Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan. Pohon sirsak ini bisa tumbuh dimana saja, baik di daerah yang cukup air ataupun di daerah yang jarang air. Nama sirsak sendiri berasal dari daerah Belanda, yaitu asalnya dari kata zuurzak, yang berarti kantung yang asam.

Pohon sirsak ini bisa mencapai tinggi sampai 10 meter. Di Indonesia sendiri sirsak bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 meter dari permukaan air laut. Buah sirsak ini biasanya sering digunakan dalam minuman jus serta es krim, kadang juga campuran dari es buah.

Banyak sekali manfaat-manfaat dari buah sirsak yang mungkin belum anda ketahui, selain rasanya yang enak buah sirsak juga banyak fungsinya dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Pada artikel kami kali ini akan kami kupas beberapa manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecanntikan
Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Baca juga : Manfaat luar biasa daun sirsak untuk kesehatan dan efek sampingnya

Kandungan buah sirsak

1. Serat

Kandungan serat yang ada dalam buah sirsak bisa membantu melancarkan metabolisme dan pencernaan dalam tubuh, disamping itu juga bisa mengontorl berat badan.

2. Karbohidrat

Kandungan karbohidrat dalam sirsak sebanyak 38 gram, karbohidrat tersebut bisa menjadi sumber energi. Kandungan karohidrat dalam buah lebih baik daripda kandungan karbohidrat dalam kue yang kadang bisa berakibat buruk kadar gula dalam tubuh.

3. Kalium

Kandungan kalium dalam sirsak bisa membantu kekuatan otot-otot dalam tubuh, disamping itu juga bisa memperbaiki tulang dan mengatur tekanan darah dalam tubuh.

4. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam buah sirsak sangat tinggi, vitamin C tersebut bisa berperan sebagai antioksidan, antioksidan sendiri sangat berperan melawan macam berbagai penyakit, selain itu bisa juga mencegah kerusakan kulit dan menyembuhkan luka.

5. Air

Banyak sekali kandungan air dalam buah sirsak, dalam ssecangkir sirsak memiliki kandungan air 185 gram, maka dari itu buah sirsak bisa mencegah dehidrasi tubuh.

6. Fosfor dan kalsium

Beberapa kandungan mineral lainnya dalam buah sirsak yaitu fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak terdapat kalsium sebanyak 14 mg dan fosfor sebanyak 27 mg, Mineral-mineral sangat sangat bermanfaat untuk menghambat terjadinya osteoporosis dan sangat baik untuk pembentukan tulang.

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

1. Mengusir kolesterol jahat

Buah sirsak selain mengandung vitamin C juga banyak mengandung serat yang baik buat tubuh, serat yang terkandung dalam buah sirsak bisa menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh, sehingga yang tersisa adalah kolesterol yang baik. Dengan meminum segelas jus sirsak secara teratur setiap harinya maka anda akan tampak lebih sehat dan bebas dari kolesterol jahat.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

2. Menjaga imunitas tubuh

Kandungan vitamin C dari buah sirsak sebesar 300 gram yaitu sekitar 60 mg. Vitamin C sangat memiliki peran penting dalam tubuh karena bisa menjaga sistem imunitas tubuh, bisa menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Dengan mengkonsumsi buah sirsak teratur setiap harinya maka anda bisa terlihat lebih segar dan muda.

3. Baik untuk tulang

Buah ini mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik sekali buat kesehatan tulang anda. Dalam 100 gram buah sirsak terkandung 14 mg kalsium dan 27 mg fosfor. Disamping itu sirsak juga mengandung zat tembaga yang fungsinya juga sangat baik buat penyerapan kalsium pada tulang.

4. Mencegah kanker

Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam buah sirsak ini, diantaranya lagi yaitu senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia ini sangat baik sekali untuk mencegah bermacam-macam virus yang bisa membahayakan tubuh, seperti kanker. Salah satu untuk mencegah penyakit kanker ini yaitu dengan membiasakan mengkonsumsi rutin buah sirsak ini, baik dimakan secara langsung, dibuat jus atau diolah menjadi obat.

5. Menghilangkan bisul

Walaupun bisul bukan termasuk penyakit yang membahayakan tapi terkadang penyakit bisul bisa membuat orang kurang percaya diri, tidak hanya salep yang bisa mengobati bisul, obat-obatan alami seperti buah sirsak juga ternyata bisa mengobati bisul.
Caranya mudah, yaitu dengan memisahkan sirsak dari isinya kemudian haluskan sampai lembut seperti bubur, lalu tempelkan pada kulit yang terkena bisul. Diamkan beberapa saat sampai kering kemudian basuh dengan air hangat. Ulangi perawatan ini beberapa kali hingga bisul pada kulit anda bisa hilang.

6. Mengatasi migrain

Salah satu obat alami yang bisa mengatasi masalah migrain yaitu dengan menggunakan buah sirsak, hal ini karena buah sirsak mengandung vitamin B yang tinggi. Vitamin B ini sangat baik untuk mengatasi masalah migrain atau sakit kepala sebelah.

7. Mengatasi wasir

Ada beberapa nutrisi alami yang bisa mengatasi masalah wasir atau ambeien ini. Salah satunya yaitu dengan buah sirsak, buah sirsak termasuk buah yang memiliki khasiat yang bisa mempercepat sembuhnya wasir. Cara pengobatannya dengan buah sirsak yaitu anda cukup menyeduh buah sirsak dengan air hangat, setelah itu peras buah sirsak dan ambil airnya saja. Minum ramuan ini 2 kali seharu secara rutin hingga wasir anda sembuh.

8. Menyembuhkan dan mencegah anemia

Mengkonsumsi buah sirsak setiap harinya sangat baik buat anda yang saat ini menderita anemia yang membuat anda mudah lemas. Hal ini karena buah sirsak bisa meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Buat anda yang tidak terserang anemia juga ada baiknya anda mengkonsumsi sirsak ini karena buah sirsak juga bisa mencegah anemia.

Manfaat untuk kecantikan

1. Mengatasi gangguan kulit

Apabila anda memiliki masalah dengan kulit yang mungkin sulit untuk diatasi, mungkin ada bisa mencobanya dengan buah sirsak yang lebih alami ini. Caranya sangat mudah, pertama-tama anda cari daun sirsak muda, kemudian tumbuk daun sirsak tersebut dan tempelkan pada kulit yang bermasalah. Diamkan selama sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Buah sirsak mengandung vitamin C dan asam askorbat tinggi yang bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti pigmentasi kulit, keriput, bintik-bintik hitam dan garis halus.

3. Menghilangkan kutu rambut

Kutu rambut bisa membuat gatal-gatal pada kulit kepala yang sangat mengganggu dan juga bisa merusak penampilan seseorang, salah satu solusi cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan daun sirsak. Caranya yaitu ambil beberapa lembar daun sirsak muda, lumatkan, kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut dengan merata. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air yang bersih.

4. Mengatasi masalah rambut rontok

Buah sirsak kaya akan vitamin C yang bisa mengatasi dan mencegah rambut yang rontok.

5. Mengatasi masalah ketombe

Daun sirsak dipercaya bisa mengatasi masalah ketombe, karena daun sirsak mengandung anti parasit sehingga bisa membantu mengatasi masalah ketombe dan juga gatal-gatal pada kulit kepala.

Baca juga : Cara alami mengatasi ketombe dengan cepat
 
Demikianlah informasi tentang manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan. Selama ini belum banyak yang tahu akan manfaat dari buah sirsak ini. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan sahabat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.