Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya

citra indah

Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya. Sirsak merupakan tumbuhan yang banyak manfaatnya, konon sirsak berasal dari dataran Karibia, Amerika. Di Indonesia sirsak banyak mempunyai nama-nama yang berbeda tergantung daerahnya masing-masing, ada yang mengenalnya sebagai nangka londo ( Jawa ), srikaya jawa ( Bali ), durio ulondro ( Nias ), nangkelan ( Madura ), nangko belando ( Palembang ). Di daerah-daerah banyak penyebutan nama Belanda dalam penamaan sirsak ini karena konon dahulu sirsak yang ada di Indonesia ini didatangkan oleh pemerintah Kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara pada abad ke-19.

Tumbuhan ini bisa tumbuh disembarang tempat, tapi yang paling baik yang itu di daerah yang banyak airnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi sekitar sampai 10 meter, biasanya pohon sirsak ditanam untuk diambil buahnya, walaupun kadang daun sirsak juga dimanfaatkannya.

Indonesia merupakan salah satu penghasil pohon sirsak yang banyak, tetapi kebanyakan pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja. Buah sirsak memang banyak mengandung vitamin C, serat dan berbagai nutrisi, tetapi disamping itu daun dari buah sirsak juga mempunyai manfaat yang luar biasa kalau kita mengetahuinya, tetapi dibalik manfaat juga ada efek sampingnya. Agar anda mengetahui beberapa manfaat dan efek samping dari daun sirsak. Yuk kita simak manfaat dan efek samping dari daun sirsak berikut ini.
Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya
Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Dan Efek Sampingnya

Manfaat luar biasa daun sirsak

1. Daun sirsak sebagai obat kanker

Menurut penelitian daun sirsak mengandung zat proaktif yang bisa membunuh sel-sel kanker, maka dari itu sirsak dipercaya mempunyai keampuhan sampai 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui metode kemoterapi.

2. Mengatasi diabetes

Selanjutnya manfaat dari daun sirsak yaitu bisa mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan dari daun sirsak maka kadar gula dalam tubuh yang tinggi bisa dinetralisir. Kadar gula darah yang normal yaitu 70-120 mg.

Baca juga : Penyebab diabetes diusia muda dan cara mencegahnya

3. Ampuh mengatasi wasir

Wasir adalah penyakit yang menyerang anus yang berupa pembekakan, bisa menyebabkan penderita menjadi nyeri bahkan mungkin bisa sampai keluar darah. Daun sirsak mengandung zat yang bisa menghentikan pendarahan pada anus, sehingga pembengkakan bisa sedikit berkurang dan lama-lama bisa diatasi.

4. Obat asma dan sesak nafas

Dengan menyiapkan 8 lembar daun sirsak diremas-remas kemudian masukkan gelas sambil direndam air setengah gelas, minumlah tiap pagi hari sampai penyakit anda ini sembuh.

5. Daun sirsak atasi asam urat

Bagi anda penderita penyakit ini mulai sekarang jangan risau lagi karena daun sirsak dipercaya bisa mengatasi penyakit ini, caranya yaitu dengan membuat rebusan daun sirsak dan diminum rutin setiap harinya sampai sembuh.

6. Mengobati bisul

Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda kemudian digeprok daunnya lalu tempelkan pada sakit bisul.

7. Obat batuk ringan

Siapkan 7 lembar daun sirsak muda, remas kemudian direbus dengan air, minum setiap pagi hari sebelum sarapan pagi.

8. Mengobati sakit pinggang

Caranya yaitu dengan menyediakan 20 lembar daun sirsak muda lalu direbus dengan 5 gelas air sampai air mengering menjadi sekitar 3 gelas, minum sehari sekali 1 gelas.

9. Mengatasi eksim dan rematik

Beberapa lembar daun sirsak diremuk halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit, diulangi sampai beberapa hari hingga sembuh.

10. Menurunkan kolesterol

Daun sirsak dipercaya oleh para ahli peneliti berkhasiat bisa menurunkan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Biasanya kolesterol jahat ini bisa muncul karena kurang selektif dalam memilih makanan, contoh makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat antara lain yaitu ayam goreng, bebek goreng, gorengan, dan makanan-makanan yang banyak mengandung minyak.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

11. Menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk menurunkan gejala darah tinggi atau hipertensi anda bisa mencoba pengobatannya dengan membiasakan minum air rebusan daun sirsak setiap pagi.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

12. Daun sirsak untuk mengatasi jerawat

Daun sirsak juga bisa berkhasiat mencegah timbulnya jerawat, caranya yaitu dengan menumbuk beberapa daun sirsak yang muda, kemudian beri sedikit air lalu dibuat masker, diamkan selama sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

13. Menghilangkan kutu rambut

Sekarang sudah banyak beredar beberapa produk yang bisa membasmi kutu rambut, tapi kebanyakan dari itu menggunakan bahan-bahan kimia, buat anda yang ingin mencoba dengan bahan alami maka alangkah baiknya anda mencoba dengan daun sirsak ini, caranya yaitu dengan merebus daun sirsak yang tua, kemudian hasil air rebusannya tersebut digunakan untuk keramas.

Efek samping daun sirsak

1. Gangguan asam lambung

Daun sirsak mempunyai kandungan senyawa yang bisa membuat asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Ketika asam lambung menjadi naik maka makanan-makanan bisa kembali ke kerongkongan yang bisa membuat kondisi asam berlebihan.

2. Gangguan fungsi hati

Mengkonsumsi daun sirsak yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan fungsi hati, sebaiknya konsumsi daun sirsak secukupnya saja, karena jika sudah terkena gejala gangguan fungsi hati bisa menyebabkan komplikasi penyakit-penyakit lainnya.

3. Sembelit

Sembelit yaitu susah buang air besar, sembelit bisa menyebabkan wasir, biasanya orang yang terkena sembelit kurang mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung serat. Disarakan bagi orang yang mengidap sembelit yang sedang terapi meminum daun sirsak maka harus lebih banyak lagi dalam mengkonsumsi makanan yang berserat.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

4. Gangguan fungsi ginjal

Ada beberapa orang yang beranggapan kalau kebanyakan minum air rebusan daun sirsak bisa menyebabkan gagal ginjal, maka solusi yang tepat dalam masalah ini yaitu minumlah air rebusan daun sirsak dengan secukupnya saja, satu hari satu kali sudah cukup.

5. Memperburuk komplikasi penyakit

Konsumsi rebusan daun sirsak yang berkebihan bisa menyebabkan gangguan metabolisme dalam tubuh, ini bisa berpengaruh pada enzim dan hormon yang seharusnya bisa bekerja dengan baik.

Cara mengatasi efek samping dari daun sirsak

Daun sirsak mempunyai banyak manfaat, tetapi dibalik semua itu daun sirsak juga memiliki efek samping, berikut ini akan saya jelaskan beberapa cara mengatasi efek samping dari daun sirsak.
1. Pilihlah daun sirsak yang masih segar atau yang baru dipetik dari pohonnya.
2. Jika anda menggunakan daun sirsak yang berupa teh celup maka sebaiknya liat dahulu tanggal kadaluwarsanya, pilihlah yang kadaluwarsanya masih panjang.
3. Beri sedikit campuran madu dan gula pada air rebusan daun sirsak.
4. Hindari mengkonsumsi air daun sirsak setelah mengkonsumsi obat-obatan kimia karena itu bisa menyebabkan reaksi keracunan tubuh.
5. Hentikan segera mengkonsumsi air daun sirsak ini apabila efek sampingnya langsung terasa.
6. Selama anda minum air daun sirsak maka sebaiknya anda lebih banyak mengkonsumsi minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan ginjal bisa bekerja lebih baik.
7. Alangkah baiknya jika lagi melakukan rutinitas minum air daun sirsak juga ditunjang dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat agar terhindar dari sembelit.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat dan efek samping dari daun sirsak. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk teman-teman. Terimakasih.