Manfaat Biji Pepaya dan Efek Sampingnya

citra indah

Manfaat Biji Pepaya dan Efek Sampingnya - Pepaya disebut juga dengan betik atau istilah jawanya kates, sedangkan orang sunda menyebutnya dengan gedang. Pepaya adalah sebuah pohon berbuah yang berasal dari Meksiko bagian utara dan bagian selatan dari Amerika.

Daging dari buah pepaya bisa dimakan langsung ketika sudah matang atau bisa juga ketika masih muda yaitu dengan dimasak dibuat sayuran. Daunnya pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran ataupun sebagai terapi obat-obatan secara alami.

Pohon pepaya umumnya hanya bercabang sedikit, pohonnya juga tidak terlalu tinggi, sekitar 5-10 meter dengan daun-daun berbentuk menyerupai sepiral. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari pohon pepaya ini, mulai dari buahnya, daunnya bahkan bijinya juga bermanfaat. Pada kesempatan kali ini yang akan saya uraikan yaitu tentang manfaat biji buah pepaya.
Manfaat Biji Pepaya dan Efek Sampingnya
Manfaat Biji Pepaya dan Efek Sampingnya

Manfaat biji pepaya dan efek sampingnya

1. Biji Pepaya Untuk Mencegah efek parasit dan lainnya

Seperti khasiat buah pepaya, ternyata biji pepaya juga bisa bermanfaat karena mengandung enzim protiolotik yang tinggi dan berguna untuk membantu membersihkan tubuh dari parasit. Kandungan enzim dalam makanan juga berfungsi membersihkan saluran pencernaan dalam tubuh, dan mencegah adanya cacing dan parasit lainnya. Selain enzim protiolotik, biji pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik atau yang biasa disebut carpain yang berfungsi membunuh cacing, parasit dan amuba.

2. Biji Pepaya Untuk Membantu Pencenaan

Biji pepaya juga mengandung zat papain yang berfungsi membantu membersihkan saluran pencernaan dalam tubuh. Dengan demikian, biji pepaya sangat baik untuk sistem pencernaan.

3. Biji Pepaya Ampuh Mengobati sirosis hati

Sirosis hati merupakan keadaan hati yang berubah menjadi menyusut dan keras yang disebabkan karena terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol dalam kurun waktu yang lama. Penyakit ini menyebabkan tidak efektifnya fungsi hati untuk menghilangkan racun dari tubuh, sehingga berbagai masalah yang serius akan muncul. Biji pepaya ini terkenal sebagai obat yang efektif untuk penyembuhan sirosis hati.

4. Membunuh kanker

Salah satu kandungan dalam biji pepaya adalah isothiocyanate yang berfungsi mengobati kanker usus besar, paru-paru, payudara, leukimia dan kanker prostat. Jadi mengkonsumsi biji pepaya dapat menurunkan risiko kanker dan membantu membunuh sel-sel kanker secara alami.

5. Mencegah infeksi virus

Keberadaan virus dalam tubuh dapat menyebabkan rusaknya organ-organ dalam tubuh, dan kandungan agen anti virus dalam biji pepaya efektif untuk menyembuhkan infeksi virus dalam waktu yang singkat.

6. Mencegah peradangan

Biji pepaya dapat mengurangi pembengkakan yang disertai dengan kemerah-merahan dan nyeri yang terjadi karena peradangan.

7. Biji pepaya dalam pelindungan ginjal

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun diinduksi gagal ginjal.

8. Biji pepaya dalam menghilangkan parasit usus

Sebuah penelitian di Nigeria yang dilakukan pada anak-anak dengan parasit usus, hasilnya 76,7 % dari anak-anak yang menerima plasebo, dan ini menjadi bukti bahwa biji pepaya dapat membunuh parasit usus.

9. Biji pepaya basmi racun hati

Rakyat negara Cina meyakini bahwa dalam 1 sendok teh biji pepaya dapat membantu detoktifikasi hati. Para dokter juga merekomendasikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit sirosis hati.

10. Biji pepaya atasi cacingan

Biji pepaya dapat manjadi obat yang sangat ampuh dalam menyembuhkan cacingan.

11. Biji pepaya dapat mengatasi uban

Bertambahnya usia menyebabkan timbulnya uban di kepala, masalah ini dapat diatasi dengan cara mengolesi bagian kepala dengan biji pepaya yang sudah dikeringkan dan ditumbuk terlebih dahulu. Gunakan secara rutin saat mandi kemudian keramaslah dengan air bersih.

Ada dua cara untuk konsumsi biji pepaya yang penuh khasiat dan manfaat ini ;

Pertama, dikonsumsi dengan dibuat jus, yaitu biji pepaya yang sudah dibersihkan langsung diblender.
Kedua,  dengan dikeringkan dan dihaluskan terlebih dahulu, kemudian diseduh dengan air hangat layaknya kopi.

Efek samping

Selain mengandung manfaat dan khasiat yang cukup banyak, biji pepaya juga memiliki efek samping diantaranya dapat mengurangi kesuburan seorang pria, karena substansi dan efek fisiologis yang disebabkan oleh biji pepaya sebaiknya ibu hamil dan para kaum pria tidak mengkonsumsi biji pepaya secara beerlebihan dan terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah manfaat dan efek samping dari biji pepaya. Biji pepaya yang selama ini hanya kita anggap sebagai sampah ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.