Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

rina

Manfaat beras merah untuk kesehatan - Beras merah adalah salah bahan makanan yang sering dijadikan sebagai menu utama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Sebab, beras merah memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk melancarkan diet.

Berbicara tentang beras merah, sebenarnya beras merah memiliki manfaat dan khasiat lebih unggul daripada beras putih atau beras biasa. Memang rasanya lebih enak beras biasa, namun beras merah mengandung zat gisi baik yang tidak dimiliki nasi putih. Bahkan kandungan alami pada beras merah tersebut dapat membantu mencegah datangnya penyakit jantung dan meningkatkan HDL.

Selain itu semua, sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa kita ambil dari beras merah. Yang jelas manfaatnya lebih besar dari beras biasa. Agar lebih tahu lagi mengenai beras merah, berikut ini beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan:

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan
Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

1. Sumber antioksidan

Beras merah adalah salah sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, kandungan vitamin dan mineral didalamnya dapat membantu melindungi tubuh kita dari berbagai macam serangan radikal bebas. Sehingga tubuh kita akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Mengandung serat yang tinggi

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan kandungan serat pada beras merah lebih banyak dibandingkan beras putih atau beras biasa. Kandungan serat tersebut akan menjaga kesehatan tubuh agar tetap terjaga. Dan juga kandungan karbohidrat pada beras merah yang kompleks sebagai zat yang baik juga untuk kesehatan.

3. Sehat untuk pencernaan

Karena kandungan serat yang tinggi, beras merah sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Sehingga mengkonsumsi beras merah secara rutin akan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Kandungan serat tersebut sangat baik untuk usus dan membantu melancarkan metabolisme tubuh anda.

4. Menurunkan berat badan

Beras merah sangat rendah kalori namun sangat tinggi serat. Ini sangat baik untuk program diet yang anda jalani. Beras merah dapat anda jadikan sebagai bahan makanan utama setiap harinya. Kandungan alami tersebut mampu membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Dan juga kandungan karbohidrat kompleks beras merah menyuplai energi secara berkala  pada tubuh sehingga perut tidak cepat lapar.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan magnesium pada beras merah juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anda. Magnesium memiliki fungsi sama dengan vitamin D dan kalsium yang dapat melindungi kesehtaan tulang dan gigi. Konsumsilah secara rutin agar kesehatan tulang dan gigi anda tetap terjaga.

6. Mengontrol gula darah

Beras merah sangat baik dan sangat dianjurkan bagi mereka atau anda yang sedang menderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada beras merah dan kalori yang rendah pada beras merah akan membantu mengontrol gula darah pada tubuh. Sehingga akan terhindar dan terbebas dari diabetes.

7. Menurunkan kolesterol

Kandungan serat pada beras merah juga sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan minyak esensial yang terdapat dalam beras merah yang diyakini membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, beras merah juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik.

8. Mencegah penyakit jantung

Beras merah mengandung serat yang tinggi. Sehingga dapat membantu melindungi tubuh anda dari berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi nasi dari beras merah ini jantung anda akan tetap terjaga kesehatannya.

9. Mempertahankan sistem saraf yang sehat

Beras merah juga mengandung mangan yang dapat menghasilkan lemak dan hormon yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem saraf yang sehat. Oleh sebab itu konsumsilah nasi dari beras merah agar sistem saraf dalam tubuh anda bisa terjaga kesehatannya.

10. Mencegah terjadinya batu empedu

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, makanan yang tinggi kandungan serat dapat membantu mencegah penyakit batu empedu. Serat sangat mudah dicerna, sehingga dapat melarutkan sisa-sisa makanan yang belum tercerna. Dengan begini, kesehatan empedu akan tetap terjaga.

11. Dapat mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. Namun anda bisa mencegahnya sejak dini dengan rutin mengkonsumsi beras merah. Kandungan selenium dan polifenol dalam beras merah telah diyakini mampu mencegah kanker usus besar. Serta kandungan antioksidan didalamnya juga dapat membantu mencegah jenis kanker lainnya.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.