Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

Manfaat air garam untuk kesehatan - Garam adalah salah satu bumbu utama masakan yang digunakan untuk memberikan rasa asin dan sedikit gurih pada suatu masakan. Tapi tahukah anda kalau ternyata garam ini bukan hanya sebatas sebagai bumbu saja, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional alami kesehatan tubuh. Ya, hal ini sering dilakukan dalam pengobatan tradisional.

Garam mentah memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Bahkan garam mentah juga bisa anda gunakan untuk menstabilkan gula darah, menjaga kekuatan tulang, mengatur metabolisme, menjaga kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. Agar bisa lebih mudah diserap oleh tubuh, garam bisa anda manfaatkan atau anda konsumsi dengan cara dicampurkan dengan secangkir air hangat, yang nantinya akan menjadi air garam.

Air garam ini memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Bahkan kebanyakan orang menilai kalau garam hanya menyebabkan berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan. Padahal tidak sebegitu seramnya. Berikut ini beberapa manfaat air garam untuk kesehatan:
Manfaat Air Garam untuk Kesehatan
Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

1. Sebagai obat kumur

Menggunakan air garam sebagai obat kumur dapat membantu anda dalam membersihkan kotoran, kuman, serta bakteri jahat yang ada dalam mulut anda. Selain itu, dengan berkumur, kesehatan rongga mulut anda akan lebih terjaga. Anda bsia menggunakan air garam sebagai obat kumur terutama saat setelah makan, saat menyikat gigi, sebelum tidur, dan juga sesudah bangun tidur di pagi hari.

2. Mengobati tenggorokan gatal atau sakit tenggorokan

Air garam juga bisa anda gunakan untuk obat alami tenggorokan anda yang gatal atau sakit. Air garam ini sangat efektif mengatasi berbagai masalah pada tenggorokan anda. Cara kerja dari air garam sama seperti pada umumnya, dimana air garam akan membantu membersihkan bagian tenggorokan yang mengalami sakit atau terluka. Bakteri dan kuman akan hilang dan tidak dapat memperparah gejala sakit tenggorokan yang ada.

3. Luka gigi dan mulut

Jika anda memiliki masalah pada sakit gigi atau pun luka pada mulut anda. Anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan air garam. Gigi yang copot, pendarahan di mulut, lidah tergigit, atau gigi sakit serta rusak, manfaatkan air garam untuk mengobatinya. Masukkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah larut lalu gunakan untuk berkumur setelah anda makan. Lakukan secara teratur. Jangan lupa juga untuk konsultasi dokter.

4. Kutu air

Kutu air atau infeksi jamur menular pada bagian kulit kaki dan dapat menyebar ke kuku kaki bahkan hingga tangan, ini dapat anda tangani dengan memanfaatkan air garam. Selain obat resep dokteri, anda bisa memanfaatkan air garam sebagai obat alami. Rendamlah kaki anda dalam larutan air garam atau cuka encer untuk membantu mengeringkan lecet.

5. Menghilangkan kotoran telinga

Anda juga bisa menghilangkan kotoran telinga dengan memanfaatkan air garam. Kotoran telinga yang menumpuk yang dapat menyebabkan kerusakan gendang dan mempengaruhi pendengaran ini dapat anda bersihkan dengan menggunakan air garam. Tapi ingat, ini menggunakan alat khusus dan biasa dilakukan oleh dokter untuk membersihkan telinga pasiennya. Air garam ini disemprotkan ke dalam telinga untuk mendorong kotoran keluar dari telinga.

6. Membersihkan saluran pencernaan

Selain membersihkan kotoran telinga, juga dapat membersihkan pencernaan anda. Memang saluran pencernaan juga membutuhkan pembersihan agar tidak muncul berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar, wasir, dan berbagai gangguan lainnya. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi sedikit air garam.

7. Detoksifikasi pada organ-organ tubuh

Detoksifikasi tau pembuangan racun yang ada dalam tubuh anda ini sangatlah penting untuk anda lakukan. Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan air garam. Racun dan bakteri jahat yang ada dalam tubuh bisa anda bersihkan dengan menggunakan air garam. Jika racun dan bakteri jahat dalam tubuh bisa hilang atau terdetoksifikasi dengan baik, maka organ tubuh anda bisa bekerja secara optimal dan lebih maksimal.

8. Dapat meminimalisir dan menghilangkan rasa pegal dan juga nyeri dalam tubuh

Untuk meminimalisir atau menghilangkan rasa pegal serta nyeri pada tubuh anda, anda juga bisa memanfaatkan air garam. Jadi and atidak perlu membeli obat salep anti nyeri badan. Cukup gunakan air garam hangat untuk berendam. Rendamlah tubuh anda yang pegal atau nyeri dengan air garam hangat. Selama beberapa menit tubuh anda akan terasa lebih baik.

9. Memperbaiki sistem saraf

Sistem saraf yang bermasalah juga bisa anda atasi dengan air garam. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu merendam kaki anda dalam air garam hangat. Rendaman ini akan memberikan efek pijatan refleksi atau akupuntur. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali titik saraf yang terhubung dengan telapak kaki. Air garam ini mampu memperbaiki sistem saraf hanya dengan melakukan rendaman pada kaki anda.

10. Memurnikan darah

Air garam bisa anda manfaatkan untuk memurnikan darah anda secara alami di dalam tubuh. Manfaat air garam ini sangat baik untuk kesehatan darah dalam tubuh anda. Dengan cara alami ini darah dalam tubuh anda akan lebih bersih, karena air garam akan dapat membunuh bakteri dan juga melakukan detoksifikasi terhadap racun-racun bahaya yang ada dalam organ tubuh. Minumlah air garam secara rutin.

11. Menjaga tekanan darah

Selain memurnikan dan membersihkan darah, anda juga dapat menjaga tekanan darah anda dengan memanfaatkan air garam. Dengan air garam, tekanan darah anda akan lebih stabil. Memang garam identik dengan darah tinggi. Tapi jika penggunaannya dalam takaran yang tidak berlebihan maka akan dapat membantu menstabilkan tekanan darah anda tetap terjaga. Apalagi bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah, maka cara ini lebih cocok bagi anda untuk menstabilkan tekanan darah.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Air Garam untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.