi air putih yaitu 8 gelas perhari. Ini akan membantu menjauhkan anda dari diabetes.

Baca juga : Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan

8. Perbanyak minum produk susu rendah lemak

Jika anda ingin mengkonsumsi susu, pilihlah susu yang rendah lemak. Semakin banyak mengkonsumsi susu yang rendah lemak, akan semakin rendah resiko sindrom metabolik. Secara khusus mereka yang mengkonsumsi susu lebih dari 35 porsi, seminggu memiliki resiko jauhlebih rendah dibandingkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari 10 porsi seminggu.

9. Berhenti merokok

Merokok memang bukan kebiasaan yang baik. Berdasarkan tulisan yang tertara pada bungkus rokok, bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, gagal janin, dan sebagainya, itu memang benar dan jika melakukan kebiasaan itu terus-menerus akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes. Bahkan jika 20 batang rokok setiap harinya dapat menyebabkan meningkatnya resiko 3 kali lipat lebih besar mengalami diabetes.

Baca juga : Bahaya rokok bagi kesehatan

10. Hindari stres

Hindarilah berabagai macam sesuatu yang dapat memicu terjadinya stres. Sebab stres dapat menyebabkan anda lebih mudah terserang diabetes. Orang yang stres biasanya melampiaskannya dengan makan berlebihan serta tidak memikirkan makanan apa yang dikonsumsi yang penting enak. Hal ini justru dapat menyebabkan kolesterol dan kadar gula menjadi meningkat atau menumpuk dalam tubuh. Untuk itu, hindarilah berbagai masalah yang memicu kestresan.

Demikianlah informasi tentang  Cara Mudah Cegah Diabetes Sejak Dini. Diabetes salah satu penyakit kronis yang harus kita cegah sejak dini. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.