Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

rina

Kandungan gizi kacang hijau dan manfaatnya untuk kesehatan - Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki berjuta manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Kacang hijau ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah yang biasa dimanfaatkan banyak orang sebagai campuran makanan dan juga sebagai obat alami berbagai masalah kesehatan.

Berbicara tentang kacang hijau, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan yang satu ini. Kacang hijau memiliki kandungan zat besi, vitamin B kompleks seperti B1, B2, niacin, dan asam amino. Kandungan tersebut dapat mengobati berbagai macam masalah kesehatan seperti beri-beri, demam nifas, kurang darah, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga manfaat lain dari kacang hijau yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Namun sebelum tahu manfaat lain dari kacang hijau yang lebih detail, berikut ini beberapa kandungan gizi dari kacang hijau:
Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh
Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi kacang hijau

  • Tinggi serat, melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.
  • Rendah lemak, sangat cocok bagi anda yang sedang diet sehat, atau sedang menghindari lemak tinggi.
  • Tinggi protein, merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Asam lemak esensial, merupakan omega 3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga mengandung omega 6.
  • Karbohidrat, memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 19 gram/ 100 gram.
  • Antioksidan, antioksidan dalam kacang hijau berupa fitosterol.
  • Mineral, memiliki kandungan mineral seperti selenium, magnesium, besi, zinc, phosphorus, manganese, dan potasium.
  • Vitamin, terdapat juga vitamin A, C, B1, B6, asam folat, thiamin, riboflavin, niasin, dan pantothenat yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh

1. Menurunkan berat badan

Kacang hijau kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Jika pencernaan menjadi lancar, tentu menurunkan berat badan akan lebih mudah. Kacang hijau sangat cocok bagi anda yang sedang diet. Rendah lemak dan tinggi serat. Konsumsilah secara teratur.

2. Baik untuk ibu hamil dan bagi janin

Di zaman dahulu, orang-orang menganjurkan agar para ibu hamil mengkonsumsi kacang hijau. Hal ini karena kandungan protein didalamnya sangat baik untuk pertumbuhan sel. Biasanya, wanita yang sedang hamil dan mengkonsumsi kacang hijau nantinya bayi yang lahir akan memiliki rambut yang lebat.

3. Makanan pendamping ASI

Anda juga dapat menjadikan kacang hijau sebagai makanan pendamping ASI, atau biasa disingkat dengan MP-ASI. Biasanya ini diberikan pada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Hal ini karena kacang hijau memiliki kandungan vitamin B komplek yang dapat mendukung pertumbuhan bayi menjadi lebih maksimal.

4. Baik untuk kesehatan mata

Anda juga dapat memanfaatkan kacang hijau untuk kesehatan mata anda. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam kacang hijau tidak kalah dengan yang ada pada wortel. Jika kacang hijau dikonsumsi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan baik.

5. Menyembuhkan luka

Bagi anda yang memiliki luka pada kulit anda, baik itu karena terkena benda tajam atau sebagainya, anda bisa menyembuhkannya dengan memanfaatkan kacang hijau. Kandungan vitamin A dalam kacang hijau juga mampu membantu proses penyembuhan luka pada kulit serta membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh.

6. Meningkatkan sistem saraf

Kacang hijau juga mengandung vitamin B1 yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, yaitu untuk meningkatkan sistem saraf dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin, maka kinerja saraf dalam tubuh akan menjadi lebih maksimal.

7. Menyehatkan tulang dan gigi

Untuk menguatkan dan menyehatkan tulang serta gigi, anda juga dapat memanfaatkan kacang hijau. Kandungan phosphor dan kalsium didalamnya dapat membantu meregenerasi pembentukan tulang dan gigi serta menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat dan tidak sensitif.

8. Pembentukan sel baru

Bukan hanya menyehatkan tulang dan gigi saja. Kandungan protein didalam kacang hijau juga dapat membantu pembentukan sel di dalam tubuh seperti otot, otak, dan organ tubuh lainnya. Konsumsilah kacang hijau secara rutin setiap harinya.

9. Mengurangi kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi pemicu datangnya berbagai macam penyakit. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda, anda juga dapat memanfaatkan kacang hijau. Mengkonsumsi kacang hijau secara rutin setiap harinya dapat membantu mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami. 

10. Menghaluskan kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kacang hijau juga bermanfaat untuk kecantikan tubuh anda, yaitu dapat menghaluskan kulit anda secara alami. Kandungan vitamin D dan vitamin E didalamnya akan dapat membantu merawat kecantikan kulit anda. Rebuslah kacang hijau. Rebusan tersebut akan membantu menghaluskan, dan melembutkan kulit secara alami. 


Demikianlah informasi tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.