10 Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Pegal Linu

Unknown

Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Pegal Linu - Pegal linu atau juga sering disebut dengan istilah nyeri otot merupakan salah satu masalah fisik yang umum dialami hampir semua orang baik pria maupun wanita, baik anak-anak mapun orang dewasa. Namun biasanya pegal linu dialami oleh orang dewasa atau orang yang telah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan kondisi fisik orang tua yang sudah lemah.

Pegal linu atau nyeri otot disebabkan terjadinya ketegangan yang terjadi pada otot,sehingga menyebabkan cidera pada otot atau tendon. Hal ini biasanya terjadi karena aktivitas fisik yang berlebihan atau terlalu berat. Namun, pegal linu juga bisa terjadi pada orang yang terlalu lama duduk, berbaring atau lain sebagainya.

Pegal linu memang penyakit umum dan biasa dialami orang serta bukan penyakit kronis, namun meskipun demikian, pegal linu cukup menganggu sekali. Pegal linu akan mengganggu aktivitas kita, bahkan untuk tidur saja kita tidak bisa tenang. Untuk itu, masalah pegal linu harus kita atasi secepatnya.

Oke sahabat, berbicara tentang pegal linu, kali ini kita akan menjelaskan beberapa cara alami untuk mengatasi atau mengobati pegal linu. Berikut Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Pegal Linu.
10 Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Pegal Linu
Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Pegal Linu

1. Memijat

Cara pertama dan yang paling sering dilakukan orang ketika mengalami pegal linu adalah dengan cara memijatnya. Ya, dengan memijat aliran darah akan berjalan lebih lancar dan rasa pegal-pegal akan hilang sedikit demi sedikit. Untuk itu teknik memijat merupakan teknik pengobatan pegal linu yang paling banyak dipilih orang.

2. Istirahat

Pegal linu biasanya disebabkan karena aktivitas fisik yang terlalu berat selama seoanjang hari. Untuk itu anda membutuhkan waktu istirahat atau tidur untuk memulihkan kembali fisik anda serta mengembalikan tenaga anda. Dengan istirahat dan tidur, pegal linu akan hilang dengan sendirinya.

3. Mengompres dengan es batu

Cara berikutnya yaitu dengan mengompres dengan es batu. Rasa dingin yang ditimbulkan dari es batu dapat meredakan rasa pegal atau nyeri pada tubuh, es batu juga dapat mengatasi masalah bengkak. Oleh sebab itu, es batu biasa digunakan para medis petinju-petinju sebagai perlotongan pertama. Nah, kita juga dapat menggunakan es batu untuk mengatasi pegal linu. Caranya anda cukup kompreskan es batu pada tubuh yang pegal-pegal.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga salah satu obat tradinional yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah pegal linu atau kesleo. Minyak cengkeh akan memberikan efek hangat pada tubuh, sehingga akan terasa nyaman ketika dioleskan pada bagian tubuh yang pegal. Untuk hasil maksimal, baiknya anda panaskan terlebih dulu minyak cengkeh sebelum anda oleskan pada tubuh anda.

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat populer sekali, Bawang putih memiliki sejuta manfaat dalam dunia kesehatan, bahkan bawang putih adalah bahan alami yang sangat efektif dalam menangkal berbagai penyakit kanker. Nah, dalam hal ini, bawang putih juga dapat kita gunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah pegal linu. Bawang putih mengandung antibiotik yang dapat meredakan rasa sakit dan juga pegal linu. Cara menggunakannya mudah, anda cukup oleskan bawang putih pada bagian tubuh yang sakit atau pegal-pegal.

6. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah dengan sejuta manfaat untuk kesehatan. Jahe biasa digunakan sebagai campuran bumbu masak ataupun sebagai minuman atau wedang jahe. Jahe dapat meredakan rasa sakit atau peradangan. Jahe juga dapat membuat otot-otot menjadi rileks sehingga masalah nyeri otot atau pegal linu dapat diatasi dengan jahe. Cara menggunakannya yaitu anda mengkonsumsi jahe dengan menjadikannya sebagai minuman atau yang biasa disebut dengan istilah wedang jahe.

7. Mengkonsumsi jeruk

Cara alami berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi buah jeruk. Buah jeruk dipercaya dapat mengurangi rasa lelah dan pegal-pegal. Zat-zat yang terkandung dalam buah jeruk mampu membuat otot menjadi rileks, selain itu kandungan vitamin C serta antioksidan pada jeruk juga mampu mencegah infeksi serta inflamasi pada sendi ataupun otot. Dengan demikian, masalah pegal linu dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah jeruk.

8. Mengkonsumsi buah pisang

Selain buah jeruk kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang. Pisang kaya akan kandungan potasium yang sangat baik untuk mengatasi masalah nyeri otot ataupun pegal linu. Mengkonsumsi pisang setiap hari juga sangat baik untuk mencegah keram dan masalah otot lainnya.

9. Garam inggris

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan garam inggris. Garam inggris dapat kita gunakan sebagai rendaman kaki yang pegal atau nyeri otot. Garam inggris kaya akan kandungan magnesium yang dapat mengatasi masalah nyeri otot dan pegal linu. Dengan merendam kaki yang pegal pada air yang telah dicampur dengan garam inggris, maka rasa pegal akan hilang.

10. Daun rosemary

Cara terakhir yaitu anda dapat menggunakan daun rosemary. Daun rosemary selain mampu mengatasi pembengkakan juga ampuh untuk mengatasi masalah nyeri otot dan pegal linu. Daun rosemary mengandung zat anti peradangan sehingga baik untuk mengembalikan otot yang lelah atau pegal. Cara menggunakannya yaitu anda rebus daun rosemary dengan air hingga mendidih, kemudian diamkan hingga hangat dan gunakan air tersebut untuk anda oleskan pada tubuh yang pegal linu.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Pegal Linu. Pegal lini memang masalah fisik yang umum dialami semua orang, namun pegal linu sangatlah mengganggu, jadi harus diatasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.