Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Unknown

Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya - Rambut adalah mahkota sekaligus aset berharga bagi kita semua, terutama bagi kaum wanita. Hal ini dikarenakan rambut sangat penting dalam penampilan seseorang baik pria maupun wanita. Dengan model atau bentuk rambut yang kita memiliki akan membuat . kita terlihat lebih mempesona dan menarik. Untuk sangat penting bagi kita untuk selalu merawat rambut agar selalu sehat dan cantik.

Rambut memang sangat penting dalam penampilan seseorang. Oleh sebab itu berbagai perawatan dilakukan orang demi menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Namun, seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga sering mengalami masalah. Masalah yang paling sering dialami rambut adalah rambut kering, berminyak, lepek, rambut patah, bercabang hingga kerontokan. 

Berbiacar tentang masalah rambut, masalah rambut rontok mungkin adalah masalah yang paling serius dan harus mendapatkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan rambut rontok jika dibiarkan saja akan menyebabkan kebotakan. Tentu hal sangat menakutkan sekali bukan, bisa anda bayangkan bagaimana penampilan anda jika anda mengalami kebotakan. Nah untuk itu, malasalah rambut rontok harus segera kita atasi.

Ladies, berbicara tentang masalah rambut rontok, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara alami yang ampuh untuk mengatasi masalag rambut rontok. Namun sebelum kita membahas cara mengatasi rambut rontok, kita cari tahu dulu penyebab rambut rontok. Dengan mengetahui penyebab rambut rontok akan lebih mudah bagi kita dalam melakukan pencegahan atau untuk mengatasinya. Berikut penyebab rambut rontok.
Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Penyebab rambut rontok

1. Radikal bebas

Penyebab pertama rambut menjadi rontok dan rapuh dikarenakan radikal bebas. Radikal bebas bisa berasa dari sinar matahari, polusi, asap, ketoran dan lain sebagainya. Radikal bebas tersebut akan menyebabkan kekuatan rambut menjadi hilang hingga akhirnya rambut menjadi rontok.

2. Bahan kimia

Penyebab rambut rontok berikutnya yaitu dikarenakan bahan kimia. Bahan kimia bisa saja datang dari sampo yang anda gunakan seperti gonta-ganti sampo, penggunaan cat rambut, dan lain sebagainya. Nah dalam hal ini, anda lebih baik menggunakan produk kecantikan rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala anda, sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada rambut anda.

3. Keturunan

Masalah rambut rontok juga bisa disebakan karena keturunan. Nah, ketika anda memiliki orang tua dengan masalah rambut rontok, kemudian anda juga akan memiliki masalah yang sama. Hal ini dikarenakan orang tua akan menurunkan gen pada keturannya.

4. Hormon yang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang didalam tubuh juga akan membuat rambut rontok. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang dalam masa menstruasi atau kehamilan. Pada saat itu, hormon tidak stabil hingga akhirnya menyebabkan kerontokan cukup parah pada rambut.

5. Stres

Stres yang berlebih tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan, namun juga berdampak pada kecantikan kulit dan rambut. Pada kulit stres akan menyebabkan penuaan seperti keriput sedangkan pada rambut akan menyebabkan muncul udan dan rambut rontok. Untuk kita kita disarankan untuk menghindari stres dengan selalun berfikir positif.

6. Gaya rambut

Gaya rambut juga akan mempengaruhi kekuatan rambut. Ketika rambut sering diikat atau dikepang akan membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah juga rontok. Untuk mencegah rambut rontok, baiknya anda hindari gaya rambut yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

7. Alat kecantikan rambut

Penyebab berikutnya yaitu alat kecantikan rambut seperti hair dryer, pelurus rambut dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut jika terlalu sering digunakan pada rambut akan membuat rambut menjadi tipis dan mudah patah serta rontok. Untuk itu, jangan terlalu sering dalam menggunakan alat-alat tersebut.

8. Penyakit

Penyebab kerontokan rambut yang terakhir yaitu dikarenakan penyakit. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan rambut rontok seperti penyakit lupus, kanker otak dan lain sebagainya. Dalam hal ini baiknyan anda berkonsultasi pada dokter.

Cara alami mengatasi rambut rontok

Setelah kita mengetahui penyebab rambut rontok, kita harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan rambut rontok tersebut. Namun jika rambut anda sudah mengalami kerontokan, anda tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk mengatasi masalah rambut rontok. Namun kita selalu menyarankan anda agar selalu menggunakan cara alami. Berikut cara alami mengatasi masalah rambut rontok.

1. Lidah buaya

Cara alami untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat identik dengan kesehatan dan kecantikan rambut. Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut, bahkan banyak produk kecantikan rambut seperti sampo, kondisioner dan lain sebagainya yang menggunakan ekstra lidah buaya. Nah, dengan lidah buaya masalah rambut rontok juga dapat diatasi. Cara mudah sekali, anda kupas lidah buaya dan ambil gel lidah buaya, oleskan secara merata pada rambut hingga keakarnya. Namun sebelumnya anda bersihkan terlebuh dulu rambut anda. Diamkan hingga kering kurang lebih selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Lidah buaya akan menutrisi rambut sehingga rambut akan menjadi sehat dan kuat.

Baca juga : Manfaat luar biasa lidah buaya untuk kecantikan rambut

2. Santan kelapa

Santan kelapa merupakan cairan yang dihasilkan buah kelapa yang biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan. Namun selain bermanfaat untuk bahan masakan, santan kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya yaitu untuk kecantikan rambut. Santan kelapa dapat menutrisi rambut sehingga rambut menjadi sehat, kuat dan cantik. Masalah rambut rontok juga dapat diatasi dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya mudah sekali, anda cuci rambut anda dengan santan kelapa 2-3 kali dalam seminggu, maka rambut anda akan menjadi kuat dan cantik alami.

3. Air kelapa

Jika anda merasa repot jika harus membuat santan kelapa, tenang, anda juga bisa menggunakan air kelapa untuk mengatasi rambut rontok. Sama halnya dengan santan kelapa, air kelapa juga ampuh mengatasi berbagai masalah pada rambut, termasuk masalah rambut rontok. Air kelapa akan menutrisi rambut sehingga membuat rambut menjadi sehat. Caranya sama yaitu cuci rambut anda dengan menggunakan air kelapa. Anda bisa melakukannya setiap hari atau sesuka anda.

Baca juga : Manfaat air kelapa untuk kecantikan rambut

4. Minyak kelapa

Masih dari kelapa, kali ini dengan menggunakan minyak kelapa. Ya, buah kelapa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mengatasi rambut rontok selain menggunakan santan kelapa dan air kelapa kita juga dapat menggunakan minyak kelapa. Caranya mudah sekali, anda tinggal mengoleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala anda secara merata, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan rambut

5. Minyak zaitun

Cara berikutnya untuk mengatasi masalah rambut rontok yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan minyak alami yang telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu sebagai obat tradisional dan perawatan kecantikan. Dalam hal ini minyak zaitun dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya mudah sekali oleskan dan pijatkan minyak zaitun pada rambut dan kulit kelapa secara merata, baiknya lakukan setelah keramas, kemudian diamkan selama 15 menit agar meresap dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

Baca juga : Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikann rambut

6. Minyak kemiri

Selain minyak kelapa dan minyak zaitun, masih ada minyak lain yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok yaitu dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri jaman dulu digunakan untuk menumbuhkan kumis dan jenggot, nah minyak kemiri juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut serta mengatasi masalah rambut rontok. Caranya menggunakannya sama, yaitu anda oleskan dan pijatkan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala anda, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Saat ini anda dapat membeli minyak kemiri botolan dengan mudah ditoko atau apotek terdekat.

7. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang kaya akan antioksidan sehingga baik sekali untuk kesehatan tubuh, Tidak hanya untuk kesehatan, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya yaitu untuk kecantikan rambut. Masalah rambut rontok dapat diatasi dengan menggunakan teh hijau, caranya yaitu anda cukup balurkan teh hijau pada rambut anda hingga ke akar, diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air hingga bersih.

8. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang biasa digunakan sebagai masker wajah. Namun tidak hanya untuk masker wajah saja, jeruk nipis juga dapat kita gunakan sebagai masker rambut. Salah satu manfaat menggunakan masker jeruk nipis untuk rambut adalah untuk mengatasi masalah rambut rontok. Jeruk nipis akan menutrisi rambut sehingga rambut menjadi kuat dan sehat. Caranya mudah sekali, anda oleskan air perasan jeruk nipis pada rambut hingga keakarnya, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

9. Madu

Selain jeruk nipis, madu juga merupakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai masker wajah. Namun tidak hanya untuk wajah saja, madu juga dapat digunakan untuk masker rambut. Caranya sama yaitu oleskan madu pada rambut anda secara merata hingga ke akar dan diamkan hingga kering atau kurang lebih 25 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat madu untuk kecantikan rambut

10. Yougurt

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan yougurt. Produk olahan susu ini juga sangat efektif dalam mengatasi masalah rambut rontok. Cara menggunakannya mudah, cukup anda oleskan yougurt pada rambut seperti saat anda melakukan creambat, diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya. Rambut adalah mahkota sekaligus aset penting bagi kita semua, tak bisa kita bayangkan seandainya rambut kita rontok dan botak. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk sekali menjaga kesehatan rambut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.