Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

rina

Penyebab rambut beruban dan cara mengatasinya - Uban adalah salah satu gejala yang menunjukkan seseorang itu sudah mulai menginjak usia tua. Ya, dengan usia yang sudah mulai tua, rambut akan secara perlahan memutih karena kandungan melanin rambut yang mulai berkurang. Lalu bagaimana jika seseorang mengalami rambut beruban di usia muda?

Memang tidak selalu rambut uban itu terdapat pada orang tua. Bahkan yang masih muda pun bisa mengalami rambut beruban, baik itu pria maupun wanita. Rambut yang beruban ini bisa disebabkan karena banyak faktor. Di usia muda jika mengalami rambut beruban, kemungkinan bisa disebabkan oleh faktor genetik, faktor penyakit, atau faktor lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut beruban di usia muda?

Untuk mengatasinya ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat membantu mengatasi masalah uban. Namun sebelum itu, simak berikut ini beberapa penyebab rambut beruban di usia muda:
Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya
Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

 Penyebab rambut beruban diusia muda

1. Stres

Salah satu penyebab munculnya uban adalah karena anda sering merasa terbebani dengan suatu masalah, baik itu masalah kecil maupun besar. Masalah tersebut akhirnya membuat anda stres dan anda tak bisa mengendalikan stres anda. Maka secara perlahan munculah uban pada kulit kepala anda. Bukan hanya uban, namun juga bisa membuat rambut anda mudah rontok hingga sampai botak.

2. Perwarnaan rambut

Memang mewarnai rambut itu terasa menyenangkan. Pasalnya, dengan rambut yang diwarnai sesuka hati kita akan terlihat lebih sempurna cantiknya. Namun tahukah anda kalau ternuata pewarnaan rambut dapat menyebabkan munculnya uban? Bahan kimia yang terkandung didalamnya dapat merusak sel-sel melanin rambut. Itu sebabnya uban bisa cepat muncul di usia muda.

3. Mencuci rambut dengan air sadah

Sering mencuci rambut anda dengan air sadah merupakan kebiasaan yang kurang tidak baik. Sebab, air sadah mengandung oksidan yang dapat membuat rambut rontok, kering, kusam, keriting, dan tipis. Bahkan kebiasaan ini juga dapat membuat rambut anda cepat beruban.

4. Ketidakseimbangan hormon

Perubahan hormon pada tubuh anda juga dapat menjadi penyebab munculnya uban. Sebab, perubahan hormon sangat berperan penting menentukan kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal yang signifikan dalam tubuh seperti kehamilan atau penyakit tiroid dapat menyebabkan munculnya uban.

5. Faktor genetik

Faktor genetik juga merupakan penyebab terjadinya uban. Jika orang tua anda memiliki kelainan ini, maka hal ini bisa diturunkan pada sang buah hatinya. Bahkan hal ini bisa terjadi kemungkinan besar. Maka lihatlah jika anda beruban di usia muda, tanyakan juga pada orang tua anda apakah memiliki kelainan tentang uban.

6. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok adalah suatu kebiasaan yang memang tidak patut untuk ditiru. Sebab, merokok dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit. Merokok dapat menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak kulit maupun tubuh anda. Salah satu masalah yang mungkin akan anda hadapi adalah rambut beruban. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan rambut menjadi lebih cepat memutih.

Baca juga : Bahaya rokok bagi kesehatan

7. Mengkonsumsi makanan cepat saji

Berabagai macam makanan cepat saji juga dapat menyebabkan munculnya uban pada rambut anda. Mengkonsumsi makanan yang cepat saji memang menyenangkan dan praktis, namun anda harus tahu kalau berlebihan akan dapat menyebabkan datangnya penyakit dalam tubuh anda. Dan salah satunya adalah rambut beruban.

8. Penyakit tiroid

Penyakit tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin rambut, sehingga menyebabkan rambut anda menjadi memutih atau beruban. Jadi, pastikan anda selalu memeriksakan kadar tiroid jika tiba-tiba muncul uban.

9. Diet yang salah

Diet yang salah bukan hanya merugikan tubuh anda. Tapi juga dapat mengurangi kecantikan anda pada penampilan rambut. Ya, rambut anda akan lebih cepat memutih. Ketika tubuh anda tidak mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang tepat, maka fungsi tubuh anda tidak berjalan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan rambut, salah satunya adalah uban.

10. Menggunakan hair dryer dan catok rambut secara berlebihan

Menggunakan peralatan kecantikan rambut memang sangat menyenangkan. Sebab, rambut menjadi lebih mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Tapi tahukah anda kalau menggunakannya terlalu berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Rambut mudah rontok, kering, tipis, hingga lebih cepat beruban.

11. Kondisi kulit kepala yang kotor

Kulit kepala yang kurang bersih ternyata juga bisa menyebabkan rambut anda menjadi beruban. Oleh sebab itu sangat perlu bagi anda untuk selalu menjaga kebersihan rambut anda. Sebab, kebersihan merupakan awal dari kesehatan.

12. Manopause dini

Wanita yang mengalami manopause dini juga dapat berisiko mengalami uban pada rambut. Jika hal ini terjadi pada anda, maka secepatnya konsultasikan pada dokter. Sebab hal ini memerlukan penanganan medis.

Cara mengatasi rambut beruban

1. Dengan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu minyak yang dapat anda gunakan untuk menagatasi masalah rambut beruban. Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dengan perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata dan oleskan pada rambut anda hingga kulit kepala anda secara merata. Tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan rambut

2. Minyak kemiri

Minyak kemiri juga bisa anda gunakan untuk mengatasi uban. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

3. Biji pepaya

Bukan hanya buahnay saja yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Biji pepaya pun dapat anda manfaatkan untuk kesehatan tubuh anda, terutama pada rambut anda. Caranya cukup bersihkan biji pepaya dan rendam menggunakan air bersih. Sangrai biji pepaya tersebut seperti menyangrai kopi. Tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa. Lalu oleskan pada rambut anda hingga merata. Tutup menggunakan handuk dan diamkan kurang lebih 2 jam. Lalu bilas dengan air bersih. 

4. Dengan teh

Kandungan antioksidan dalam daun teh juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah uban. Antioksidan dalam daun teh akan membantu melawan serangan radikal bebas, sehingga rambut menjadi lebih sehat. Seduh teh panas dan diamkan semalaman. Gunakan air rendaman teh untuk membasuk kepala. Lakukanlah secara rutin.

5. Dengan mencukupi asupan nutrisi

Selain menggunakan beberapa cara untuk pengobatan, anda juga harus memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh anda, terutama pada kulit kepala anda. Nutrisi yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Terlebih lagi asupan protein yang dapat menjadi zat pembangun.

6. Daun rambutan

Anda jua bisa emmanfaatkan daun rambutan untuk mengatasi uban pada rambut. Cucilah daun rambutan hingga bersih. Haluskan dan tambahkan sedikit air. Saring daun rambutan yang sudah dicampur dengan air. Gaunakanlah air perasan tersebut untuk mengoleskan pada rambut dan kulit kepala anda secara merata. Tunggu 30 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Lemon dan minyak kelapa

Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mengatasi rambut beruban. Sedangkan minyak kelapa mengandung senyawa mineral alami. Kombinasi kedua bahan alami ini dapat membantu mengatasi uban secara efektif. Anda cukup mencampurkan lemon dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala anda merata disertai dengan pijatan perlahan. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.  


Demikianlah informasi tentang Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.