Cara Alami Menurunkan Demam Tanpa Harus Minum Obat

rina

Cara alami menurunkan demam tanpa harus minum obat - Ketika demam menyerang anda, apa yang akan anda lakukan? Tentu secara otomatis anda akan segera melakukan cara untuk menyembuhkannya bukan? Ya, itu adalah refleks yang wajar. Sebab, demam hanya mengganggu aktivitas setiap hari. Semangat menajdi turun dan kerja menjadi malas.

Namun tahukah anda kalau sebenarnya demam itu ada manfaatnya. Ya, demam diyakini dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan membunuh agen penginfeksi. Jadi, ada alasan bagus untuk membiarkan demam tinggal lebih lama dalam tubuh anda. Tapi, anda perlu mengendalikan demam pada tubuh anda. Sehingga anda tetap bisa merasa nyaman saat beraktivitas.

Tapi, meskipun demam dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh, anda tetap harus mengusir demam dalam tubuh anda. Sebab kalau lama-lama akan merugikan diri sendiri. Untuk mengobatinya, anda tidak perlu menggunakan obat yang biasa dijual bebas. Anda hanya perlu melakukannya dengan cara alami. Berikut ini beberapa cara alami menurunkan demam tanpa minum obat:

Cara Alami Menurunkan Demam Tanpa Harus Minum Obat
Cara Alami Menurunkan Demam Tanpa Harus Minum Obat

1. Mengkompres dengan kain basah hangat

Anda bisa mengatasi masalah demam dengan cara mengkompres dahi, dada, atau perut anda. Caranya, gunakan kain atau spon yang telah dibasahi air hangat, lalu letakkan diatas bagian tubuh yang ingin dikompres, cara ini sangat efektif mengobati demam yang berkepanjangan. Tapi ingat, jangan mengkompres dengan air dingin.

2. Banyak minum

Bila anda ingin demam yang anda alami itu cepat sembuh dan hilang. Perbanyaklah minum, terutama minum air hangat. Dengan minum lebih banyak, racun dalam tubuh anda akan terlarut dan hilang. Minumlah minimal delapan gelas dalam sehari. Selain tubuh akan terhidrasi, anda juga akan terhindar dari demam.

3. Mandi hangat

Anda jua bisa menurunkan demam yang tinggi dengan cara mandi air hangat. Mandilah dengan air hangat secukupnya saja. Dengan mandi air hangat, tubuh akan terasa lebih rileks dan lebih nyaman. Tapi ingat, jangan terlalu lama saat mandi dengan air hangat. Sesudah mandi, lap tubuh anda dengan handuk yang halus atau lembut.

4. Mengkonsumsi teh herbal

Beberapa jenis tumbuhan bisa anda manfaatkan untuk membantu mendorong anda untuk berkeringat dan mengurangi demam. Salah satunya adalah teh herbal hangat. Minumlah teh herbal hangat ini secara rutin 3 kali dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pelengkap agar mendapat hasil maksimal.

5. Kaus kaki basah dan kering

Siapa sangka kalau kaos kaki basah yang dikira dapat menyebabkan demam, ternyata dapat menyembuhkan demam. Pakailah kaus kaki yang telah direndam air dingin lalu diperas. Kenakan disaat anda akan tidur. Lalu lapisi dengan kaos kaki kering yang tebal. Saat anda tidur, tubuh akan memproduksi darah ekstra dan cairan limfatik untuk memerangi basa pada kaki.

6. Konsumsi buah-buahan segar

Buah-buahan segar, selain menyegarkan dan enak dimakan, buah segar juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah demam. Pilihlah buah-buahan seperti jenis berry, semangka, jeruk, dan melon kuning. Kandungan vitamin C didalamnya dapat membantu melawan infeksi dan menurunkan demam pada tubuh. Selain itu, cairan dalam tubuh anda juga akan terpenuhi dengan baik.

7. Hindari makanan berlemak dan berminyak

Memang makanan yang paling mengenyangkan adalah makanan berlemak dan berminyak. Tapi ingat, jika mengkonsumsi berlebihan akan berbahaya bagi tubuh. Dan juga makanan tersebut dapat memperparah demam anda. Jika anda ingin sembuh dan terhindar dari demam, hindarilah makanan berlemak dan berminyak.

8. Konsumsi sup hangat

Mengkonsumsi sup memang rasanya sangat nikmat, apalagi sup hangat dan dimakan disaat musim hujan atau musim dingin, pasti akan terasa lebih nikmat. Selain rasanya yang nikmat, sup hangat juga bisa membantu mengusir demam dari dalam tubuh anda. Kaldunya yang hangat ini memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

9. Cuci mulut dengan air garam

Mencuci mulut dengan air garam secara rutin dapat membantu mengatasi masalah demam pada tubuh anda. Mungkin ini terdengar seperti saran dari nenek anda. Tapi praktek ini telah terbukti dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Berkumur dengan air garam hangat sebanyak 5-6 kali ini juga dapat membantu menghilangkan demam.

10. Banyak istirahat

Istirahat dalam menyembuhkan segala penyakit memang sangat dibutuhkan. Ketika anda sakit, memang tidak boleh malas-malasan dan harus aktivitas meskipun itu hanya bergerak sedikit. Tapi anda juga perlu istirahat. Istirahat yang cukup dan jangan terlalu memaksakan tubuh anda selalu bekerja. Dengan istirahat cukup akan mengembalikan daya tahan tubuh anda.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Menurunkan Demam Tanpa Harus Minum Obat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.