Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan

citra indah

Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan - Tomat merupakan buah-buahan yang penggunaannya sering sebagai sayur-sayuran. Rasanya yang asam bisa menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Sebagai buah tomat juga bisa dikonsumsi secara langsung tanpa perlu dimasak terlebih dahulu, selain itu juga bisa dibuat jus tomat. Tomat banyak sekali manfaatnya buat kesehatan tubuh. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat luar biasa tomat untuk kesehatan. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang dunia kesehatan. Berikut informasi tentang Manfaat tomat untuk kesehatan.
Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan

A. Kandungan gizi tomat

Buah tomat banyak mengandung vitamin A, C, K dan kalium, selain itu tomat juga mengandung lemak jenuh, sodium, kolesterol dan kalori yang rendah. Tomat banyak menyajikan kandungan meneral yang baik seperti niacin, magnesium, fosfor dan tembaga,

Buah tomat juga mengandung karotenoid utama yaitu alpha, lutein, lycopene dan betakaroten. Buah tomat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Menurut sebuah study di Ohio State Universty, tomat yang dikonsumsi bersama lemak sehat bisa membantu dalam penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh.

B. Manfaat tomat untuk kesehatan

1. Penangkal radikal bebas

Para pakar kesehatan memberikan kepercayaan pada flavonoid dan zea-xanthin dalam menangkal radikal bebas, kedua kandungan senyawa tersebut merupakan antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

2. Menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat

Kandungan kalsium yang terdapat dalam tomat bisa berguna untuk memelihara tulang agar tidak mudah keropos, selain itu juga bisa menguatkan gigi agar tetap sehat dan kuat. Pada saat pembentukan tulang kalsium sangat diperlukan oleh tubuh agar bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

3. Mencegah sembelit

Sembelit bisa menyiksa kondisi seseorang, dan jika hal ini sering terjadi bisa meningkatkan resiko kanker usus. Dengan mengkonsumsi rutin buah tomat bisa membantu anda untuk terhidrasi dan melancarkan BAB karena dalam buah tomat banyak mengandung air.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

4. Menyehatkan mata

Buah tomat sangat kaya akan antioksidan yang bisa berfungsi untuk menyehatkan mata. Seperti pada manfaat wortel, vitamin A pada mata juga bisa meningkatkan kemampuan penglihatan serta membantu mencegah rabun senja.

5. Menurunkan berat badan

Jika anda sedang menjalankan progam diet maka tidak ada salahnya jika anda memasukkan tomat sebagai menu diet harian anda. Tomat banyak mengandung air dan serat, sehingga bisa mengisi perut dengan cepat, namun dalam hal ini anda juga harus mengimbanginya dengan berolah raga.

6. Mengurangi rasa sakit

Jika anda sering mengalami rasa nyeri, maka tomat bisa menjadi alternatif obat untuk meringankan rasa nyerinya. Jadi dengan membiasakan rutin mengkonsumsi tomat maka rasa nyeri anda akan menjadi lebih berkurang.

7. Menurunkan kolesterol

Jus tomat dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat sebesar 10 persen, syaratnya yaitu cukup dengan mengkonsumsi 25 miligram likopin setiap hari. Namun hal ini masih banyak membutuhkan penelitian lagi karena study ini masih terbilang baru.

8. Menormalkan tekanan darah

Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, selain iru juga penting untuk meningkatkan asupan kalium. Dalam hal ini tomat sangat kaya akan kandungan kaliumnya.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

9. Menurunkan resiko serangan jantung

Manfaat ini baru terbukti pada tikus. Tikus yang telah diberikan likopen mempunyai tekanan darah yang lebih bagus serta sedikit memiliki jaringan yang rusak. Sayangnya dalam study ini belum pernah di uji coba terhadap manusia.

10. Mengurangi resiko setroke

Dalam sebuah study di negara Finlandia menyebutkan bahwa mengkonsumsi banyak likopen dari buah tomat bisa menurunkan resiko penyakit kanker sampai 60 persen. Maka dari itu sangat dianjurkan mengkonsumsi tomat setiap harinya.

11. Mencegah kanker

Dalam sebuah study penelitian mengatakan jika kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah tomat bisa berkhasiat untuk menangani penyakit serius seperti kanker payudara, penyakit paru-paru serta usus besar.

12. Mengontrol kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah tidak boleh sampai melebihi batas, hal ini karena bisa menyebabkan terkena resiko penyakit diabetes, nah anda bisa mengontrol tekanan kadar gula hanya dengan mengkonsumsi buah tomat. Tomat merupakan sumber kromium yang bisa menjaga kadar gula dalam darah tidak melonjak.

Baca juga : Penyebab dan cara mencegah diabetes sejak dini

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.