6 Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Diabetes

rina

Makanan yang haram dikonsumsi penderita diabetes - Diabetes akan menyerang seseorang ketika pola hidup yang diterapkan tidaklah sehat. Ya, seperti pola makan yang tidak teratur, istirahat tidak cukup dan sebagainya. Apabila mampu mengontrol pola hidup dengan baik dan sehat, maka diabetes pun tidak akan bisa menyerang.

Diabetes dapat dikontrol dengan cara mengadopsi pola hidup yang sehat dan seimbang. Salah satunya adalah memperhatikan pola makan atau diet sehari-hari. Hal itu dilakukan untuk menjaga tingkat gula darah agar tetap normal dan mencegah komplikasi akibat diabetes yang berkembang ketika kadar glukosa dalam dara tidak bisa dikontrol.

Oleh sebab itu sangatlah penting bagi setiap orang untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika sewaktu-waktu terserang diabetes, maka tidak akan kebingungan. Berikut ini enam makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes:

6 Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Diabetes
Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Diabetes

1. Makanan kaya gula

Makanan yang mengandung gula akan dapat meningkatkan kadar gula dalama tubuh. Sehingga akan sangat rentan terserang diabetes. Dan bagi penderita diabetes, makanan yang kaya gula akan dapat memperparah keadaan. Hindari makanan dengan kandungan gula seperti gula putih atau gula pasir, es krim, donat, pastries, cokelat, serta makanan lainnya yang menggunakan pemanis buatan.

2. Makanan berkolesterol tinggi

Makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi seperti kuning telur, produk susu tinggi lemak, daging merah, keju, dan lain sebagainya juga perlu anda hindari agar diabetes yang anda alami tidak semakin meningkat. Sebab kondisi diabetes akan membuat kadar kolesterol baik menurun serta meningkatkan kolesterol jahat. Jika selalu megkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat, bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung kronis.

3. Minuman beralkohol

Berbagai macam minuman beralkohol juga sangat perlu dan harus anda hindari. Sebab minuman ini bisa memperparah keadaan diabetes yang dialami. Minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jika mengkonsumsi dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan parahnya diabetes.

Baca juga : Bahaya alkohol bagi kesehatan tubuh

4. Produk makanan olahan

Berbagai macam makanan olahan seperti fast food juga perlu anda hindari. Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan olahan semacam itu. Sebab dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

5. Beberapa buah dan sayuran

Anda juga perlu menghindari beberapa jenis buah dan sayuran seperti kentang dan labu. Sebab keduanya memiliki kandungan pati. Selain itu, anda juga perlu menghindari buha dan sayur yang mengandung kadar glukosa dan sukrosa tinggi seperti mangga dan strowberi. Sebab keduanya dapat melonjakkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

6. Makanan gorengan

Penderita diabetes sangat disarankan untuk selalu menghindari makanan yang digoreng. Khususnya yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi. Sebab, kecenderungannya untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sangatlah besar. Juga makanan tersebut sarat akan  lemak trans yang tidak sehat untuk tubuh, khususnya para penderita diabetes.

Demikianlah informasi tentang 6 Makanan yang Haram Dikonsumsi Penderita Diabetes. Keenam makanan tersebut adalah pantangan bagi penderita diabetes. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.