Bahaya Makanan Manis untuk Kesehatan Tubuh

rina

Bahaya makanan manis untuk kesehatan tubuh - Siapa sih yang tidak suka makanan manis? Sebagian besar orang menyukai makanan manis. Berbagai macam makanan manis membuat lidah kita merasa ketagihan saat memakanya. Bukan hanya itu, mengkonsumsi makanan manis juga dapat meningkatkan mood. Inilah yang membuat kita ingin terus merasakan makanan manis.

Tapi tahukah anda kalau makanan manis ternyata tidak baik untuk keseahtan? Hal ini berlaku jika dikonsumsi secara berlebihan. Ya, seperti yang telah kita ketahui bahwa makanan manis tidak lepas dari kata diabetes. Memang salah satu penyebab penyakit diabetes adalah karena berlebihan mengkonsumsi makanan manis. Dan jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Lantas, sebenarnya apa saja sih bahaya atau akibat dari mengkonsumsi makanan atau minuman manis? Sebenarnya ada banyak bahaya atau efek samping akan dirasakan seseorang jika berlebihan mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa diantara bahaya mengkonsumsi makanan manis untuk kesehatan tubuh:

Bahaya Makanan Manis untuk Kesehatan Tubuh
Bahaya Makanan Manis untuk Kesehatan Tubuh

1. Kecanduan

Gula atau makanan manis memiliki sifat yang buruk bagi tubuh, hampir sama halnya dengan alkohol yang bisa membuat seseorang merasa kecanduan. Biasanya, saat seseorang mengkonsumsi gula atau makanan manis mereka akan merasa ketagihan. Saat mulai ingin meninggalkan makanan manis, mereka akan merasa lapar dan kembali mengkonsumsi makanan manis atau gula.

2. Permasalahan gigi

Mengapa gula dapat merusak gigi? Hal ini karena bakteri yang ada pada mulut dapat memecah karbohidrat serta makanan manis jadi asam. Akhirnya secara perlahan gigi menjadi rusak dan berlubang. Bakteri akan mengkonsumsi apapun yang berada pada celah-celah gigi. Hindarilah berbagai macam makanan manis seperti permen lunak, kismis, atau roti yang dapat merusak gigi.

3. Memicu kenaikan berat badan

Bukan hanya merusak gigi, tapi juga dapat memicu naiknya berat badan anda. Kebanyakan makanan manis mengandung kalori yang tinggi. Inilah yang menjadi penyebab kenaikan berat badan. Apalagi mengkonsumsi makanan manis tanpa dibarengi dengan olahraga rutin, maka akan dengan mudah berat badan meningkat.

4. Kerusakan sel otak

Mengkonsumsi gula atau makanan manis berlebihan juga berdampak buruk bagi otak. Memang makanan manis seperti cokelat bisa membuat otak kita menjadi lebih tenang, namun jika berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada sel otak. Berdasarkan penelitian tahun 2009 bahwa konsumsi gula memiliki kaitan erat terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.

5. Memberikan racun bagi organ hati

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa gula dan alkohol memiliki efek beracun bagi organ hati. Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ hati yang disebabkan karena kerusakan. Oleh sebab itu disarankan bagi semua orang agar mengurangi konsumsi gula atau makanan manis.

6. Diabetes

Diabetes memang sering dikaitkan erat dengan gula. Sebab, mengkonsumsi gula atau makanan manis merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian, bahwa gula adalah resiko terbesar diabetes. Apabila mengkonsumsi berlebihan akan membuat sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu, dan akibat tidak terkontrol maka akan terjadi peningkatan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

7. Persmasalahan jantung

Konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai masasalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol jahat, serta trigliserida, dimana keadaan ini dapat memicu meningkatnya penyakit jantung dan juga diabetes. Oleh sebab itu disarankan bagi anda untuk mengurangi konsumsi gula atau makanan manis agar terhindar dari penyakit jantung.

8. Membunuh diam-diam

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 2008, bahwa konsumsi fruktosa berlebihan berhubungan dengan peningkatan resiko kondisi resistensi leptin. Leptin merupakan hormon yang memberi tahu otak jika perut sudah kenyang. Jika tubuh mengalami resistensi leptin, maka otak tidak akan merasakan jika perut sudah kenyang. Inilah yang menyebabkan ingin makan dan makan terus. Dalam jangka panjang akan menyebabkan obesitas hingga menyebabkan kematian.

9. Kanker

Setiap manusia memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Dan tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk mematikan sel kanker, sehingga sel tersebut tidak berkembang menjadi kanker yang mematikan. Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan rusaknya mekanisme tersebut. Inilah yang menyebabkan sel kanker mudah berkembang. Belum lagi akhir-akhir ini ada studi yang menunjukkan bahwa gula adalah nutrisi baik bagi sel kanker untuk berkembang.

Demikianlah informasi tentang Bahaya Makanan Manis untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.