Makanan dan Minuman Penyebab Tulang Keropos

rina

Makanan dan minuman penyebab tulang keropos - Pada umumnya tulang keropos disebabkan karena faktor usia. Ya, semakin menuanya usia manusia akan semakin lemah pula tulang dalam tubuh manusia. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan keroposnya tulang di masa tua, bahkan masa muda pun sudah mengalaminya. Oleh sebab itu terapkanlah pola hidup yang sehat setiap harinya.

Berbicara tentang pola hidup yang sehat, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari aktivitas sehari-hari, waktu tidur dan istirahat, serta makanan yang harus dikonsumsi. Ya, kita harus menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga rutin dan terjadwal, harus memiliki waktu istirahat yang cukup, serta memperhatikan pola makan dan kandungan yang ada dalam makanan. Sebab, semua itu juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, khususnya pada kesehatan tulang.

Kalau berbicara mengenai makanan, memang tidak ada habisnya bagi kita. Bahkan kita selalu menginginkan makanan ini dan itu, padahal makanan yang kita inginkan belum tentu sehat bagi tubuh kita. Bisa saja makanan yang kita inginkan dan kita pilih serta kita konsumsi malah dapat menyebabkan keroposnya tulang. Nah, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang menjadi penyebab tulang keropos:

Makanan dan Minuman Penyebab Tulang Keropos
Makanan dan Minuman Penyebab Tulang Keropos

1. Garam

Garam adalah salah satu bumbu masakan yang memang hampir terdapat di setiap masakan atau makanan, termasuk sayuran yang diawetkan, kripik kentang, dan makanan roti gandum sekalipun. Hal ini perlu diperhatikan, karena gandum yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan, terutama pada tulang. Asupan garam dapat meningkatkan pengeluaran kalsium pada urine, sehingga dapat mengurangi masa tulang. Konsumsilah garam kurang dari 2000 mg sodium per hari, atau setara dengan 1 sdt garam.

2. Makanan manis

Memang makanan yang manis-manis itu menyenangkan lidah untuk dimakan, begitupula dengan minuman yang manis-manis. Lidah terasa dimanjakan dengan segala makanan dan minuman yang terasa manis. Tapi tahukah anda kalau ternyata makanan manis dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh? Asupan gula harian yang terlalu berlebihan dapat berdampak buruk pada kekuatan tulang. Penyerapan kalsium akan terhambat, selain itu juga akan menghabisi fosfor dan mineral penting lainnya. Tentu saja hal ini akan merugikan kesehatan tulang. Konsumsilah makanan atau minuman manis secukupnya.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga dapat menyebabkan kesehatan tulang dalam tubuh menjadi menurun bahkan terjadi pengeroposan. Hal ini akan terjadi bila minuman soda yang dikonsumsi berlebihan. Akan terjadi penurunan kepadatan mineral dan tulang serta peningkatan risiko patah tulang. Hal ini dikarenakan soda memiliki kandungan asam folat, aditif makanan yang dapat melemahkan usu serta menghambat penyerapan kalsium. Hindarilah konsumsi soda berlebihan.

4. Alkohol

Minuman alkohol selain dilarah juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam tubuh. Alkohol dapat menyebabkan gangguan penyerapan dan penggunaan kalsium, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya bagi tulang, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Oleh sebab itu hindarilah minuman yang beralkohol.

5. Kafein

Kafein biasa ditemukan di dalam minuman seperti kopi. Mengkonsumsi minuman berkafein bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Hal itu jika dilakukan berlebihan. Konsumsi 3 cangkir kopi sehari dapat meningkatkan hilangnya masa dan kepadatan tulang pada wanita post menopause. Kafein yang dikonsumsi berlebihan juga dapat meningkatkan pengeluaran kalsium melalui urine. Selain itu, kafein juga dapat menurunkan absorbsi kalsium. Sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan tulang jika dikonsumsi berlebihan.

6. Makanan protein

Protein adalah salah asupan yang sangat baik untuk kesehatan, namun itu jika dikonsumsi secukupnya. Jika dikonsumsi berlebihan, akan dapat mengubah keseimbangan pH tubuh, sehingga dapat menyebabkan pengeroposan pada tulang. Oleh sebab itu, konsumsilah protein secukupnya dan sesuai kebutuhan saja. Yaitu bagi wanita sekitar 46 gram per hari, dan bagi pria sekitar 56 gram per hari.


Demikianlah informasi tentang Makanan dan Minuman Penyebab Tulang Keropos. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.