Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

Manfaat masker tomat untuk kecantikan kulit wajah dan cara membuatnya - Tomat adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Tomat memiliki kandungan vitamin A, B6, dan C, serta kandungan antioksidan yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
Berbicara tentang tomat, sebenarnya anda bisa memanfaatkan tomat dalam berbagai olahan. Bukan hanya olahan sebagai makanan saja, melainkan juga sebagai olahan perawatan. Ya, anda bisa menjadikan tomat sebagai masker kulit wajah agar terlihat lebih cantik, bersih, berseri, bebas jerawat serta komedo, dan juga lembab.
Untuk memanfaatkan tomat sebagai masker, tentunya anda harus tahu bagaimana caranya membuat masker dari tomat. Namun sebelum anda membuat masker tomat, anda perlu tahu terlebih dulu mengenai manfaat masker tomat. Berikut ini beberapa manfaat dari masker tomat:

Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Cara Membuatnya
Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Cara Membuatnya

1. Membersihkan kotoran dan sel kulit mati

Tomat memiliki kandungan vitamin C dan sifat antioksidan yang sangat efektif membersihkan kotoran dan sel kulit mati pada wajah anda. Sel kulit mati yang menumpuk akan dengan mudah dibersihkan dan diangkat lalu kemudian diganti dengan yang baru.

Baca juga : Cara ampuh mengangkat sel kulit mati

2. Mencerahkan kulit wajah yang kusam

Kulit wajah yang kusam memang sangat mengganggu. Namun anda bisa mengatasinya hanya dengan tomat. Ya, anda bisa memanfaatkan tomat sebagai masker wajah untuk menghilangkan kekusaman. Kandungan didalamnya mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersinar.

Baca juga : Cara alami mengatasi kulit kering dan kusam

3. Menghaluskan kulit wajah

Tomat juga bisa anda manfaatkan untuk menghaluskan kulit wajah. Kandungan didalamnya mampu membuat kulit terlihat lebih halus dan lebih sehat. Untuk menghaluskan kulit, anda bisa membuat masker tomat yang dicampur dengan madu. Campuran ini mampu menghalangi kotoran untuk datang kembali.

Baca juga : Cara alami menghaluskan kulit wajah dengan cepat

4. Mengatasi kulit berminyak

Kulit yang berminyak memang terasa tidak nyaman. Apalagi kalau minyak yang keluar itu berlebihan. Pasti akan sangat mengganggu. Namun sebenanrya anda bisa mengatasinya dengan masker tomat. Dengan melakukan perawatan menggunakan masker tomat secara rutin akan dapat menghilangkan minyak berlebih pada kulit.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi kulit wajah berminyak

5. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar bisa menjadi sumber dari segala permasalahan kulit wajah. Mulai jerawat, komedo, hingga masalah lainnya. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan masker tomat. Kandungan pada tomat mampu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah anda.

Baca juga : Cara alami mengecilkan pori-pori kulit

6. Mengatasi masalah jerawat

Anda juga bisa menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda dengan memanfaatkan masker tomat. Cukup lakukan perawatan secara rutin dengan masker tomat ini. Kulit anda akan lebih halus, bebas jerawat, dan bekas jerawat pun akan ikut hilang.

Baca juga : Cara ampuh atasi jerawat dalam semalam

7. Menghilangkan komedo

Selain jerawat, tomat juga bisa membantu anda untuk mengatasi masalah komedo. Komedo pada kulit wajah anda bisa anda obati dengan masker tomat. Kandungan didalamnya mampu menghilangkan komedo secara perlahan sampai tidak membekas. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi komedo secara cepat

8. Melindungi kulit dari radikal bebas

Radikal bebas memang menjadi penyebab dari sebagala masalah kulit. Radikal bebas seperti asap rokok, asap pabrik atau kenalpot, dan juga polusi udara atau kendaraan, bisa menjadi penyebab utama kulit anda kusam, berkomedo, dan berjerawat. Anda bisa melindungi kulit anda dari radikal bebas dengan memanfaatkan masker tomat. Lakukan perawatan secara rutin.

9. Pelindung kulit dari sinar UV

Kulit yang terkena sinar UV secara terus menerus bisa menyebabkan kulit menjadi rusak dan bahkan sampai terjangkit penyakit kanker kulit. Anda bisa melindungi kulit anda dari sinar UV dengan menggunakan masker tomat. Gunakan masker tomat sebagai bahan perawatan secara rutin agar kulit anda terlindungi.

10. Menyamarkan noda

Noda-noda hitam bekas jerawat atau lainnya memang menjadi pengganggu penampilan. Anda bisa memanfaatkan masker tomat untuk menghilangkannya. Kandungan dalam tomat mampu menyamarkan noda pada kulit dan mempersihkan sampai menghilangkannya secara perlahan. Lakukan perawatan secara rutin hingga benar-benar hilang.

11. Mencegah tanda penuaan dini

Penuaan dini yang terjadi akan membuat seseorang terlihat lebih tua meski umurnya masih belasan tahun. Untuk mencegah penuaan dini, harus melakukan perawatan kulit wajah sejak dini. Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti tomat untuk dijadikan masker. Silahkan buat masker tomat lalu gunakan sebagai perawatan secara rutin.

Cara membuat masker tomat

Itulah beberapa manfaat dari masker tomat. Sangat banyak bukan? Dan mungkin tomat cukup untuk anda jadikan bahan alami perawatan kulit anda. Untuk membuat masker sebagai perawtaan kulit, berikut ini cara-caranya:

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi masalah penuaan

1. Cara peratama

  • Siapkan 1 buah tomat segar dan belah menjadi dua bagian.
  • Sebelum anda mengaplikasikan tomat, bersihkan wajah anda terlebih dulu.
  • Gunakan potongan tomat tadi untuk anda oleskan atau gosokkan pada kulit wajah secara merata. 
  • Diamkan selama beberapa menit hingga kandungannya meresap sempurna. 
  • Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

2. Cara kedua

  • Siapkan 1 buah tomat segar dan 1 sendok makan madu murni.
  • Haluskan tomat yang telah disiapkan tadi. Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskan.
  • Campurkan madu murni tadi. Aduk hingga merata.
  • Bersihkan kulit wajah anda terlebih dulu.
  • Setelah itu, gunakan campuran tomat dan madu yang telah dihaluskan sebagai masker kulit wajah. Aplikasikan secara merata.
  • Tunggu beberapa saat hingga kering dan nutrisinya meresap. Kemudian bilas dengan air bersih.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Cara Membuatnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.