Cara Cepat Dan Alami Menghilangkan Noda Hitam Pada Gigi

Unknown

Cara Cepat Dan Alami Menghilangkan Noda Hitam Pada Gigi - Memiliki noda hitam pada gigi, tentu membuat kita menjadi tidak percaya diri, terlebih saat kita tersenyum. Ya noda hitam pada gigi akan membuat penampilan kita menjadi tidak bisa maksimal. Untuk itu masalah noda hitam pada gigi harus segera kita atasi, agar kita bisa mengembalikan rasa percaya diri kita.

Berbicara tentang masalah gigi, memang semua orang menginginkan memiliki gigi yang putih, bersih dan kuat. Namun karena gaya hidup juga faktor makanan membuat kekuatan juga kebersihkan gigi menjadi terganggu, akibatnya gigi menjadi mudah rapuh, berlubang dan tak jarang muncul plat gigi atau noda hitam pada gigi. Hal ini jika tidak segera diatasi, tentunya dapat menyebabkan masalah pada gigi, seperti sakit gigi, hingga gusi bengkak.

Untuk menghilangkan noda hitam pada gigi, kita dapat pergi ke dokter gigi. Namun kita juga dapat mengatasinya sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun sebelum kita membahas tentang cara mengatasi masalah noda hitam pada gigi, kita cari tahu terlebih dulu penyebab munculnya noda hitam pada gigi. Dengan mengetahui penyebab noda hitam pada gigi akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan pencegahan dan mengatasinya.
Cara Cepat Dan Alami Menghilangkan Noda Hitam Pada Gigi
Cara Cepat Dan Alami Menghilangkan Noda Hitam Pada Gigi

Penyebab munculnya noda hitam pada gigi

1. Kurang menjaga kebersihan gigi

Penyebab pertama munculnya noda hitam pada gigi adalah karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Ya kebersihan gigi yang tidak terjaga akan menyebabkan banyak kotoran dan kuman yang menempel pada gigi, akibtanya gigi akan menjadi kotor dan akhirnya muncul plak gigi atau noda hitam pada gigi. Untuk itu kita diwajibkan untuk menggosok gigi 2 kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan gigi serta mencegah munculnya noda hitam pada gigi.

2. Kebiasaan merokok

Penyebab berikutnya yaitu dikarenakan kebiasaan merokok. Merokok tidak hanya menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker, serangan jantung hingga stroke, namun kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi seperti gigi menjadi kuning atau muncul noda hitam pada gigi, tentu hal ini bisa kita lihat pada mereka yang suka merokok. Meroko juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk itu lebih baik kita hindari rokok.

3. Kopi atau kafein

Sudah bukan rahasia lagi jika kopi atau kafein dapat menyebabkan gigi kuning atau muncul noda hitam pada gigi. Selain itu kafein juga dapat merusak gigi. Kopi atau kafein memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya masalah gigi kuning atau noda hitam pada gigi. 

4. Minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan minuman yang sangat nikmat sekali ketika diminum saat cuaca panas dan dalam keadaan dingin. Namun minuman bersoda dapat menyebabkan kecanduan hingga obesitas. Selain itu kandungan gula juga pemanis buatan pada minuman bersoda juga dapat merusak gigi. Kebiasaan minum minuman bersoda akan menyebabkan gigi keropos, berlubang dan muncul noda hitam. Untuk itu baiknya kita hindari minuman bersoda agar gigi kita tetap sehat dan kuat serta bersih. 

5. Alkohol

Sama halnya dengan minuma bersoda, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Hal ini pula yang menyebabkan alkohol diharamkan dalam agar islam. Selain menyebabkan masalah kesehatan, alkohol juga dapat merusak gigi, alkohol menyebabkan gigi menjadi rapuh, berlubang dan muncul noda hitam.

6. Makanan manis

Seperti yang kita ketahui, makanan manis seperti kue, permen, minuman manis adalah musuh utama gigi. Hal ini dikarenakan makanan manis menyebabkan berbagai masalah pada gigi seperti gigi berlubang, keropos hingga plat gigi, hal ini pula yang menjadi alasan kenapa kebanyakan orang tua melarang anaknya mengkonsumsi permen. Mengetahui akan hal ini, lebih baik kita juga harus mengurangi atau menghindari makanan manis agar gigi kita tetap sehat, kuat dan bersih terbebas dari masalah noda hitam.

Cara alami dan cepat mengatasi masalah noda hitam pada gigi

Setelah kita mengetahui akan penyebab munculnya noda hitam pada gigi, baiknya kita hindari hal-hal tersebut agar gigi kita tetap putih bersih terbebas dari masalah noda hitam serta gigi yang kuat. Namun jika gigi kita sudah terlanjur menguning atau terdapat noda hitam bagaimana? Tentu kita harus mengembalikan kebersihan gigi kembali. Ada banyak cara alami dan efektif untuk mengatasi noda hitam pada gigi. Nah berikut cara alami dan cepat mengatasi noda hitam pada gigi.

1. Rajin menggosok gigi

Cara pertama yang harus kita lakukan untuk menghilangkan noda hitam pada gigi adalah dengan cara rajin menggosok gigi. Seperti yang kita ketahui, salah satu penyebab munculnya noda hitam pada gigi dikarenakan kurang menjaga kebersihkan gigi. Dengan kebersihan gigi yang selalu terjadi, sedikit demi sedikit masalah noda hitam akan hilang. Untuk itu kita wajib rajin menggosok gigi, minimal 2 kali dalam sehari.

2. Baking soda dan lemon

Cara yang dianggap paling efektif dalam mengatasi plak gigi atau noda hitam pada gigi adalah dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari baking soda dan lemon, bahkan dengan ramuan tersebut, masalah plak gigi akan rontok dalam 5 menit. Untuk membuat ramuan tersebut juga sangat mudah sekali, caranya anda siapkan baking soda secukupnya dan air perasan lemon. Campurkan keduanya hingga rata dan berbentuk pasta, kemudian anda gunakan sebagai pasta gigi, sikat gigi anda dengan pasta baking soda dan lemon selama kurang lebih 5 menit dan diamkan selama 5 menit, kemudian anda bersihkan dengan cara berkumur, makan plak gigi atau noda hitam pada gigi akan hilang. Anda dapat melakukan cara ini seminggu sekali untuk selalu menjaga kebersihan gigi anda.

3. Kulit jeruk

Cara alami berikutnya untuk mengatasi noda hitam pada gigi adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Bagi sebagian orang kulit jeruk dianggap sebagai sampah dan tidak memiliki manfaat. Namun jangan salah, kulit jeruk bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan noda hitam pada gigi. Untuk menggunakannyapun sangat mudah dan simple. Caranya yaitu anda gosokan kulit jeruk bagian dalam pada gigi, lakukan secara teratur setiap hari atau ketika anda memiliki waktu luang, maka masalah noda hitam pada gigi akan hilang. 

4. Kulit pisang

Selain kulit jeruk kita juga bisa menggunakan kulit pisang untuk mengatasi masalah noda hitam pada gigi. Seperti halnya kulit jeruk. Untuk menggunakannya juga sama, yaitu anda gosokan kulit pisang bagian dalam pada gigi anda yang terdapat noda hitam atau plat gigi. Maka masalah noda hitam atau plat gigi akan hilang secara perlahan.

5. Arang kayu

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan arang kayu. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini menjijikan, namun jangan salah, arang kayu sangat efektif untuk menghilangkan nda hitam atau plat gigi. Arang kayu digunakan orang jaman dulu untuk membersihkan gigi serta membuat gigi menjadi putih. Namun dalam menggunakan arang kayu, kita juga harus berhati-hati dan jangan berlebihan. Hal ini dikarenakan penggunaan yang berlebihan dapat merusak email gigi. Untuk menggunakannya yaitu anda cukup menggosokan arang kayu pada gigi anda.

6. Menggunakan buah strowberry

Buah strowberry mengandung asam malat yang dapat membersihkan serta membuat gigi menjadi bersih. Nah dengan rajin mengunyah buah strowbery makan gigi kita akan menjadi bersih dan terbebas dari masalah noda hitam atau plat gigi.

7. Mengkonsumsi buah-buahan

Sebenarnya tidak hanya buah strowbery saja, kita juga dapat mengkonsumsi jenis buah lainnya seperti jeruk, apel, pepaya mentimun, bengkoang, semangka dan lain sebagainya. Buah-buah yang banyak mengandung air dapat membuat mulut dan gigi menjadi bersih. 

8. Minum air putih setelah makan

Minum air putih setelah makan juga sangat penting untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan air putih akan membantu membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel, sehingga kebersihan gigi dapat terjadi dan masalah noda hitam atau plat gigi dapat dicegah.

9. Siwak

Siwak juga merupakan cara tradisional yang digunakan orang jaman dulu untuk membersihkan gigi. Ya kita juga bisa menggunakan siwak untuk mengatasi masalah noda hitam atau plat gigi. Siwak akan membuat gigi menjadi bersih dan putih.

Demikianlah informasi tentang Cara Cepat Dan Alami Menghilangkan Noda Hitam Pada Gigi. Noda hitam pada gigi memang membuat kita menjadi tidak percaya diri, Untuk itu noda hitam pada gigi harus segera diatasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.